Apa Kabar Dunia

Jembatan Tertinggi di Dunia


Jembatan Baluarte di Mexico memiliki tinggi 403 meter. Tingginya hanya kurang sedikit dibanding menara kembar Petronas di Malaysia (452 meter), namun kira-kira 3x tinggi Monas (137 meter). Nah, sudah bisa membayangkan kalau kita berdiri di atas jembatan Baluarte dan melihat ke bawah?


Jembatan yang belum lama diresmikan oleh Presiden Meksiko Felipe Calderon ini berdiri di atas jurang yang dalam di pegunungan di Sierra Madre, Meksiko bagian utara. Baluarte ini merupakan jembatan modern yang menghubungkan pesisir pantai Pasifik dan Atlantik.

Jalur ini merupakan bagian dari jalan raya baru yang melintasi daerah karang di Meksiko, dari Mazatlan ke Durango yang berada di pedalaman. “Proyek ini akan mempersatukan masyarakat yang berada di bagian utara Meksiko, ” kata Presiden Calderon saat pidato peresmian.


Ketinggian jembatan Baluarte ini mengalahkan rekor jembatan tertinggi sebelumnya dipegang oleh Millau Viaduct di Prancis yang memiliki ketinggian 343 meter. Dengan demikian, saat ini Baluarte tercatat sebagai jembatan tertinggi oleh Guinness World of Records

Dengan berfungsinya jembatan Baluarte ini, maka bisa mengurangi waktu perjalanan dari Mazatlan dan Durango sekitar enam jam.

Warga Meksiko berharap pembangunan jembatan ini akan meningkatkan wisatawan dan perdagangan di wilayah itu.


Kabarnya, pemerintah Meksiko juga akan membangun delapan jembatan lain dengan ketinggian diatas 300 meter, dan juga lebih dari 60 terowongan.

Well, mudah-mudahan jembatan Baluarte benar-benar kokoh sehingga tak mudah ambruk seperti jembatan Kukar, ya.

Sumber: zonamalam.com
all pics source: skyscraper.com
Posted by patah

16 comments:

ifan said...

wew

farid Nagara said...

yaahhh...cm dpt solar dehhh....hehe

Wew said...

Ampoen....
Meksiko ternyata bisa mengalahkan rekor

oranghebat said...

Nice info

rina said...

wahhh klo kendaraan yg lewat situ musti hati-hati dan waspada tuh dgn angin yg tiba2 kencang yg bisa tiba2 datang wuuuiihht

Fajrul1996 said...

weih ngeri bener kalo lewat situ

Alone said...

Hebat ea,,indonesia perbaiki gorong² ajj ga becus.

Putra said...

jdi tmpAT BUNUH DIRI ASIYK JUGA....

Dzulfaqar said...

utk maen layangan disana asyik pastiny

Bulbulbul7 said...

gila tuh tinggi-tinggi bgt jembatannye... 'o'

gus Windi said...

ga ngeri ap lewat sana!!,,...

labib said...

kalo ngak ngerti tanya dong sama pemiliknya kalo ngak sama yg mbuat

labib said...

kaya jaelangkong datang tiba-tiba,pulang udah gak ada

SHUPARMAN said...

Kalo jatoh....WAAA HEBAT...Lama-lama...Serem juga...HUAAAAAAA....BRUK.

Dodot_50 said...

coba diisi biaya yg dikeluarkan untk buat jmbatan kayaknya lebih lengkap inponyA

Dodot_50 said...

 baca dulu baru jawab...yg ditanya "ngeri" bukan " ngerti"..

Post a Comment