Taman Dari Tanah Liat yang Terinspirasi Dari Lukisan

Sebuah taman budaya yang unik yang keseluruhnya terbuat dari tanah liat baru-baru ini terbuka untuk umum, di Kota Tangshan, Cina.

Sejak kaisar pertama berkuasa, bangsa Cina sudah terbilang terbiasa membuat monumen super megah. Dari mulai istana berisi ribuan patung Terakota hingga tembok Cina yang melegenda adalah dua di antaranya.


Kini, mereka telah membuat sebuah taman budaya unik yang seluruhnya terbuat dari tanah liat dan baru-baru ini terbuka untuk umum, di Kota Tangshan.

Taman tersebut menampilkan berbaris-baris rumah, jalanan sibuk penuh dengan toko dan gerobak, pejabat negara, hingga kereta kuda jaman klasik Cina. Ini adalah reproduksi terkenal dari karya Zhang Zerui, "Riverside Scene", yang menggambarkan Festival Qingming.

Tokoh utama di belakang proyek luar biasa ini adalah Qin Shiping, seorang warga lokal distrik Fengrun. Tangshan memang sejak lama dikenal dengan tradisi keramiknya dan Qin adalah salah satu pematung dan pelukis di sana.

Pada 2005 dia mendapat ide ini, yaitu ingin menawarkan pandangan yang unik di Cina. Berhubung dia menggemari lukisan-lukisan Zhang Zherui, Qin kemudian memutuskan untuk menciptakan gambaran yang lebih nyata dari lukisan itu ke dalam karya seni patung-patung tanah liat.

Qin Shiping mulai menuangkan idenya menjadi karya nyata pada 2008. Ketika itu dia menyewa dua pakar patung tanah liat dan 100 pematung dan memulai proyek tersebut. Tiga tahun kemudian, taman patung tanah liat Tangshan telah selesai dan dibuka untuk umum.

Luasnya 300 x 60 meter dengan skala ukuran 2 / 3 dari ukuran asli. Biaya keseluruhan proyek belum dipublikasikan, namun setahun setelah sang pematung profesional itu memulai proyek, yaitu pada 2009, Qin Shiping sempat menyatakan telah menginvestasikan lebih dari 10 juta yuan atau lebih dari 20 miliar rupiah.

 

























Sumber :
kaskus.us
Posted by radhite

43 comments:

Anonymous said...

Wew!!!

Fahmi Radityamurti said...

China patut dikagumi atas kreativitas dan kerja kerasnya, manteb =w=b

Hyoo said...

How cool! I wonder how they make those all!
Anw, I also wonder, what will be happened if rain comes~ (=v=;)

FahmiRADIT said...

nice

Antowiji said...

belajar dari perjalanan bangsanya sendiri dan bangga atas budaya bangsa...salut buat china

Xpyro said...

sekali hujan, maka binasalah mereka... hahahaha

Wahyu Effendy said...

shipz,,, kereatif...

ocang curut said...

keren banget di indonesia ada ngk yahhhhhhc????????????

TheAmaybanditz said...

kalau kena hujan kek mana tuh nanti nya.

terugaminoru said...

Itu kayanya kaya kendi. jadi ga pecah kalo hujan.

Arfan Zainal said...

Salut kepada negeri cina yg selalu mencintai budaya nya sendiri dan hidup penuh dengan disiplin untuk kebanggaan leluhurnya, untuk itu mereka bisa hidup dimanapun di dunia ini

Fadhlan said...

ntar buat dri UPIL...

Areapjr said...

great ...

Lala Syarifudin said...

mirip film huose of wax

Lala Syarifudin said...

mirip film house of wax

JoulTheBolang said...

klo Indonesia paling buatnya dari uang hasil korupsi,,,

Kapan Indonesia bsa buat kaya bgini klo di pikiran pemerintahnya cma KORUPSI mulu....

Janma Pare said...

Seniman sejati yang mempertahankan nilai budaya aseli china

itsukialvin said...

whoaa...
kayak coklat..!!

syndicate-os said...

orang china emang kreatif
:)

Ervin s.a said...

wwuuuiiii pengenn kesana gan

Cusnasaya said...

menakjubkan,,... kapan ya indonesia bisa????

Luvzie said...

 sekarang juga bisa..klo ada yg mau bikin n ada yg mau invest mah...

michael said...

kek teracota army aja..

Bachtiardesign said...

Itu kalo hujan gimana ya?? hebat... Kreatif..

ken said...

mantap gan... 

Anonymous said...

Apakabardunia sekarang kok jarang di update ya?

irawan said...

China patut dikagumi atas kreativitas dan kerja kerasnya, manteb =w=bbelajar dari perjalanan bangsanya sendiri dan bangga atas budaya bangsa...salut buat chinakeren banget di indonesia ada ngk yahhhhhhc????????????mantap gan... 

rina said...

iya cuma mungkin lama kelamaan jamuran... ijo-ijo gtu deh

rina said...

keren...
tp gak boleh kesenggol tuh, bisa-bisa pecah.

Billy Highrunt said...

wakwakwkak... keren abis dah

Billy Highrunt said...

ganti foto gimana ya gan?
 

Billy Highrunt said...

lalaallalalala...

Fajrul1996 said...

Kereen

BraamMoriartyBartels said...

lebih bgus lg kalo patung tanah liat trsebut diwarnain :D

oranghebat said...

Susah tuh bikinnya detail banget

Fuad Mafi said...

salud n takjub dh buat china...

Ivano harris said...

Pekerjaan yg melelahkan

safrio__soekamti said...

wew ..
menakjubkan ..

ningratih said...

kalo kehujanan gimana??

SHUPARMAN said...

Kalo disana sendirian tetap kepikir banyak org taunya tanah liat.

Dodot_50 said...

emang klo punya pemimpin dengan tingkat seni, kreatifitas, visi yg bagus semua pasti bermanfaat..bukan hanya menciptakan lagu saja...seni dalam bentuk pamaeran sperti itu tampaknya akan mudah dinimati oleh masyarakat...

ELDEWA said...

YA CINA BANYAK BIKIN KAGUM TTG SENI-NYA. TAPI PENTING JUGA ...
MAS RADITHYA, SELAMAT ULANG TAHUN, SEMOGA SELALU BERTAMBAH2 KEBERKAHAN LAHIR BATIN JIWA RAGA ROHANI JASMANI JUGA BAGI SELURUH KELUARGA DAN SEISI RUMAH.. AMIN Y R A !!!

Chandra Fachruls said...

wih keren gan....coba aja ada di indonesia yaaa....
ah ntar gua bikin deh yang paling megahnya....

Post a Comment