Mengapa Tubuh Kita Ditumbuhi Rambut?

Rambut tubuh tampaknya tidak berguna bagi manusia modern saat ini. Namun rambut itu ternyata dapat membantu kita mendeteksi parasit.

Peneliti bahkan menduga perempuan purba yang menjadi nenek moyang manusia ada kemungkinan lebih menyukai pria yang rambut tubuhnya lebih tebal, karena bebas kutu dan parasit.

Jika dibandingkan dengan kera, yang menjadi kerabat terdekat manusia, rambut tubuh kita memang terlihat jauh lebih sedikit. Tapi kerapatan folikel rambut di kulit kita sebenarnya sama banyaknya dengan kera sebesar manusia.

http://yepiye.files.wordpress.com/2011/11/hairy_arm_12.jpg?w=600

Rambut halus yang menutupi tubuh kita diduga merupakan ciri yang tersisa dari proses evolusi nenek moyang manusia yang tubuhnya rapat ditumbuhi bulu.

Kini peneliti menemukan bahwa rambut halus ini ternyata sangat berguna, terutama dalam mendeteksi adanya kutu busuk.

"Saya memimpin sebuah kelompok riset yang mencoba memahami biologi serangga pengisap darah," kata Michael Siva-Jothy, ahli ekologi evolusi di University of Sheffield di Inggris.

"Kami ingin menemukan cara mengendalikan serangga ini secara efektif dan mencegah penularan penyakit yang disebarkan serangga itu."

Para peneliti merekrut 29 mahasiswa lewat Facebook dan mencukur rambut salah satu lengan mereka. Peneliti mengetes berapa lama para mahasiswa itu mendeteksi kutu busuk yang diletakkan di tiap lengan dan berapa lama parasit tersebut menemukan lokasi terbaik untuk makan.

Riset itu menemukan bahwa rambut tubuh membantu orang mendeteksi keberadaan kutu busuk. Keberadaan kutu pada tangan yang ditumbuhi rambut jauh lebih cepat diketahui ketimbang pada lengan "gundul", karena rambut berfungsi sebagai detektor gerak. Rambut juga memperlambat gerakan parasit untuk menemukan lokasi
makan.

Pria jauh lebih cepat mendeteksi parasit itu ketimbang perempuan karena rambut tubuh pria lebih lebat berkat tingginya kadar testosteron mereka.

Namun bukan berarti perempuan lebih sering digigit. Sebab, kutu busuk biasanya lebih suka menggigit di pergelangan kaki, yang jarang ditumbuhi rambut.

Sumber :
tempo.co
Posted by radhite

13 comments:

Xlions Gustian Agus said...

pertamax

yoga pratama said...

kalo yang di kelamin ?

Fahmi Radityamurti said...

Hmm, rambut selain itu untuk nilai estetika tersendiri, terutama kaum Adam hehe
Btw, itu gambar cewek dengan rambut tangan yang lumayan banyak?

Micha said...

Bagus nih

kalo banyak rambut pasti gak bakal digigit nyamukwkwkwkwkwkwk

ocang curut said...

Gue merasa aneh burung gue kok tumbuh rambut,kn tumbuh bulu dan sayap wkwkwkwkwkw

Itsukialvin said...

tu berarti kecil kemungkinan kena DBD orgnya

Itsukialvin said...

hmmmm.....
klo info ne tersebar luas, BARBER SHOP ga bakalan laku...hhe

oranghebat said...

jangan kasih tau siapa siapa kalo gitu

haris widodo said...

This blog discusses about
various tips for students,
and this blog contains
things that you do not
know and you should know!
Visit this link
www.haris-widodo.blogspot.com

udzumakininja said...

ass,,Sobat..
wah infonya keren banget....
top dah buat ne blog..
FOLLOW BACK DONK GAN,,,
ane dah follow blog ini...
semoga sukses terus ya sobat.
thanks,,

NB : JANGAN LUPA FOLLOW BACK YA SOBAT...
http://ranggasmansa.blogspot.com/
 

Niea_yusuf said...

masih mendix deeh ditumbuhi rambut..dr pd tumbuh duri..jd manusia landak deeh..

Poellndabruzz said...

hemmp ko' gad d'sebutin bulu 'an jah cii hehe.. .

model busana muslim said...

mungkin turun temurun dari nenek moyang kita kali ya he..he..he..

Post a Comment