Tikus Sebenarnya Baik Hati dan Pemurah

Tikus identik dengan pengkhianat cinta. Namun sebenarnya, menurut para peneliti, mereka benar-benar baik dan murah hati.

Dalam sebuah penelitian, ilmuwan Universitas Chicago menempatkan tikus-tikus berpasangan sehingga mereka harus saling mengenal.

http://i800.photobucket.com/albums/yy286/cakefever/tr3/rat.png

Ketika kemudian satu tikus ditempatkan di tabung transparan dalam kandang, tikus kedua terlihat tertekan sampai berhasil membebaskan tikus yang pertama.

Yang mengherankan, tidak hanya membantu teman di kandang yang dalam kesulitan, mereka juga tanpa pamrih berbagi. Yang juga mengherankan, tikus betina terlihat lebih peduli daripada jantan.

Selama percobaan, para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang berkeliaran gelisah melihat temannya terperangkap dan menurut para ilmuwan, tikus itu memperlihatkan bentuk sederhana dari empati.

Binatang yang bebas pergi lebih jauh, belajar bagaimana membuka pintu tabung, tanpa diajari, dan membebaskan pasangannya.

http://www.penyuluhpertanian.com/wp-content/uploads/2011/10/tikus.png

Hal ini, kata peneliti, merupakan bentuk yang lebih kompleks dari empati. Banyak tikus mengulangi pola itu, menurut laporan jurnal Science.

"Kami tidak melatih tikus-tikus ini dengan cara apa pun. Tikus ini belajar karena mereka termotivasi oleh sesuatu secara internal," kata Inbal Ben-Ami Bartal.

"Kami tidak mengajarkan mereka bagaimana membuka pintu. Sulit untuk membuka pintu, tapi mereka terus mencoba dan mencoba dan akhirnya berhasil."

Dalam penelitian lebih lanjut, tikus memiliki sedikit ketertarikan atau tidak tertarik melepaskan mainan boneka yang terjebak dalam tabung, tetapi mereka membebaskan tikus hidup, bahkan ketika tidak diizinkan untuk bermain dengan tikus itu setelah bebas.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1365532.jpg

Ini, kata para peneliti, menunjukkan bahwa motivasi tikus pembebas adalah untuk menghilangkan penderitaan hewan-hewan terperangkap.

Dalam percobaan terakhir, peneliti melihat sikap tikus ketika diberikan pilihan melakukan penyelamatan atau makan cokelat.

Hewan itu sering lebih memilih untuk menyelesaikan penyelamatan sebelum menyelipkan dan berbagi cokelat mereka dengan teman mereka.

"Itu sangat menarik. Menunjukkan kepada kita bahwa pada dasarnya membantu pasangan mereka setara dengan cokelat. Kami terkejut," kata Peggy Mason.

Hasil penelitian juga mengisyaratkan tikus betina lebih mungkin untuk melakukan upaya penyelamatan yang mungkin mencerminkan pentingnya empati dalam keibuan.

Tim peneliti mengatakan bahwa bertindak dari empati jelas bukanlah keunikan manusia saja dan menyarankan kita mungkin bisa belajar satu atau dua hal dari tikus yang rendah hati itu.

Profesor Mason mengatakan, "Ketika kita bertindak tanpa empati, kita bertindak melawan warisan biologis kita."

"Jika manusia mau mendengar dan bertindak pada warisan biologis mereka lebih sering, kita akan lebih baik."

Sumber :
tempo.co
Posted by radhite

29 comments:

Micha said...

Wow

Ternyata tikus bijak juga...
Semoga orang-orang yang melihat ini, bisa berubah dan tidak mementingkan diri lagi

Fiqih Gak Ngawuer said...

I like It...

info bagus ni buat kita"

XXX said...

Klw tikus itu tidak mnjijikan, bakalan aku plihara di rumah.

adi said...

gx usah di pelihara juga datang sendiri(tamu ngga di undang).....
Hehehe.@

ella said...

:)

Niea_yusuf said...

iye..beda banget sama tikus2 yg ada dipemerintahan..bisax cuma gerogotin ux negara..untuk memperkaya diri..( selamat diri sendiri )..tp yg namax tikus ttp aja..geelii deeh..iiiyyy !!

Älëx ßûñ said...

Buat mkanan Phyton gue aja tu tkus..
lagian susah cari nya sini..

KasMier Khan said...

Tikus benar kok setianya ma temennya sendiri.... dia akan ngamuk kalo ada temennya yang mati karena manusia memasang perangkap tikus. dia akan mengacak acak apa yang ada di atas meja makan, mengacak acak apa yang ada di dapur... (pengalaman pribadi)

dunia silam said...

kecuali tikus-tikus kantor :)

Fajrul1996 said...

andai semua manusia mempunyai sifat demikian

Oranghebat said...

taro aja python loe di comberan , besok pagi ambil lagi . pasti perutnya dah penuh ama tikus comberan

Udin said...

Pasti tikus yang menolong disuap oleh tikus yang ditolong, soalnya tikus yang ditolong baru mbobol uang negara. Yah itulah prilaku tikus

yoo dj! said...

 koruptor itu bijak ngak ya?
haha, tapi tikus cuma peduli sama sesamanya tikus donk :'(

Cl0r0flas said...

klo tkus pduli ma ssma knpa tkus yg asli gx mw iktan korup ya ????
: x

penumbuh rambut said...

Ane paling benci tikus dirumah... ngrusak segalanya....

Ikmal Edi Nugraha said...

solidaritas

Faridah said...

gaje lu dasar alay
sama u sama tikus got

Cahyafadh04 said...

tikus tikus kantor  ???????

Randy Agustyo said...

Sifat tikus nye kaya ane gan

tapi bukan Jenis nya haahhaha  peace

http://randykruger.blogspot.com/ Mampir

Itsukialvin said...

 kemaren gw racunin tikus dirumah gw,
bsa juga utk tikus kantor ga ya???

Nurul Ghaida Tsani Wiratami said...

sangat sukaa... :)

NT4 said...

Mari kita contoh sikap bijak tikus yang empati dan peduli dengan temannya, karakter yang 'jelek' belum tentu mengatakan yang sebenarnya.

Akhmad said...

wow...........

pa' de and mbak yem said...

coba kalau tikus yg di rumah gue kayak gayus pasti gue di kasih duit trus nie......hehehehehehe

Itsukialvin said...

bukannya dikasi ntr diambil lho..

wong koruptoooor...

haris widodo said...

This blog discusses about
various tips for students,
and this blog contains
things that you do not
know and you should know!
Visit this link
www.haris-widodo.blogspot.com

Billy Highrunt said...

wakwkawkakwk

Billy Highrunt said...

emang tikus bisa korup?
hebat amat tuh tikus

Billy Highrunt said...

'

Post a Comment