Apa Kabar Dunia

10 Senjata Tradisional Unik

Sepanjang peradaban, perang tak pernah luput dari sejarah. Dan, ada perang berarti ada senjata untuk mengalahkan lawan. Yang lazim dikenal mungkin panah, tombak, pisau dan jenisnya. Nah, uniknya, ada juga senjata-senjata yang diciptakan dengan bentuk nan aneh. Beberapa diantaranya adalah:


1. Katar




Katar merupakan senjata bangsa India yang membuat pemakainya memiliki cakar seperti Wolverine (ingat salah satu tokoh di film X-Men?). Sekilas, katar seperti pisau tunggal. Namun memiliki tombol yang saat diaktifkan akan membagi pisau menjadi tiga bagian.

2. Zhua



Kalau yang satu ini berasal dari Cina, serupa seperti katar tapi berbeda bentuk. Fungsinya seperti cakar yang bisa menusuk dan melepaskan daging dari tubuh. Zhua lebih sering digunakan untuk menghancurkan perisai musuh.

3. Flying Fire



Flying fire disebut juga Nest of Bees, berasal dari Cina. Bentuknya seperti tabung heksagonal berisi buluh-buluh kayu sebagai anak panah. Berbeda dengan panah biasa, dengan flying fire ini, laju anak panah lebih cepat dan kuat. Hebatnya, bisa sekaligus meluncurkan 32 anak panah sekaligus.

4. Chu Ko Nu



Masih dari Cina, dengan bentuk panah seperti ini pastinya lebih hebat baik dari kekuatan, jangkauan dan kecepatannya. Terakhir digunakan saat perang Sino-Japanese 1894-1895.

5. Chakram



Chakram berbahan dasar logam ini digunakan secara luas oleh Sikh India peringkat tinggi. Berbeda dengan frisbee, chakram dilemparkan vertikal. Dengan tepi yang sangat tajam bisa mengiris lengan atau kaki dengan mudah.

6. Scissor



Pastinya bukan gunting biasa, karena gunting yang satu ini dipakai oleh para gladiator Romawi kuno. Perhatikan gambar, ada tabung panjang dari logam yang dikenakan sang gladiator untuk menutupi tangan mereka, dan bagian atasnya berbentuk setengah lingkaran yang sangat tajam.

7. Macuahuitl



Senjata yang satu ini digunakan bangsa Aztec untuk menangkap musuh atau korban hidup-hidup. Bentuknya seperti pedang dengan pisau cukur yang sangat tajam. Terdapat gerigi-gerigi tajam yang bisa merobek kulit.

8. Kpinga



Suku Azande dari Nubia, Afrika memiliki senjata tradisional yang disebut kpinga. Penggunaannya seperti pisau lempar, panjangnya sekitar 22 inci dan memiliki tiga bilah pisau. Pisau yang mirip alat kelamin pria sebagai simbol kekuatan maskulin pemiliknya. Saat pemilik senjata ini menikah, biasanya kpinga dipersembahkan sebagai hadiah kepada keluarga istrinya.

9. Hook Swords



Biarawan Shaolin di Cina Utara punya senjata yang sangat indah, artistik, namun mematikan. Panjang pedang ini kira-kira 4 hingga 6 meter.

10. Mere Club

Suku-suku Maori di Selandia Baru menggunakan senjata ini yang berbahan dasar batu giok nephrite, untuk menusuk lawannya. Mere Club digolongkan sebagai senjata yang memiliki nilai spiritual tinggi. Setiap Mere Club memiliki nama tersendiri secara turun-temurun. Bahkan, mereka percaya ada kekuatan spiritual di dalamnya.


Sumber: listverse.com

Posted by patah

32 comments:

Anonymous said...

Kujang mana? keris mana?

Doni Bazar said...

pertamax gan

oranghebat said...

Yang pertama bagus

Salsabila2805 said...

top 3rd 

Wew said...

Keren semua

tapi mematikan....

Anonymous said...

Keris mah lebay

haris widodo said...

koq kagak ada bambu runcing?

Allchulluq said...

KERIS MANAAAAAAAAAA

Aksatriya Diwangkara Nusantara said...

kujang mana ???? Keris mana ???? Mandau mana ???? Parang mana ???? Celurit mana ???? Badik mana ???

Supersaja007 said...

yang no 8 bagus ,
itu kontol yang lagi turun dan lagi tegang , ada yang mau ngentot sama gw ?

Supersaja006 said...

he he he kasihan

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

no 10 mirip "CUKIL" buat nasi klo no 2 mirip penggaruk punggung.

Yasanto said...

cool........<3

Sukaguecom said...

kereen banget gan .coba cek www.sukague.com :)

rina said...

hiih ngeri ngebayanginnya klo smp kena orang.
Yg chakram jd inget film berseri  "XINA" dan yg nomor 10 klo d lyt kyk gak tajem tp ternyata bisa mematikan.

Rendra said...

kren gan ...
www.softwares-masters.blogspot.com

itsukialvin said...

hook sword kreen

Anggilaras said...

keris emang ga unik ya? padahal keris kan bagus, udah gitu ada nilai artistiknya

Anonymous said...

Yang masih gw bingung itu .. Cara megang qatar :D

Sandipras said...

Keris itu karya adiluhung, memang unik, namun sudah begitu populer. 10 senjata tradisional di artikel ini termasuk perangkat yang tidak lagi dipakai. Sementara keris masih digunakan, walau semata lebih sebagai hiasan atau benda pusaka (bertuah) terkait dengan kepercayaan yang berkembang.

Hlumut29 said...

 . bagquUsd bngqetd  yq n0 5 mMiripP cin2n . .



l0pel0pel0pe :*

Riski Doea said...

baguys bnet ssiiiiiiiiiiiiiiiii

Faris chaniago said...

bambu runcing perlu tuh di masukin

anton said...

makan tu pertamax

Guntur said...

hahaha no 10 mirip penggaruk lidah gan
no 2 mantep kali digaruk pake itu :D

Anonymous said...

mantap gan....

RosellinoWhiteBlaze said...

o,senjata cakram itu ada beneran ternyata,kirain cuma ada di film seri xena,yang biasanya dilempar sambil teriak hililililililililililililililililililili . . . . (diucapin dgn cepet).

TheAmayBanditz said...

AMMO KUKRI MANA.COMBAT MANCHETE, MINI AXE MANA, FANG BLADE MANA, DUAL KNIFE MANA, BALISTIC KNIFE MANA, KAN TERKENAL DI PB.

grevin said...

no 9 
Hook Swords
Biarawan Shaolin di Cina Utara punya senjata yang sangat indah, artistik, namun mematikan. Panjang pedang ini kira-kira 4 hingga 6 meter.  


ga salah tuh Panjang pedang ini kira-kira 4 hingga 6 meter.  ???????????
perasaan di film2 china panjang pedang ginian mentok2 ga ada yg sampe 1 meter . . .  -.-"

merah said...

wah lumayan tuh buat tawuran besok sma SMA sbelah

Mr.Right said...

GOBLOK

Bagas Danar Nugroho said...

ane paling suka no 1 tuh
bentuknya bagus abis

Post a Comment