Spesies Ular Langka Ditemukan di Sumatera

Peneliti WWF Indonesia, Ridwan Setiawan, menemukan spesies ular Sumatran pitviper atau Sumatran tree viper. Spesies bernama Trimeresurus sumatranus itu memang bukan spesies baru, tetapi tergolong spesies langka.

"Di Sumatera sekarang sudah sulit dijumpai spesies ini. Dulu mungkin cukup sering, sekarang sudah jarang," kata peneliti yang akrab disapa Iwan Podol itu.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/12/05/1415187620X310.jpg

Iwan mengungkapkan, Trimeresurus sumatranus merupakan ular berbisa dengan corak unik. Berwarna dasar abu-abu, ular itu bercorak hijau kekuningan dan memiliki ekor kemerahan. Ukurannya sepanjang 1,5-2 meter.

Ular tersebut tepatnya ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung. Wilayah tersebut merupakan habitat yang sesuai untuk Sumatran pitviper karena kondisinya yang lembab dan kaya sumber pangan bagi ular.

Iwan menjelaskan, ular itu ditemukannya saat melakukan survei habitat badak sumatera beberapa waktu lalu. Tempat penemuannya adalah di kawasan hutan yang habitatnya masih terjaga, yaitu di hutan primer.

Trimeresurus sumatranus, jelas Iwan, biasanya memakan katak, tikus hutan, dan beberapa jenis burung. Biasanya, ular didapati berada di cabang pohon yang berukuran kecil dan masih dekat dengan tanah.

Menurut Iwan, ular tersebut aktif pada malam hari. Sebaran habitatnya sendiri ada di Sumatera, Mentawai, Nias, Borneo, hingga ke Semenanjung Malaysia hingga Thailand.

Saat ini, jenis ular langka ini pun menghadapi ancaman. "Ada banyak ular yang diburu. Ular ini coraknya unik, jadi termasuk salah satu yang diburu. Ular juga diburu untuk diambil toksinnya," kata Iwan.

Ancaman juga datang dari aktivitas perusakan hutan. "Kalau hutan dirusak, habitat dirusak, itu juga ancaman untuk ular ini," jelas Iwan saat dihubungi Kompas.com.

Menghentikan perusakan hutan dan perburuan adalah langkah tepat memelihara kelangsungan hidup spesies ular ini. Dengan langkah itu pula, banyak spesies bisa terselamatkan.

Sumber :
kompas.com
Posted by radhite

26 comments:

Anonymous said...

Bg Radit...updateny sering2 donk...
-pertamax-

Teguh Bara said...

semoga pertamax..
maafkan kepada yg anti-pertamax..
 

Maul Thok said...

cantik sekali ularnya

Fahmi Radityamurti said...

Semoga gak cepet punah kek harimau Sumatera --"

Oranghebat said...

Kenapa ya ular dengan corak cantik selalu berbisa , sayang sekali

Luvzie said...

yang cantik emang selalu berbisa...ati2 aja...

Moyashi said...

kok malah didoain yang aneh-aneh
seharusnya doanya biar gak sampe Surabaya...

Www Moyashiandrian said...

Betul kamu....

Ikmal Edi Nugraha said...

wah pertanda baik nih jadi bisa di tangkarkan biar berkembang biak ............

XXX said...

Wah Indonesia memang kaya dengan flora dan faunanya, tapi rakyatnya sering ngerusak potensi alam negerinya sendiri.

Bubby said...

di belakang ular ny ad ap tuh? warna putih
 

Oranghebat said...

tapi kan harimau sumatra dah mau punah , di alam liar kurang dari 400 ekor

Kerontokan Rambut said...

Ular,,, binatang yang misterius.... takut ah....

Yy said...

ati2 gan ama tetangga

arga rizqi said...

Temukan kejutan dengan link ini,dpet dollar cman dengan
register dan liat iklan.


http://Survey-Faq.com?ref=2428383


 


gag percya????buktiin dlu baru komentar,sebagai modal awal
anda akn di beri $50 dulu.


Selamat mencoba

arga rizqi said...

Temukan kejutan dengan link ini,dpet dollar cman dengan
register dan liat iklan.


http://Survey-Faq.com?ref=2428383


 


gag percya????buktiin dlu baru komentar,sebagai modal awal
anda akn di beri $50 dulu.


Selamat mencoba

arga rizqi said...

Temukan kejutan dengan link ini,dpet dollar cman dengan
register dan liat iklan.


http://Survey-Faq.com?ref=2428383


 


gag percya????buktiin dlu baru komentar,sebagai modal awal
anda akn di beri $50 dulu.


Selamat mencoba

arga rizqi said...

Temukan kejutan dengan link ini,dpet dollar cman dengan
register dan liat iklan.


http://Survey-Faq.com?ref=2428383


 


gag percya????buktiin dlu baru komentar,sebagai modal awal
anda akn di beri $50 dulu.


Selamat mencoba

arga rizqi said...

ya semua makhluk kn ada keurangan dan kelebihan nya mas

Salsabila2805 said...

Masa sih yg cantik selalu berbisa?

Putrirohma said...

smua d'dunia ini tak ad yg smprna..

Auzanlukman said...

ya elah itu ular cobra gk cantik tapi sangat berbisa

Billy Highrunt said...

itu ular pengen gua jadiin tas

Billy Highrunt said...

itu ular ada di negara laen gak?
 

Billy Highrunt said...

>????

Emi goblag said...

kumaha we ceuk maraneh lah......

Post a Comment