Partikel Tuhan Sudah Ditemukan?

Bagi yang membaca novel karya Dan Brown atau sudah menonton filmnya yang berjudul Angel and Demon tentu tak asing dengam istilah 'God particle' atau partikel Tuhan.

Dalam novel dan filmnya itu, Dan Brown memperlihatkan bagaimana kemungkinan reaksi kaum agamawan, terutama Vatikan, bila ternyata betul ilmuwan bisa menemukan partikel Tuhan yang menjelaskan asal usul dunia.

Foto: universe myblog.bimashakti.blogspot.com

Dan kini, apa yang dikisahkan lewat fiksi itu kemungkinan jadi nyata. Peneliti di pusat riset bergengsi CERN mengklaim mereka sedikit lagi akan menemukan partikel Tuhan. Dua tim sudah mengklaim temuan ini.

Peneliti senior CERN Oliver Buchmueller mengatakan mereka sangat gembira dengan kemajuan riset fisika kali ini. Uji coba demi uji coba terus dilakukan. Mereka perkirakan tahun depan sudah bisa mengurai asal usul alam semesta termasuk partikel Tuhan itu.

"Kami sudah sangat dekat dengan kesimpulan partikel Tuhan," kata Buchmueller seperti dikutip skynews.

Ilmuwan: Kami tak menyebutnya sebagai 'partikel Tuhan'

"Kami tak menyebutnya sebagai 'partikel Tuhan. Kalianlah, media, yang menyebutnya begitu," kata peneliti senior asal AS saat diwawancara satu radio Eropa terkait temuan tebaru dari lembaga riset CERN soal partikel Tuhan.

Para ilmuwan rupanya tak berkenan kalau partikel ilmiah mereka disebut sebagai 'partikel Tuhan'. Bukan apa-apa alasannya, menurut mereka partikel Higgs yang mereka cari cari itu tak ada hubungannya dengan agama apapun. Partikel Higgs hanya berusaha menjelaskan asal usul kehidupan dan alam semesta.

Foto: artikeltulisan.wordpress.com

"Saya benci sekali julukan itu 'partikel Tuhan'," kata anggota tim riset ATLAS CERN Pauline Gagnon. Para ilmuwan lebih suka menyebutnya Tetap sebagai partikel Higgs.

"Partikel HIggs tak ada hubungannya dengan agama manapun, menggelikan sekali kalau ada yang menghubungkan seperti itu," lanjut Pauline.

Oliver Buchmueller, dari tim lainnya CMS CERN, juga mengecam penyebutan ini. "Menjulukinya sebagai 'partikel Tuhan' sangat tidak tepat. Itu tidak adil pada penemu partikelnya dan peranan pentingnya di jagad raya. Ini tak ada hubungannya dengan Tuhan," kata dia.

Partikel Higgs bosonini menjadi mimpi setiap ilmuwan yang tertarik memetakan masalah asal usul alam semesta dan kehidupan. Ditemukan pada dekade 1960-an oleh ilmuwan Inggros Peter Higgs. Partikel ini adalah cara kerja bagaimana sebuah objek memperoleh massa pasca tumbukkan besar alam semesta yang dikenal lewat teori Big Bang.

Menurut teori yang dikembangkan ilmuwan, partikel Higgs ini menjadi agen terciptanya bintang, planet,  dan kehidupan alam semesta. Partikel itu memberi massa pada elemen partikel terkecil, karena itulah dijuluki 'partikel Tuhan' oleh kalangan media

Pippa Wells, peneliti ATLAS CERN, mengatakan tanpa peran partikel Higgs boson, maka partikel di alam hanya gentayangan tanpa tujuan. "Karena itu mendengarnya dijuluki 'partikel Tuhan' membuat saya marah. Itu berkebalikan dengan apa yang kami ilmuwan lakukan di CERN," tegasnya.

Lantas darimana datangnya julukan ini? Salah satu versi mengatakan julukan berasal dar buku pemenang nobel fisika asal AS, Leon M Lederman: "The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?"

Apa Sebenarnya 'Partikel Tuhan'?

Apa sih sebenarnya partikel Tuhan? Partikel Tuhan kerap juga disebut partikel Higgs. Ini adalah mata rantai partikel yang belum ditemukan ilmuwan terkait peristiwa bagaimana partikel dan energi berinteraksi. Partikel ini masuk ke dalam teori fisika model standar.

Bagaimana menemukan partikel ini? Para ilmuwan menembakkan partikel dengan arah yang berlawanan dalam terowongan sepanjang 27 km di kedalaman 100 meter dari permukaan.

Partikel yang ditembakkan itu akan bergerak dengan kecepatan cahaya dan mereka akan bertumbukkan pada akhirnya. Detektor yang supersensitif akan mengukur hasil tumbukkan partikel itu yang berupa debu partikel.

Riset senilai 6 miliar Poundsterling ini berupaya mereplika kondisi seusai penciptaan alam semesta 13,7 milyar tahun lalu yang biasa dikenal dengan nama teori tumbukkan besar atau Big Bang.

Dalam teori standar, diprediksi partikel subatom harusnya tak punya massa. Namun dalam teori lain, disebutkan, ada medan energi bernama Higgs dan boson yang muncul usai tumbukkan partikel itu. Kedua entitas ini membuat sub partikel tarik menarik, dengan kata lain memberinya massa.

Kalau ini ditemukan oleh ilmuwan, maka mereka bisa menentukan dengan pasti lewat model matematika, bagaimana cara kerja alam semesta. Dengan kata lain, mereka menemukan 'partikel Tuhan' yang menjelaskan segalanya.

Sumber: Republika.co.id

LARGE HADRON COLLIDER 
Ekperimen CERN Memecahkan Misteri "Partikel Tuhan" 


"Large Hadron Collider adalah cincin "Akselerator Partikel" dan "Atom-Smasher" raksasa yg dibuat oleh Badan Riset Nuklir Eropa (CERN) dengan panjang keliling 27 km yg terletak pd kedalaman 175 meter dibawah tanah. Dibangun diantara perbatasan Perancis dan Swiss, cincin itu sendiri terdiri dari 9300 kumparan magnet superkonduktif dengan berat berton-ton yg dirangkai seperti sosis dan kemudian didinginkan dengan sekitar 96 ton helium cair.

Sampai saat ini Proyek LHC melibatkan sekitar 7000 org Ahli Fisika Partikel (hampir separo dari semua ahli fisika partikel di seluruh dunia) dari 80 negara dan telah menghabiskan biaya sekitar USD 5,8 miliar (sekitar Rp 53,3 triliun).


Cara Kerja LHC adalah :


LHC terdiri dari dua buah pipa cahaya yg berdekatan dimana masing-masing pipa berisi sekelompok proton yg "berlari" mengilingi cincin utama ( 27 km ) secara berlawanan arah. Setiap kelompok proton tersebut didorong" oleh mesin LHC sehingga bisa mengandung energi sebesar 7 Trilyun Volt (7 TeV). Pada 4 titik tertentu 2 pipa tersebut akan bersilangan satu sama lain sehingga 2 kelompok proton tadi akan saling bertabrakan dg total energi sebesar 14 TeV dan menghasilkan 600 juta partikel per detik.

Pada titik-titik tabrakan tersebut dipasang detektor-detektor raksasa yg akan mencatat semua serpihan partikel super kecil yg dihasilkan pada setiap tabrakan. Saking besarnya salah satu dari detektor tersebut konstruksi bisa dipakai untuk membangun satu Menara Eiffel baru.

sumber: kaskus.us
Posted by sandipras

144 comments:

Oranghebat said...

Wew

Nugros said...

mantap

fadliad said...

wew

haris widodo said...

Visit and read my blog!
You can smart after visited this blog
www.haris-widodo.blogspot.com

Miun said...

Kesombongan manusia!

jhony27 said...

Tuhan tidak mungkin bisa diteliti…  karena  dialah  yang menciptakan kita..


 

Actfellfelixactfell said...

manusia tetaplah manusia, terbatas adanya sepintar apapun manusia tidak dapat malawan Tuhan 

Admiral said...

biar lah....

Arsenalic Waras Selamanya said...

kl bisa didapat enrgi sebesar itu lewat tumbukan atom berarti untuk menyukupi enrgi listrik yang ada sekarang tidak perlu memakai sumber energi yg dpt menyebabpkan pencemaran lingkungan....
hmmh.....PLN gak harus bergantung dari pemakaian minyak bumi ataupun batubara yg bisa mencemari lingkungan...

Luvzie said...

udah jelas itu ada hubungannya dengan Tuhan....
rata-rata para ilmuwan ky gitu emng g percaya Tuhan, manusia-manusia sombong...
sepatutnyalah kita bertasbih krna udah bisa menemukan lebih banyak lagi rahasia ttg alam semesta dan kehidupan, mereka g sadar bahwa ada suatu kekuatan maha besar dibalik itu semua...

Muhammad Ridho Fakhrozi said...

Perumpamaan yang berlebihan..
media mmg agak lebay kalo ngasi perumpamaan..

Gie Art said...

memang media terkadang berlebihan membuat perumpamaan...
supaya tulisan mereka menjadi menarik...
ckckkckckckckck...

Ikmal Edi Nugraha said...

kalo memang tahun depan peniliti berhasil memecahkan misteri terbentuknya alam semesta
 sebaiknya media jangan lebay .......

Ihh said...

haha... media masa lebay ah .....

sayaberitahu said...

ngapain cari-cari partikel lagi, di Kitab Suci Al-Quran sudah dijelaskan bagaimana tuhan itu:

Surah Al-Ikhlas 1-4:

1. Katakanlah "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2. Allah adalah tuhan yang bergantung kepadanya segalanya sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tiada pula, diperanakan.
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia"
_

"Dan jangan lah kamu sekali-kali menyembah Tuhan selain Allah. Tidaklah ada Tuhan selain Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti akan binasa, kecuali Allah. Dia lah yang menentukan tiap-tiap sesuatu dan kepadaNyalah kamu akan dikembalikan."

(Al-Qashash ayat terakhir)

zzzz said...

haha...

percuma bos di beri tau ayat...itu cuma berlaku untuk muslim saja...mreka itu kbanyakan ateis alias tidak percaya tuhan...mereka itu selalu membutuhkan bukti tentang segalany gak hanya percaya trus diem aja...di atikel di atas pun juga sudah disebutkan bahwa yang mreka temukan itu partikel higgs,media saja yang yang bilang itu partikel tuhan...jadi tidak ada kata-kata tentang partikel tuhan ataupun menyekutukan allah...
bacanya sampai selesai gak atau gak ngerti maksud nya atau cuma kepancing sama judulnya?

Sang Pencerah said...

menurut saya ...nga apa 2x sih para ilmuan tersebut mencari tahu rahasia alam semesta ini lewat ilmu pengetahuan yang paling mutahir, saya pribadi tidak menentang pencarian partikel higgs tersebut saya justru mendukung..saya tidak menutup mata dan telinga akan hal itu....bisa dikatakan penemuan partikel higgs tersebut adalah awal untuk umat manusia berada di puncak peradaban manusia itu sendiri..dan menurut saya ini tidak menentang Tuhan tapi malah justru akan membenarkan dan mengakui kekuatan ataupun keberadaan Tuhan...insaalah nantinya hasil kesimpulan dari temuan mereka itu telah tertuliskan di Al-Qurán ,seperti pembuktian 2x an ayat2x Al-Qurán yang dikaitkan berdasarkan ilmu pengetahuan ataupun science.Semua pembuktian dan pencarian itu menyimpulkan kebenaran Al-Qurán dan menambah keimanan kita terhadap Allah SWT...

Randy Agustyo said...

I like this post gan

Mampir yaa

http://randykruger.blogspot.com/

Anonymous said...

Ada apa dengan mu??

Wise man said...

Dengan adanya penemuan ini,justru kita bersyukur dan semua orang di dunia sadar kalau Tuhan itu ternyata memang ada..Mana mungkin partikel sedashyat itu ada dengan sendirinya??bagaimana mungkin manusia bisa sepintar itu untuk menemukan banyak rahasia alam tanpa Tuhan yang menunjukan keberadaanNya..So,positive thinking aja..:)

guest said...

biar lah hancur dengan kesombongan nya

guest said...

maka nya ada PLTN

guest said...

ni gara2 novel "partikel tuhan" sembarangan tu org bikin judul.... Allah itu zat yang maha Esa

guest said...

husssttt... ga ada yg percuma klo kita kasih tau ayat,,, biar yg lain pada tau :)

guest said...

setuju dengan positive thinking, but tidak setuju dengan sebutan "partikel tuhan", lebih baik disebut "partikel ciptaan Tuhan"

Yasa_jetasid said...

lha org dah diblg partikel higgs masih dsebut partikel Tuhan...
org saking dgn takutnya thdp agama jd msh pke embel2 Tuhan y...?
menghargai sesama, dlm konteks nie y penemuny, aj ngk bz...
gmn mw nghargain yg laen...(_ _!')

Imagine said...

Hmm, bila secara science bisa membuktikan hal ini, mengapa para pemilik kitab suci harus tutup mata, telinga dan hati untuk melihat penelitian ini?? Karena sebuah Agama haruslah mampu berjalan sesuai zamannya, istilahnya "Ga mati gaya". Kalo Agama ga mampu berorientasi, bagaimana Agama bisa mencapai tujuannya, yaitu "Tidak Kacau".

Imagine said...

Hmm, bila secara science bisa membuktikan hal ini, mengapa para pemilik kitab suci harus tutup mata, telinga dan hati untuk melihat penelitian ini?? Karena sebuah Agama haruslah mampu berjalan sesuai zamannya, istilahnya "Ga mati gaya". Kalo Agama ga mampu berorientasi, bagaimana Agama bisa mencapai tujuannya, yaitu "Tidak Kacau".

Itsukialvin said...

lbay tu media, bikin heboh aje biar korannya laku..

Gegemangi 23 said...

hmmm....Kemajuan IPTEK yg luar biasa..
apa manfaat nyatanya ya???

Ipoelseason said...

BULLSHIT!

Apa Ajalah said...

dah lah, g usah di pikirin

Bigor9191 IMhe2 said...

Bijaksana Pencipta Alam semesta ini
Rahasia Alam semesta akan kuberitahukan kepada orang miskin dan rendah hati
Tetapi kau menyembunyikannya bagi orang orang pintar

Spaxentertainment said...

kalo partikel tw aku makan bisa nggak ya aku punya kekuatan nya tuhan...

wkwkwkwkwk....(Bercanda ON)

tyas said...

tinggal pasangin kabel listerik

Miss Universe said...

Realita.. ga ada abis nya di debatkan sama agama. Yg ngerasa pinter, yg ngerasa dewasa, yg ngerasa beriman, ga usah di hubung"kan sama agama. udah jelas ilmuwan namain itu partikel HIGGS << baca. makanya jgn cepet kepancing. namanya ilmuwan ya gitu, kalo otak kalian cerdas kek mereka jg dijamin penasaran.


YGBOCAH GA USAH COMMENT.. BACOT AJA BISANYA !!!!

Anonymous said...

Pada santai aja kale nanggepinnya, "pakai logika aja, partekel itu dibuat oleh manusia itu membuktikan pasti segala sesuatu itu ada yg menciptakan, termasuk Alam semesta beserta isinya ini, semua itu akan kembali pada keyakinan dan keimanan kita masing2"

Luciver said...

Bravo

tA said...

Mantep ...
Lanjutkan perjuangan kalian wahai para ilmuwan.
Penasaran juga nih ...

Jangan lupa laporannya yah kalo udah ujicoba.

Rohmatulhakimliana said...

lanjutkan perjuanganmu para ilmuwan...kita trima beres aja...hahaha

alone 'n alone said...

"Saya benci sekali julukan itu 'partikel Tuhan'," kata anggota tim riset
ATLAS CERN Pauline Gagnon. Para ilmuwan lebih suka menyebutnya Tetap
sebagai partikel Higgs.



"Partikel HIggs tak ada hubungannya dengan agama manapun, menggelikan
sekali kalau ada yang menghubungkan seperti itu," lanjut Pauline.

mas", mba" kalo baca jangan judulnya aja, sampe abis ya..

orang bego said...

apa apaan novel partikel tuhan? emang ada?

orang bego said...

baguslah komen" yang terakhir bijaksana semua.. ^_^
pribadi, saya setuju adanya penelitian kayak gitu..
saya punya agama, tapi free-thinker juga. Percaya ada Tuhan, lebih baik lagi klo dibuktikan.
Dan lagi, yang mengutuk orang" atheis, kalo bisa jangan kayak gitu. Itu kepercayaan mereka. Sama aja kayak ada orang yang ngutuk agama anda. Seneng gak? Enggak kan? Nah lo...

Salam damai ^_^P.S.: Yang bisa tebak agama saya, dapet emoticon love.. ^_^

ehem said...

betul bgt..

Giri said...

justru mestinya kita bersyukur ada manusia yang mampu mengerjakan yg tidak bisa kita kerjakan. dan jika ini dapat terbukti, maka teori Tuhan Pencipta akan semakin menarik utk dipelajari.

orang sok pintar said...

partikel Tuhan? lebih pantas disebut partikel Higgs karena semuanya yg dari Alam semesta itu dari tuhan dan sudah jelas bukan partikel itu juga ciptaan Tuhan

ocang curut said...

itu sih kentut gue baru keluar

Rapiyanto57 said...

hebaaaattttt, diAlqur'an sudah dijelaskaN bagaimna bumi diciptakan..


 

Jimmy :p said...

penemuan bagus, skalian memberikan kepastian keberadaan Tuhan dalam dunia

jack_jack said...

hebatt..manusia sedikit tambah maju
tuhan tidak melarang manusia untuk menjadi pintar

AlGebra said...

manusia bodoh..
katanya ilmuwan, tpi knp pikirannya lbih rendah dri manusia purba??
manusia purba sj prcaya akan tuhan, msa' makhluk abad digital tdk prcaya??
Sudahlah..
teori Big Bang itu tdk ada..
hanya bualan org2 yg tak prnah mau mngakui Tuhannya..

Fajrul1996 said...

wah orang bisa jadi ateis kalo didalemin

Sofyan Ian said...

itulah 'keburukan' umat beragama...menyebut penemuan itu dg julukan 'partikel Tuhan'..padahal ilmuwan yg mempelajari alam semesta itu tidak menyebutnya sebagai 'partikel Tuhan'.... ha...ha...ha....kaum agama hanya bisa bicara tanpa ada tindakan penelitian yg dapat mematah kan atau mendukung pernyataan tsb secara ILMIAH.....!

Ceper_setiawan said...

tetep aja kita ga akan tau klo tuhan kta seperti apa, yang gw tau cm sifat2nya................................

Ceper_setiawan said...

makanya jgn bada artikel doang baca dah tuh Alquran semua dah ada dstu..........................kcuali org kafir

Lord Crusader said...

tuhan itu ada (banyak keajaiban yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan) sains bukan bertujuan mencari tuhan ato menjadi tuhan tapi hanya ingin mamajukan peradaban manusia dengan mengetahui partikel yang bisa berkerja untuk menciptakan kehidupan .....
partikel bukan tuhan...!!!!!!! ingat itu agan2 sekalian ....!!!!!!!

read it again said...

DISITU DIJELASKAN

"Saya benci sekali julukan itu 'partikel Tuhan'," kata anggota tim riset ATLAS CERN Pauline Gagnon. Para ilmuwan lebih suka menyebutnya Tetap sebagai partikel Higgs."Partikel HIggs tak ada hubungannya dengan agama manapun, menggelikan sekali kalau ada yang menghubungkan seperti itu," lanjut Pauline.Oliver Buchmueller, dari tim lainnya CMS CERN, juga mengecam penyebutan ini. "Menjulukinya sebagai 'partikel Tuhan' sangat tidak tepat. Itu tidak adil pada penemu partikelnya dan peranan pentingnya di jagad raya. Ini tak ada hubungannya dengan Tuhan," kata dia.

yang nyebot medianyaaaaa medianya aja yang lebay biar laku

espada said...

jgn, salah, udah ada yang baca nove , nya brwon gak, hehehehhe , jgn lupa , efek nya kalok terjadi ledakan, lebih parah dari nuklir loh :)
 

Dogel_x said...

Wak Atan :

Kita ini hanyalah sebagai makhluk hdup biasa, jadi jangan asal ngomong saja.

Tuhan (Allah SWT) tak ada tandingannya dimuka bumi ini.. dan jangan coba2 untuk melawan dengan kuasa_Nya. jika tidak ingin dilaknat......


Terimakasih,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Anonymous said...

menghujat kok gak konsekuen emang kalian gak tau,kalian bisa coment di sini karena jasa siapa? CREN lah yang menemukan internet! Lucu.! Gak malu kamu.

ladiez_darknezz said...

hummmpz ngikud ajh dech ama commnet;na

Michael Alan said...

Ha...Ha..Ha...! Comment Kalian yang sok religius itu, mnunjukan dangkalnya otak kalian. Sebenarny, penjelasan artikel diatas kurang lengkap. Partikel Tuhan, atau Partikel higgs juga mempunyai nama lain yaitu, ANTIMATERI. Dan saya lbih suka menyebutnya begitu. Kenapa partikel ini disebut partikel Tuhan? Karena, dgan ditemukannya partikel ini, keberadaan Tuhan Smakin dikuatkan. Dgan kata lain, partikel ini membuktikan bahwa Tuhan itu benar-benar ada. Sekaligus membuktikan, bahwa karya penciptaan Dunia menurut kitab suci itu, benar-benar terjadi. Dan Hal inilah Yang membuat para ilmuwan membenci nama Partikel Tuhan itu. Karena, Kbanyakan para ilmuwan Fisika dibarat, tidak mempercayai adany Tuhan dan menganggab, bahwa karya penciptaan yang ditulis didalam kitab suci itu tidak munkin terjadi. Apakah tman-tman ingat, bagaimana proses dunia diciptakan, baik itu menurut Alqur'an Maupun Alkitab? Ya, Tuhan bersabda, maka terciptalah semua. Didalam kitab suci, Tuhan menciptakan Dunia dari ketiadaan. Hal yang paling dianggap mustahil oleh para ilmuwan fisika. Karena, menurut mereka smua hal yang ada di alam semesta ini dibentuk dan disusun oleh partikel-partikel atom atau materi. tidak munkin diciptakan dari ketiadaan.Dan karena alasan yang sma , terjadi pertentangan antara agama dengan ilmu pengetahuan selama berabad-abad. Sehinagga muncul kelompok ILLUMINATI. Tapi, dengan ditemukannya Antimateri ini smua pendapat para ilmuwan itu dapat dipatahkan. Antimateri adalah kebalikan dari materi. Karena, antimateri adalah Partikel yang tercipta dari ketiadaan, Partikel Tuhan. Partikel Yang memprkuat keberadaan Tuhan, Bukan partikel yang membentuk Tuhan, sperti yang teman-teman duga itu. Dan Ini akan menjadi titik, dmana antara agama dan ilmu pgetahuan bisa bersatu. Dan satu lagi, Antimateri ini bsa menjdi sumber energi yang besar. Bahkan Jauh lebih besar dari nuklir. Energi yang bebas limbah, bebas radio aktif dan lebih efektif. Sumber Energi yang sangat aman skaligus sgat berbahaya. Ini hal penting, jangan smpai kita memiliki pemahaman yang dangkal. 

Syamfals said...

Bolehlah manusia mempelajari apa yang membuat hidup didunia ini, tetapi manusia tidak bakal mampu menciptakan kehidupan. Seperti tantangan Allah pada firmannya dalam Al Qur'an,

"Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah." (Al hajj : 73)

Allah memberi akal kepada manusia, supaya belajar dan mempelajari alam semesta untuk mengenal penciptaan-NYA, itulah mengapa akal seperti tanpa batas.

Tetapi akal akan terbatas ketika manusia mulai menuhankannya contoh seperti orang terdahulu mengatakan :
-bahwa bumi adalah pusat tata surya tenyata mataharilah pusatnya.
-ada yag mengatakan bumi adalah kotak tenyata bulat.
-tatasurya itu ada 8 atau 9 planet, ternyata lebih dari 10 planet (termasuk planet draft/kerdil).
-Matahari adalah bintang yang terbesar, ternyata matahari hanya termasuk golongan bintang kecil, bahkan digalaksinya sendiri (bimasakti)
-Manusia adalah keturunan kera.. bernarkah?!
-Partikel yang terkecil adalah molekul, ternyata ada yg lebih kecil yaitu atom, tapi sekarang ada lagi partikel higgs.. besok apa lagi kita tidak tahu

akal akan terbatas ketika menyimpulkan tentang kepastian penciptaan alam semesta dan akhirnya manusia menyembah kepastian-kepastian akal manusia tersebut.

Seperti firaun ketika mampu memerintah, membuat bangunan-bangunan megah, mencukupi segala kehidupannya dan menentukan arah pikirannya menjadi undang-undang untuk dituruti rakyatnya entah benar atau salah. Sampai pada kesimpulan bahwa dirinya adalah tuhan.

Naudzubillah mindzalik

kembali kepertanyaan diatas "apakah partikel higgs partikel tuhan?" kalau besok ada partikel lain yg lebih luar biasa dari partikel higgs, bagaimana tentang ketuhanan partikel higgs...

Ilmuwan partikel higgs aja sewot penemuannya dibilang partikel tuhan... hahaha.

Adscasc said...

no comment .... , TuR Raja Ampat aja yuk ......

Pandjie As Painheart said...

cukup kita sadar dan ingat, seperti dalam Al Ikhlas itu..

Blessthefallers said...

Capek ah comment panjang2, nanti jari ku keriting . Yang penting thanks infonya semoga bermanfaat! ^-^

Irfan Klatz said...

menarik sekali diskusinya,, iya ,, saya juga setuju dengan pendapat teman2 diatas, tapi Tuhan bukanlah daerah terlarang bagi pemikiran, Tuhan ada bukan untuk tidak dipikirkan "adanya". Tuhan bersifat wujud bukan untuk kebal dari sorotan kritik . :)

Maksieh said...

tuhan yg brewok mukanya itu yaa...??

Keljrlkajrlka said...

Komen gk mutu
Udah jelas itu namanya "Partikel Higs"
Yang menyebut 'Partikel Tuhan' bukan ilmuwan sendiri tp media yang alay dan suka cari sensasi.

Mereka TIDAK meneliti Tuhan, please open your mind

Keljrlkajrlka said...

Komen" nya GAK mutu deh :))
Sorry ya, gw merasa kalian kurang open minded aja.
SEMUA dihubungin ke Tuhan.
Padahal Ilmuwan tersebut tidak meneliti 'Tuhan' melainkan 'Partikel Higgs'
Orang " yang short minded memang suka terpaku dengan Judul yang agak ALAY.
Sekali judulnya TUHAN aja, langsung deh di hubung"in.

Kalian baca artikelnya gk sih?
Apakan ilmuwan itu bilang mereka meneliti Tuhan?
Kalian merasa 'wise' dengan komen" soal Tuhan?

Kalian tahu nggak? Yang menganggap mereka meneliti Tuhan itu kalian sendiri :))
Please read the thread first before commenting about God and start a war over it.

Keljrlkajrlka said...

SETUJU BANGET
Tapi orang" short minded suka terpaku dengan judul
biasalah, orang" short minded kan MAKANANNYA media :))

Keljrlkajrlka said...

So? Do you think you are smarter than them?
Silly

Keljrlkajrlka said...

Every human are free to discover a new things.

Keljrlkajrlka said...

Justru lu yang short minded?
Bagian mana yang ada hubungannya dengan Tuhan?
Jelaskan secara logis please?
Jangan bilang lu cume termakan JUDULNYA doang
Please don't judge anything based the tittle, open your mind people.

Keljrlkajrlka said...

So what ? Kalau terbatas and so what ?
Ada hubungannya kita?
Sekalipun terbatas memang tidak boleh berusaha?

Aduh, komen gk mutu
Tidak bisa melawan Tuhan?
MEMANG SIAPA YANG MAU MELAWANYA?
Tidak ada mas,
lu aja bego,
sekali baca judulnya partikel Tuhan, langsung di anggap ingin melawan Tuhan.

Please :) Next time di baca dulu artikelnya.
No one wants to fight with God, no one. No one could do it ^ ^ But its not the main TOPIC here

Keljrlkajrlka said...

baru gitu aja di bilang sombong :))
dasar

wevil said...

wow keren apa mungkin it yang jadi impian ilmuan

alone 'n alone said...

udahlah pada ribet" amat, urus aja agamanya masing"..

wong ilmuannya aja benci temuannya disebut partikel Tuhan, malah pada marah" ga jelas..ckck..itu mah lebay"an medianya aja ngasih judul, coba kalo judulnya bukan 'Partikel Tuhan' melainkan 'Partikel Higs' pasti pada males juga kan bacanya..boro" mau baca, dibuka juga kagatoh Tuhan itu ngak pernah menghalangi umatnya supaya lebih pinter dan menemukan hal" baru,biarin aja lah, itu urusan ilmuan, ga ada sangkut pautnya sama kehidupan beragama..

afia said...

Masya Allah,salut buat ilmuwan yang mencari asal usul bumi.keren....

Dripfeed said...

ini kan mesin cikal bakal mesin waktu

Doraemon said...

tlng jgn terpancing emosinya...jgn jadikan kesalahpahaman mlh menyebabkan SARA..lebih baik jgn membawa nama agama,,agar tdak ada yg tersinggung.tanggapilah dengan ilmu.sbnernya sampai saat ini ilmu yg mnjelaskan materi yg tidak bsa dilhat scra ksat mata sperti atom atau elektron itu keberadaan,bntuknya tidak diketahui pasti,,cma sebuah probabilitas atau sebatas perkiraan ilmuwan saja.jdikan pnemuan tsb hanya sbatas melengkapi penemuan sblumnya...

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

tuhan kan ghaib

Nadias Rush Bass said...

hadeeehhhh sista2, brada2, kita sesama manusia knapa bertengkar cm masalah sepele kyk gene, ini ga ada hubngannya SOAL AGAMA,, makana INDONESIA gampang REMUK, karena KEBODOHAN sebenarnya blm dituntaskan,, akibatnya kita MUDAH DIADU DOMBA, tur pikirane ora MAJU-MAJU,,

semuanya tergantung dr "POINT OF VIEW" masing2, dan jgn PROVOKASI SOAL AGAMA

Kembali ke TOPIK,, this is sains,, trus apa gunane mata pelajaran IPA (KIMIA, FISIKA, BIOLOGI),, Tujuanna pun utk MASA DEPAN MANUSIA YG LEBIH BAIK,, bersikap bijak dan dewasa berpikir,,

yg jelas TUHAN mencintai semua umatNya, tanpa memandang agamanya apa, suku bangsanya apa, rasnya apa, pekerjaannya apa, anaknya siapa,,

terimakasih teman, maturnuwun kanca, AMINNNN

Pencari Jati Diri said...

Monggo dibaca dengan seksama isi artikel secara lengkap dan menyeluruh. :)

"Lantas darimana datangnya julukan ini? Salah satu versi mengatakan julukan berasal dar buku pemenang nobel fisika asal AS, Leon M Lederman: "The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?"

Pencari Jati Diri said...

Monggo dibaca isi artikel dengan seksama secara lengkap dan menyeluruh. :)

"Lantas darimana datangnya julukan ini? Salah satu versi mengatakan julukan berasal dar buku pemenang nobel fisika asal AS, Leon M Lederman: "The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?"

Pencari Jati Diri said...

Monggo dibaca isi artikel dengan seksama secara lengkap dan menyeluruh. :)

"Lantas darimana datangnya julukan ini? Salah satu versi mengatakan julukan berasal dar buku pemenang nobel fisika asal AS, Leon M Lederman: "The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?"

Pencari Jati Diri said...

Monggo kepada teman-teman untuk membaca isi artikel secara lengkap dan menyeluruh. Pemberian istilah 'partikel tuhan' bukan semata-mata diberikan media, tetapi

"Lantas darimana datangnya julukan ini? Salah satu versi mengatakan julukan berasal dar buku pemenang nobel fisika asal AS, Leon M Lederman: "The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?"

Saji_atx said...

dah di bilang itu mah cuma cari sensasi doank....

Adiels mlsbgt said...

let's wait and see next

Anonymous said...

Katidaan j mbhas. .

Elli said...

sangat mencerahkan. pandangan seperti ini yg jarang dimiliki oleeh2 anak2 muda kita. kebanyakan terlalu cepat berkomentar dan tidak bisa membumikan Al Quran. Padahal Allah telah banyak menurunkan ayat2 Kauniyah.

Elli said...

lucu juga komenx MAS AL. jd teringat waktuq kelas empat SD.

Elli said...

wah sangat menceerahkan, thanks kak Michael

Pikaroo said...

iya,,, aneh-aneh beud ne orang. Sok Alim padahal gak tau maksudnya apa?? Mank Tuhan mana yang pernah ngelarang umatnya buat terus belajar dan memecahkan misteri dunia?? di kasih otak buat mikir, malah di sia-siain itu namanya Mubadjirrrrr......

Pikaroo said...

Mereka mau percaya Tuhan apa Enggak,, seenggaknya mereka dah berhasil mecahin misteri dengan bekal otak yang Tuhan kasih. gak tau deh yang cuma berdo'a dan Taffakur seolah-olah udah sayaaang Tuhan banget. Tau gak sih kalo Tuhan juga kesel sama orang bodoh ?? Jangan mundurin semangat orang buat maju deh... 

aku pernah baca di Al-Qur'an
"Dan mereka tidak akan mampu melewati langit kecuali dengan pengetahuan..."
Intinya gitu tapi ayatnya Lupa aku. Tuhan gak pernah ngelarang buat Kita tau tentang Jagat Raya kok.....

arsya said...

harus jadi pembaca cerdas ya..

ipenk memang sangat rengats said...

wew amazing

Hamba said...

Wallahualam

Melatul Khafidoh said...

dalam rangka apa ni?

sekalian aja maen disinetron indo para pencari tuhan

Jason Alexander said...

Amazing...

Septiaji Agung said...

wallahualam sajalah yang tau

(PENGETAHUAN
PINTARs BLOGWALKING)

zen said...

o ya semakin banyak pembuktian, smakin menegaskan bahwa TUHAN  itu ada dan hanya satu. maka, makin kuatlah iman kita.

tom123 said...

Loe kali sepinter manusia purba...
wakakakak...

Try You said...

tp tetplah tuhan hanya satu yg mnciptakn alam ini yaitu allah

Abieubur said...

mari alihkan permaslahan ini slain bicara agama...
kalo saya malah lebih memikirkan info yg akan dikeluarkan para saintis ini,, entah itu informasi positif atau negativ..
mslhnya,, kebanyakan informasi udah disunat dan disaring sebelum disebarluaskan kepada publik.. ada beberapa penguasa baik itu berbentuk negara, organisasi ataupun agama tertentu yang menyaring informasi tersebut..
saya akan sangat kecawa akan hal ini apabila benar terjadi,, karna sebuah kepentingan akhirnya informasi bisa diputarbalikan.. seperti banyak contoh kasus di negeri ini maupun diluar sana.. terlalu bnyak informasi yg telah disaring, sehigga publik dibuat diarahkan kekesimpulan tertentu..
tentu saja kerugiannya publik itu sendiri dan para saintis yang telah berjuang menemukan "sebuah kesimpulan"...
ini masalah serius, karna menyangkut informasi mengenai asal usul terbentuknya kehidupan bumi , kita perlu mengawasi informasi penting sejenis informasi diatas, karna sains adalah salah satu jalan kita menuju pembuktian sebuah kebenaran..

apa ada yg setuju dengan saya????

Rhema_mikuchan said...

hem
gitu aja dipermasalahin.......

nogeman said...

pengetahuan dan agama kagak bisa nyatu ... sampe matipun akan seperti itu...
org yg berdebat di atas itu org2 yg tidak tau apa2... :D
tipikal org indonesia...

Alexa_aldy said...

belajar menghargai

mata said...

kesombongan manusia?

lebih tepat buat anda keirihatian manusia..

tuhan? said...

yaudah bertasbih aja sono,.. gausah pake barang teknologi,.. semua bentuk teknologi pada intinya apa yang kamu bilang "kesombongan manusia" lo,..

mamam said...

terus? yaudah..

Anonymous said...

Bodoh banget lu semua.. Apa'' di buat agama lah ,nyalahin agama lah.....
Para ilmuwan tuh cuma orang'' pintar yang keingintahuannya sangat besar.. Makanya mereka nyari apa itu partikel higs... Dan SAMA SEKALI GAK ADA HUBUNGANNYA AMA AGAMA.

sahasok said...

Emang tuhan tu ada?

Whietdewlife said...

perut bumi bisa bolong t .. d tmbus m alat bgtuan

Fatih Fradai said...

salah mengartikan..!

Putu Sanpala said...

No PLTN !!
Ingat Kejadian Cherynobyl di Russia

kelekmambu said...

hahaha pada ribut sendiri, gaada kerjaan lain apa? koplak

Wow said...

wow, jangan2 kita hidup di dalam percobaan seperti itu ya. haha

Bl4ck said...

 Terima kasih, keterangan tambahannya :) Sangat mencerahkan

FiqihGakNgawuer said...

Pertamax'92 diamankan....

Salma Jodiyosa said...

ud ah pada baca novel.a Dan Brown blum??? di situ nyebutin kalo itu bukan PARTIKEL TUHAN
yg d jelasin itutuh suatu zat maha kuat yang dipenuhi energi yg besar! orang" d sana pada nyebut PARTIKEL TUHAN karna gk ada zat yg tertandingi. ndak usah d lebih" kn deeehhh.. baca dulu novel.a atuuh -___-"

Adi Junaidi77 said...

hooh....????

Raudatul Jannah98 said...

Allah yang menciptakan langit dan bumi,,,Dan Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu..
Apakah manusia tidak bersyukurr atas semua yang Allah anugerahkan....

Diet Sehat said...

Nggak ada tu partikel tuhan.. bener... 

iler said...

gk ada yg tau partikel Tuhan. yg tau kutanya. Tuhan itu siapa ?
dan apa yg dilakukannya sehari-hari
jelas membaca firman Allah/Tuhan

manusia_biasa said...

 wah, mending baca buku ilmiah, terus berinovasi guna kemajuan teknologi demi manfaat dan kebaikan manusia, dari pada baca AlQuran, terus malah membuat kita membenci sesama manusia, atas nama "KAFIR". Lebih baik jadi atheis dari pada punya Tuhan yang ngajarin ngebunuh!!

Joko_Joki_warna-warni said...

 Setuju dah, jelas2 ilmuwan ga mau partikel tsb dinamai partikel tuhan, media dan orang2 aja yang berlebihan. Yang kerja siapa, yang sewot siapa. kebanyakan yang komen sok religius bgt! 

orang bego sebego-begonya said...

 yang komen gak mutu, jelas begonya. sukanya usilin kerjaan orang lain. toh ilmuwan itu sama kaya pekerjaan lainn, bedanya mereka meneliti, mempelajari seluk beluk terciptanya kehidupan. ini bagus, jika mereka berhasil berarti perjuangan mereka selama ini tidak sia2. dan pastinya menambah ilmu pengetahuan alam yang selama ini masih menjadi misteri secara "ilmiah". ku liat2, yang kasih komentar ngawur kayaknya cuma baca judul aja, ga baca isinya.. untung artikel diatas bukan pake  bahasa arab, kalo iya, mungkin aku juga akan terlihat bego, dengan asal kasih komen tanpa tau isi artikelnya. piss. :p

bwt orang bego : Berkah Dalem. :   )

Agixcb_bikers said...

 jadi keinget jaman kelas 1 SD. dulu pemikiran ku juga sama seperti mas AlGebra. tapi untungnya sekarang aku dah tobat! wkwkwk 

Agixcb_bikers said...

 kaga nyambung masbroo.. wkakak!!!! ni bukan media dakwah, tapi sekedar wawasan pengetahuan alam, bukan agama! payah nih...

Agixcb_bikers said...

 komen seperti ini nih yang ditunggu-tunggu. gak asal nyablak aja. apalagi pake dakwah quran segala.. payah. BTW thanks masbro Michael.

Saintmamo said...

 menurut ku iya, apalagi mereka meneliti ini sudah cukup lama;


"Partikel Higgs bosonini menjadi mimpi setiap ilmuwan yang tertarik
memetakan masalah asal usul alam semesta dan kehidupan. Ditemukan pada
dekade 1960-an oleh ilmuwan Inggros Peter Higgs. Partikel ini adalah
cara kerja bagaimana sebuah objek memperoleh massa pasca tumbukkan besar
alam semesta yang dikenal lewat teori Big Bang."  Biaya nya pun tak murah juga, pastilah menjadi keberhasilan besar bagi mereka. Semoga saja segera didapat hasil yang baik.

Agixcb_bikers said...

 Tuhan emang satu bro, tapi menurut ku Dia bukan zat.

Putridevianita said...

 apakah manusia hanya membaca sekilas lantas berani menyimpulkan? apakah manusia tidak bersyukur dan menggunakan mata untuk membaca dan melihat jelas?? apakah seorang ilmuwan itu menurut agamamu suatu pekerjaan yang haram?   

justru bagiku, bersyukur yang benar  itu ialah  dengan cara memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang diberi oleh Tuhan. otak ya buat berfikir, dan meneliti,termasuk juga untuk memahami bacaan diatas dengan jelas... lantas baru berkomentar.

Putridevianita said...

 lebih tepatnya, sudah sombong, iri, bodoh lagi!!   Baca aja cuma judul, belagu mau komentar. wuu...

Putridevianita said...

 oh tuhan yang zat itu ya... mmh anu... mmh, kalo boleh tau, zat apa yah???

Putridevianita said...

 wkwkwkwk... udah diteliti blom, allah itu zat apa?? penasaran sama novel "partikel tuhan" nyari bukunya dimana yaaa??

tA said...

Setubuh Kang...
Eh husss... salah....
Setuju...!!!

Tino Guantanamo said...

 terlepas dari julukan entah apa namanya yang pasti mereka berbuat untuk pembuktian...ilmiah

Diancok said...

wow hebat......manusia mampu meneliti partikel higgs,......hebat. gak sia-sia tuhan ngasih otak, hehehe,....cuman ane yang kagak terima kok disebut partikel tuhan.

Tyu7898 said...

wah parah ni,........kalo pemuka agama gak terima silahkan dihajar tu ilmuwan jangan banyak bacot disini, banyak bacot disini cement lo.....kalo yang mbela orang kafir mati saja sana loh ... keneraka,......sebuah tulisan aja kok diributin. sama halnya dengan setan semua.

Cinta673 said...

Gg banget gt dehk!!!! Nanya tuhan itu siapa? Ya jelas dia/ allah adalah pencipta kita

Novrida said...

rugi aja tiap hari baca buku ilmiah,, kalo pada akhirnya,, kalian cuman di jadiin kayu bakar buat api neraka nanti.. :D

tukangparkir said...

Bagi mereka yg cuma baca 1 artikel ini saja tlg jgn menghakimi coba cari referensi lain,this is science,jangan terjebak dalam kesesatan argumentum ad ignoratiam

Post a Comment