Apa Kabar Dunia

Fakta Unik Air Mata dan Menangis

Setiap orang pasti punya pengalaman menangis dalam hidup mereka. Hari pertama manusia lahir, mereka sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata. 

Menangis biasanya terjadi ketika seseorang merasa sakit baik fisik maupun mental, atau ketika seseorang merasa sangat bahagia. Dengan kata lain, menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi seseorang.

Umumnya, wanita lebih sering menangis daripada pria. Masyarakat telah membentuk opini bahwa perempuan lebih emosional yang berarti bahwa lebih mudah bagi perempuan untuk melepaskan air mata dan mulai menangis.

Menurut Fit Sugar, setidaknya ada delapan fakta unik tentang menangis yang merupakan kesimpulan dari berbagai penelitian tentang menangis.

1. Sebanyak 85% wanita dan 73% pria mengakui bahwa rasa marah dan kesedihan akan berkurang setelah menangis. Air mata tidak hanya diproduksi oleh perasaan emosional saja. 

Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata dan menguap dapat menyebabkan produksi air mata meningkat. Meskipun menghasilkan air mata, namun air mata emosional dan air mata karena iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.

2. Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun. 


Hal ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria, dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal menangis mereka antara 1 – 3 jam sehari.

3. Tidak hanya waktu ketika kebanyakan orang menangis, tetapi durasinya juga. Sebagian besar orang menghabiskan rata-rata 6 menit setiap kali mereka menangis.

4. Jika merasa sulit dan malu untuk mengeluarkan air mata, sepertinya kita harus berpikir lagi. Menurut para ahli, menangis tidak hanya respon tubuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi, tetapi juga sehat.

5. Menangis adalah cara untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan, karena stres bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk melawan stres.
 

6. Stres dikatakan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kerusakan otak. Maka menangis bisa membuat sehat, karena dapat menghilangkan stres seseorang.

7. Para  ahli mengatakan bahwa menangis dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dan membuat respon yang lebih baik terhadap pengobatan.

Nah, mulai sekarang tak usah ragu atau malu untuk menangis.


Sumber: intisari online

Posted by patah

20 comments:

Anonymous said...

1

emilie hazuki cahyo fujiwara said...

great,, jadi banyak alasan kalo nangis, hahaha, gak sedih aja, ketawapun juga nangis

Geztu Sasori said...

good

rina said...

Nangis ahhh..

Wew said...

Wew....

buat apa nangis tanpa sebab....

oranghebat said...

Kata orang orang tua "sudah jangan menangis menangis tidak akan memecahkan masalah"

Buktinya menangis membuat ketenangan dan secara tidak langsung akan memecahkan masalah

Fajrul1996 said...

temen gw di sekolah hampir tiap hari nangis padahal dia laki-laki

alan said...

menangis curhat dengan allah itu jauh lebih baik....

Marz said...

hehehehe, laki-laki sensitif...

adi yudo said...

Kalo g punya uang baru nangis batin.......

Niea_yusuf said...

sy nda sedih ttp bsa nangis tuh..cuma gara2 ngiris bawang doax..hehe

Thi-keat Ugaj Cemplonn said...

menangislah karena dosa.....

nra20 said...

Ijin copas gan . . .

Sarah_lestari94 said...

kan orang nangis tuh durasinya 6 menit, tpi kok spongebob kalo nangis bisa ampe 25 menit??
#kebanyakan berkhayal ama nonton kartun.. -,-
#childlish.. ;p

Sukmalial said...

Menanggis lah klu memang ingin menanggis..ada perbedaan air mata menanggis tulus dengan air mata buaya..

Yohaneseko said...

kalau ternyata menangis itu sehat ya,,jangan malu untuk menangis,,tpi kalau menangis'y tiap hari dan lama bget...!!! gi mana itu,,,???

domhei said...

waaacchh blh jg ne, izin yow untuk dicaplok.... untuk materi, heheh

Windyistalifa said...

minta ijin sallinmtempel

a'fifah Moetz said...

keren

Bella said...

,,,,,,,, menangis sangat gak enak,,,

Post a Comment