Yuk, Tidur Bersama Teknologi

Pernah membayangkan tidur mengambang, atau terpaksa harus tidur dalam keadaan berdiri? Semua itu bisa terjadi dewasa ini berkat inovasi yang dilakukan oleh beberapa orang, teristimewa perancang kasur yang terus mencari penemuan-penemuan baru.

Beberapa penemuan di bawah ini merupakan hasil teknologi teranyar pada tempat tidur, sehingga kebutuhan manusia akan tidur bisa tetap terpenuhi tanpa harus bergantung pada bentuk ranjang yang konvensional. Apa saja diantaranya?


Floating Bed


Sejak penemuan di dunia penerbangan, orang mencari cara baru-bahkan lebih-menantang gravitasi. Sekarang, dengan desain dan ide arsitek Janjaap Ruijssenaars, seseorang benar-benar bisa mengapung sementara mereka tidur. Teknologi tempat tidur terapung ini disebut Floating Bed.

Tempat tidur terapung berhasil tercipta setelah tujuh tahun penelitian yang ekstensif. Bagaimana sistem kerjanya? Menggunakan sistem non-degrading magnetic system, akan membuat ranjang terangkat dari tanah tanpa pernah turun. Untuk menjaga supaya tidak mudah bergeser atau "terbang" maka floating bed ditahan oleh empat utas kabel baja.

Sistem ini benar-benar menakjubkan karena dapat menahan beban hingga 1500 pon. Karena teknologi unik dan studi yang ekstensif, tempat tidur terapung ini harganya 1,6 Juta US Dolar (setara dengan 15 milyar Rupiah). Memang, saat ini hanya orang yang kelebihan duit saja bisa membeli floating bed tersebut. Tapi siapa tahu, di masa depan teknologi semacam ini bisa menjadi komoditi yang murah.



Vertical Bed

 

Perangkat ini diciptakan oleh Jamie O `Shea. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tidur dalam posisi vertikal. Bagaimana rasanya? Yang pasti tidak mungkin lebih nyaman daripada tidur yang sebenarnya, tetapi dapat membantu seseorang yang terpaksa tidur dalam posisi berdiri (vertikal).

Hal lain yang menarik tentang penemuan ini adalah, bahwa hal itu dapat dengan mudah dilipat ke dalam tas, sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Untuk membuktikan bahwa penemuannya benar-benar bekerja, O'Shea melakukan uji coba di Broadway dan 33 Street, New York. Dia sempat tidur siang di sana selama 40 menit dan kemudian mengulangi tes beberapa kali dengan interval 4-jam. Sejauh ini tidak ada informasi apakah Vertical Bed akan laris di pasaran.


Molecul Bed - 120 Sofa Balls

Animi Causa dari Feel Seating System merancang sofa sekaligus tempat tidur yang inovatif. Bentuknya serupa kumpulan bola-bola yang nyaman untuk ditiduri/diduduki. Menurut Animi, ia mendapat inspirasi setelah melihat struktur molekul. Maka dibuatlah molecul bed yang terdiri dari 120 bola berlapis bahan elastis buatan pabrik. Uniknya, kita bisa membentuk molecul bed sekehendak hati, tergantung daya kreatifitas dan bentuk ruang di tempat tinggal kita. Unik, kan?

bedUP


Kamar kamu sempit, ingin punya tempat tidur yang tidak menyita banyak ruang dan bisa disimpan saat tak diperlukan? Harus coba bedUP.

Tempat tidur yang dirancang oleh studio of invention D├ęcadrages, tempat tidur ini bisa disimpan di atap (plafon) sehingga menghemat ruang seluas 4 m2. Jadi, saat siang hari, simpan saja tempat tidur ini di atas, dan saat malam tiba turunkan bedUP, serta sesuaikan ketinggian tempat tidur tersebut dari lantai seperti yang kamu inginkan.


Sofa Bunk Bed

 
 
 


Sofa Bed sudah biasa kita temukan di toko furniture. Tapi yang satu ini cukup unik, dengan mekanisme yang diciptakan, bisa cepat berubah bentuk menjadi tempat tidur tingkat (bunk bed). Bahkan lengkap dengan tangganya, lho.


Yang satu ini aneh.
 

Kalau tempat tidur yang satu ini benar-benar aneh, karena dirancang hanya untuk posisi tidur yang spesifik (lihat gambar) yaitu posisi fetal - tidur miring dengan kaki sedikit terlipat. Siapa yang mau tidur dengan posisi tersebut sepanjang malam? Ah, aneh-aneh saja.



sumber: theresidentarchitect.com, freshome.com

Posted by sandipras

25 comments:

Jinchuuriki said...

Pertamax..........

Yogi Hendra Kusnendar said...

pertamax........yang orange mantep tuh

WKWKWKWKWKWK said...

Keren....
tapi kurang satu
TEMPAT TIDUR PAKU
HIHIHIHEHEHEHEAHAHAHAHAHA.......

ocang curut said...

ada ngak yg tempat tidur nya bisa sambil main game (PB).

Oranghebat said...

mantep tuh yg orange bener , ingin punya

Itsukialvin said...

pasti yg terakhir tu paling murah

WKWKWKWKWKWK said...

Ada.....
Tidur diatas komputer....

Luvzie said...

pengen bgt yg molecul bed...

Salsabila2805 said...

Yang orange Bagus banged! cocok bwad aku ma qq Ku Sekalian jadi sofaa :)

Gus_selim said...

pengen yang nomer 4 dan 5,tolong di bungkus bik,di karetin dua ya bik yang nomer 4..biar ga ketuker,hehehehe...

rina said...

nomor satu nyempit2n ruang plus mahal, yg satu malah bikin pegel orang...

??? said...

model alas koran koq kagak ada ???

MIdun_kay said...

Teknologi menjawab impian

Vieri Muhammad Naufal Harianja said...

ada gak kasur yang bisa dimasukin kantong??

model busana muslim said...

waaah mantaaap!sangat kreatif...

Molenartfreezer said...

gomenk...?
 

Diana Kartika said...

ohahahaha...desain yang sangat modern dan di kembangkan secara evisien :)
I LIKE IT :*

Dick said...

yang orange cakep juga tuh

Niea_yusuf said...

manteb seeh..mewah se x..tp kl dah pake tidur nda bsa bangun lg.sangking enkx..piye..?

Ira Listyosari said...

 iya belinya di mana ya? di indonesia emang udah masuk ya? pingin banget punya :D

Ceicilpcahyani said...

Sofa bunk bed dan Molecul bed nya keren....!!!

mau  donk

Pikaroo Ayuna said...

ada,,, masukin kantongnya doraemon... hahahaha

fachry said...

pusing gue....

NuNu said...

ahahahahaha
paling keren yg no 10 tuu..paling tidur semenit dah langsung jatuh..
hehehe

Situsonline said...

wow...cantiknya....!izin review...!

Post a Comment