Niagara Mini dari Bandung


Indonesia sebenarnya punya niagara mini, sayangnya belum banyak yang tahu. Maklum, tempatnya terpencil dan cukup sulit mencapai lokasi ini.

Nama air terjun 'miniatur' niagara itu dikenal dengan nama Curug Malela. Lokasinya bisa disambangi dari Bandung ke arah barat menuju Kota Kecamatan Gununghalu. Jaraknya sekitar 40 km. 

 foto source: alianmemangalian.devianart

Jika tidak membawa kendaraan pribadi bisa naik kendaraan umum dari Stasiun Ciroyom. Hampir setiap jam ada yang berangkat, cuma hanya sampai sore hari. Tengah malam baru mulai ada lagi karena ingin mengangkut para calon penumpang yang biasa akan menjual hasil bumi dan palawija ke Bandung pada subuh harinya.

Dari Gununghalu kemudian kita mengarah ke Bunijaya. Ada kendaraan umum yang melayani jalur ini (beberapa minibus jurusan Bandung - Gununghalu - Bunijaya). Beberapa petunjuk sudah dipasang sehingga yang baru pertama kali akan terbantu. Namun jika ragu lebih baik bertanya.

Menuju curug yang terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Sebab tidak ada kendaraan umum yang sampai curug.

Angkutan umum hanya sampai Rongga dan dari sini harus naik ojek dengan ongkos sekitar Rp 50.000,- melalui jalanan berbatu yang licin kala hujan. Nah, karena jalan berbatu tadi, jika menggunakan kendaraan pribadi disarankan kendaraan dengan ground clearance tinggi seperti SUV.



 foto source: kakigatel.com - 4bpp.blogspot.com
  
Curug atau air terjun ini memang tersembunyi lokasinya. Baru ditemukan sekitar 6 tahun silam, penduduk sekitar kawasan pun banyak yang belum menjamahnya. Akses jalan menuju ke sini belum tergarap dengan rapi. Padahal plang nama sudah dijajakan sejak keluar dari Tol Padalarang menuju jalur alternatif ke Ciwidey via Soreang. Objek wisata Curug Malela terpampang bersama nama daerah lainnya.

Berdasarkan peta topografi, Curug Malela memiliki ketinggian kurang lebih 50 m dan lebar mencapai 70 m. Airnya berasal dari Sungai Ci Curug. Nama ‘malela’ diambil dari Bahasa Kawi yang berarti ‘baja’.

Nah, ada yang punya rencana berwisata ke Curug Malela?


 Sumber: intisarionline
Posted by sandipras

24 comments:

Fahmi Radityamurti said...

Nice info, terus eksplorasi keindahan Indonesia. Banyak dan gak kalah kok sama luar negeri :)

Andhi Ayu said...

wow..

Fajrul1996 said...

wah indah bener

Yyataz said...

keren bangettttttt

oranghebat said...

Keanehannya orang luar negri ingin ke indonesia orang indonesia ingin keluar negri , aneh

itsukialvin said...

 sayang dikit org yg tahu

Suaguecom said...

Enak di pake rafting nih :D

al-cafone said...

mantaaab..

alone 'n alone said...

ia lah, kan negara mereka dan kita berbeda" dari banyak segi, makanya mereka melihat hal baru dinegara kita, dan kita pun mencari hal baru negara mereka :)

ilphanisme said...

pengen kesono,
tapi jauh banget sama tempat tinggal ane,

Imanpribadi said...

tapi knapa org indonesia...suka pergi wistanya kluar negri yah

ayoolah said...

wah, keren2.. bisa buat referensi wisata nih..

Aroel said...

Like this

nra20 said...

Ijin copas yy . . .

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

Paris Van Java tea!!!!!

Bagus Irfan N A said...

tuh kan indonesia teaa atuh,padahal mah di indonesia teh indah" kalo orangnya gaul mah,bukan negara luar aja yg punya keindahan alam..

Lhyttasupriyadi said...

mohon tidak dikotori dengan sampah aja deh..

Henichan said...

subhanallah...
pngen kesana :)

Vy said...

Aku orang bandung tp baru tau ada curug malela, harus coba dikunjungi nih :D

Bl4ck said...

 ambil foto dan cerita lagi, ya.... kirim2 tulisan deh

Sandipras said...

 monggo

Dani Kusmayadi said...

br ditemukan 6 thn yg lalu... Msh perawan...

yoga mat said...

Betapa indahnya....

☂ Intan Nurannisa ☂ said...

pengen kesono bro !

Post a Comment