Petaka Titanic Telah Diramalkan 14 Tahun Sebelumnya

Mungkin ini adalah kasus ramalan yang paling aneh didunia. Pada tahun 1898 sebuah novel ditulis oleh Morgan Robertson tentang kapal yang bernama Titan yang menabrak gunung es. Sementara, di tahun 1912 sebuah kapal dengan nama yang mirip: Titanic, menabrak sebuah gunung es juga.



Meskipun novel tersebut adalah karya fiksi, namun aneh karena meramakan peristiwa bencana yang terkenal sepanjang masa.

Novel yang awalnya berjudul “Futility” (kesia-siaan) kemudian berubah menjadi “Wreck of the Titan” (Bangkai Titan).


Kesamaan antara Titan dalam novel dengan Titanic sangat menakutkan. Misalnya kedua kapal mengalami tragedi di Atlantik Utara pada bulan april dengan tertabrak gunung es.

Kapal tidak memiliki sekoci yang cukup hingga mengakibatkan kematian lebih dari 2000 orang. Keduanya kapal terbesar di dunia (saat itu) yang salah diyakini “tidak dapat tenggelam”

Yang juga sangat aneh adalah rute berlayar keduanya. Titan berlayar dari New York ke Inggris, sementara rute Titanic adalah dari Inggris ke New York. Keduanya mengalami bencana pada bagian laut yang sama. Mereka juga bepergian di sekitar kecepatan yang sama, memiliki jumlah yang sama dalam hal baling-baling dan tiang-tiangnya.


Namun ada juga perbedaan antara kedua kapal. Titanic hanya terbentur gunung es pada malam yang cerah, sementara Titan berjalan tepat ke gunung es pada malam yang sangat berkabut.

Berikut ini daftar kemiripan antara Titan dan Titanic:

1. Jumlah baling-baling pada Titan dan Titanic sama: 3 buah.
2. Panjang kapal Titan 800 kaki, sedangkan Titanic 882 kaki.
3. Jumlah penumpang Titan 2500 orang, sementara Titanic 2224 penumpang.
4. Bagian kapal yang rusak saat kecelakaan sama-sama bagian kanan depan.
5. Saat terjadinya malapetaka sama-sama di bulan April (Titanic tenggelam tanggal 14 April 1912)

Titanic tenggelam pada pelayaran pertamanya, sementara Titan tenggelam setelah beberapa pelayaran.


Mungkinkah ada alasan mistis mengapa buku ini sangat mirip dengan insiden yang terjadi 14 tahun kemudian? Atau perbedaan antara fiksi Titan dan kapal Titanic cukup untuk membuatnya tak lebih dari sebuah kebetulan yang aneh?


Sumber: infogue.com
Posted by sandipras

35 comments:

Mattbennet_19 said...

pertamax kakak

Hyoo said...

Itu 1989? Yang bener 1898 kan ya? :O

Hyoo said...

Sudah diedit? Good! :)d

Rsrezasullivan said...

Kudua aja lah hehehe...

Nyontekblog said...

KeduaX

Wavebrain said...

menurut sy itu bukan ramalan cuma kebetulan dan hanya dikait-kaitkan aja...

Wew said...

Bisa juga kalo Titanic sengaja menabrakkan kapalnya untuk menyamakan cerita Titan

oranghebat said...

Wah itu namanya sia sia

Ikmal Edi Nugraha said...

hahhahah

Niea_yusuf said...

Saat si penulis membwt novel tentang kapal yg tenggelam..sampai ada kejadian yg sebenarx..itu semua dah takdir dari ALLAH SWT..

Mengatasi Rambut Rontok Pria said...

Pasti hanyalah kebetulan saja.....

Joe said...

setuju !!! setuju!!!! setuju!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

rina said...

klo menurut ku, Robert itu pd dasarnya seorang yg memliki kekuatan indera k enam yg mampu melihat kejadian d masa yg akan dtg, akan tetapi ia tdk mau mngungkapkannya k public jd hanya d buatkan novel saja. Yg bisa jd ia mungkin tdk mengethaui klo kilasan atau bayangan mengenai kejadian kapal itu ternyata adalah benar & merupakan ramalannya sendiri yg secara tdk sengaja. Soal hampir mirip atau tidak, bisa jd ia sengaja atau memang keterbatasannya untuk menerawang lebih jauh.

Fajrul1996 said...

nice info

Frebyzio said...

yaNg beDa cuMa binTang filmnYa. . .

Fyrdha_zakaria said...

sekedar pengetahuan.. :) nice info

Adrian Nugraha99 said...

paling tuh yang buat kapal titanic dan titan di buat oleh duit yang haram,, kali aja duitnya dapet korupsi untuk membuat kapal titanic mangkanya terjadi kecelakaan

Mikan said...

buahahahahahaha aduh ngakak

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

Kun faya kun,emang sudah kehendak Allah SWT

Woe's Bringer said...

mngkin yang buat kapalnya terinspirasi dari novel trus di samain ceritanya =D hahahahah

Gatez_islami said...

bkannye titanic cerobong asap nye 4 dah

Black Coffee said...

 apa untungnya coba??

Lined said...

kan bisa dapat asuransi yang gede mas

Wulan 1992 said...

TUK MENAMBAH ilmu pengetahuan ja

leader espara said...

bener juga

Safaris said...

setuju bgt tuch

Safaris said...

jgn berpikiran negatif dulu

Safaris said...

itu semua sudah kehendak tuhan YME

Agus Fernanda said...

mampir ke gubuk ane gan
hehehe
maklum,nubie
:D
http://agusfernandaanis.blogspot.com/

Misa said...

titanic tenggelamnya tgl 14 april atau 15?

Ddemonix said...

ngakak gw ....jadi tuh nahkoda pernah baca tuhh novel terus punya ide untuk menyamakan cerita yg ada di novel tersebut dgn menabrakkan kapal yg dia kemudikan ke gunung es...KOnyol :D...SUmpah :ngakak gw....hahahahaha

Okfriyantinus Kurniawan said...

asuransi sih asuransi kan ada batas nya juga kalee....

muhammad afif ilham said...

memang mistis W.O.W

El Camino said...

hampir sama kayak sukhoi. jadi sebelum bepergian ada baiknya menyimak info dahulu.

Dyzyy Vooan said...

hanya opini dan kritikan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Post a Comment