15 Fakta Tentang Kucing

Untuk penyayang kucing, ada baiknya mengetahui fakta-fakta di bawah ini:

1. Kucing dewasa memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya, sementara anak kucing memiliki 26 buah gigi.

2. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.

3. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.

4. Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun pada beberapa kucing dapat terlahir dengan jari banyak sampai 7 bahkan dengan tulang tambahan.

5. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia.

6. Jika anda butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing, karena kencing mereka menyala dalam gelap.

7. Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu spesies, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. 

Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.

8. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. 


Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk jalur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

9. Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih.

10. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

11. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka memiliki daya pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia.

12. Kucing merupakan hewan yang kuat tidur. Waktu tidurnya bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

13. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes. 


14. Pada mata kucing ada lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan.

15. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”. Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “Nya”.



Kucing langka

Berikut ini beberapa jenis kucing langka yang terancam punah di muka bumi, yaitu:

1. Kucing Civet
 Hanya terdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yang berjuang dari kepunahan

2. Kucing Iriomote
Ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.



Sumber: kaskus.us
Posted by sandipras

31 comments:

Rahmat Rafi said...

yg no.6 beneran gak tuch...

Bayuruly said...

2.. :D

kondom bekas said...

sedikit g yakin sama no 6.
kucing ane eh salah, kencingnya biasa aja...
kucing ane suka pipis dilantai klo diluar rumah ujan..
tp paling sering pipis dikamar mandi, padahal g ad yg ngajarin...
apa itu insting ??

oranghebat said...

nice info

Adit Thea said...

gg nyambung ... 

Dzulfaqar said...

aseek...

Norma Diaz said...

hwahahahaaaa,,,,,,

Ameliafirda80 said...

 . uUnyuU bnetd . .

fajarajaj said...

ngomong opo sampeyan,,!

fajarajaj said...

kenapa kalo manggil kucing dengan "pus.. pus.. pus.." da yang tau asal-usulnya?

Anonymous said...

Klau pis.. Pis... Pis...
D krain mw pipis lg .... Hahhaha..
Kidding.. ^

Aksatriya Diwangkara Nusantara said...

wah gw suka bangt kucing ... Itu potonya imut banget .... Kucing tidur berdua, induk ama anaknya .... Ih gemesin deh .... :*

Itsukialvin said...

cute,,

Donni Gunawan said...

iyu manggilnya biar imuj aja pake pus..puss..pus...wkwkwkwk

Fajrul1996 said...

gimana cara pakenya

rina said...

itu krn biasa kucingnya di panggil begitu.. klo dr kecil d panggil namaya jg pasti nyawut.. kyk kucingku aja... mana mau d panggil pus.. pasti mukannya aneh gtu klo d panggil puss

rina said...

sayangnya fakta2 d atas gak dijelasin kucing kampung atau kucing ras. klo d liat kyknya sih dua2nya

Anakke9 said...

karena klw kucing di pangil parno parno pasti dia nggak mau atau nggak nurut .

sugaxxx said...

kenapa kucing skrng ga doyan ma tikus....

Anonymous said...

sebetulnya mereka masih doyan sama tikus tapi daripada susah susah ngejar tikus mendingan ngemis atau gak pulang ke rumah.....

Hhn said...

Soalnya dlm bhsa jawa, panggilan bwt kucing itu 'pus'

Dodot_50 said...

banyak fakta tentang kucing ternyata.

Hadi Aoyama said...

fakta = kucing diam / anteng pd saat tuanrumah makan tp saat tuan rumah ga ada kucing langsung mencuri makanan tuan rumah....ehehehe kucing pinter yakin

Lintang Qirana said...

di dket kos aku banyaak bgt kucing...

otong adalah vikry said...

naon ucing na eweh nu alus

MurasakiVanIris said...

iihhh... geli bgd..
dah mana najis..
banyak penyakitnya lagi...

MurasakiVanIris said...

lebih tepatnya...sok imut

MurasakiVanIris said...

gk suka kucing..

FiqihGakNgawuer said...

cari kucing ras susah banget,,,,,,

Cinthya Silvy Angelina said...

kucing itu bersih ya lebih bersih daripada manusia

Anonymous said...

Kucing itu ga najis cuy

Post a Comment