Kenapa Jatuh Cinta Bikin Orang Tidak Nafsu Makan?

Saat jatuh cinta maka berbagai perasaan bercampur jadi satu sehingga dikenal dengan istilah berjuta rasanya. Salah satu hal yang dirasakan orang saat jatuh cinta adalah tidak nafsu makan, kenapa begitu?

Ketika sedang merasakan jatuh cita, seseorang akan mengalami perubahan kondisi hormonal yang membuat suasana hatinya bergejolak tidak karuan. Tidak hanya dari fluktuasi suasana hati, perubahan hormonal ini juga bisa diamati dari kondisi fisik.

http://www.lienaaifen.com/uploads/2011/08/tidak-nafsu-makan-ini-penyebabnya.jpg

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa pusat kesenangan di otak akan menyala ketika seseorang sedang jatuh cinta sehingga membuat orang seperti mabuk kepayang dan memiliki kegembiraan.

Ahli saraf menjelaskan orang yang tengah dimabuk asmara ini akan mengaktifkan bagian otak yang memicu terjadinya pelepasan hormon dopamin, feromon, norepinefrin atau adrenalin dan juga serotonin.

Zat kimia yang dilepaskan oleh tubuh akan akan membuat seseorang merasa sangat gembira, denyut jantung meningkat, sulit tidur dan yang pasti tidak nafsu makan, seperti dikutip dari MedIndia.

Selain itu ketika sedang jatuh cinta maka seseorang akan memikirkan orang lain yang dicintainya sehingga membuat seseorang terasa sulit menelan makanan yang membuatnya jadi tidak nafsu makan.

Meski begitu orang yang jatuh cinta tidak kekurangan energi meski ia tidak nafsu makan karena tubuh berada dalam taraf energi yang tinggi akibat pelepasan dopamin dan zat kimia lain. Tingkat energi yang tinggi ini juga membuat orang jadi sulit tidur dan selalu memikirkan orang yang dicintainya.

Reaksi-reaksi yang terjadi di tubuh ketika sedang jatuh cinta ini bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik, membuat tubuh lebih waspada serta memudahkan terjalinnya kedekatan emosi dengan orang lain.

Sementara itu efek lain yang muncul di tubuh ketika seseorang sedang jatuh cinta adalah adanya perasaan tergila-gila, mabuk kepayang, kreatif dan gembira yang memberi efek positif.

Tapi efek positif ini akan menjadi tidak sehat dan berbahaya ketika jatuh cinta berubah menjadi obsesi atau sangat ketergantungan dengan perasaan sehingga timbul rasa tidak bisa hidup tanpa seseorang.

Sumber :
detikhealth.com
Posted by radhite

29 comments:

Diazo Nyctophilia said...

jatuh cinta memang banyak rasa ^^

Fahmi Radityamurti said...

Belom pernah ngerasain jatuh cinta neh =w=

cacuii said...

bahh, BODOH itu mah b'arti !!

Salsabila2805 said...

alhamdulilah aku banyak bulu, ngga jadi di wax aja 

Tamandewi.blogspot.com said...

ternyata begitu ya

tutus said...

wew.. kalo buat anak kos macam saya mending jatuh cinta tiap hari ya? irit uang. hehehe

he he he said...

bulu + jatuh cinta = ?????????

Luvzie said...

haha...ini lucu...^_______^

Wew said...

Apa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??????

Apakah ini yang terjadi sama saya selama ini?????
Tapi kok masih nafsu makan ya??? Hanya perkecualian nih

Rizal McCartney said...

hahahaha buat semua

Eldin Yudisthira said...

Jatuh cinta = putus cinta
Efeknya sama2 tidak enak makan, pertanyaannya: apakah hormon yg dikeluarkan pd saat putus cinta sama dengan hormon pd saat jatuh cinta :)

Admin said...

Yang Penting Hepi :D

ocang curut said...

saya  C.I.N.T.A = CUMA INGIN NIKMATI TUBUH ANDA

itsukialvin said...

co cweeet....

WKWKWKWKWKWK said...

Mencurigakan...

oranghebat said...

yang namanya lapar(hampir mati kelaperan) mau jatuh cinta mau gak tetep aja pasti makan

Luiz Sevenfoldism Madridista said...

oh gitu yah.
jadi jgn terlalu obsesi sama seseorang...
okee bagus banget infonya..

PDJ said...

cuma hati2 aja kalo jatuh cinta,,mudah2an sama orang yg tepat..

Itsukialvin said...

Bisa pesen rasa strawberry ga ya??
hheheheh...

Cah_laju said...

cinta itu...???

Fajrul1996 said...

temen gw jatuh cinta makin doyan makan

Niea_yusuf said...

ya kl jatuh cnta ma orng yg cnt jg asyik buanget..tp kl nda.. ya makan hati deeh..kaasiiaan...

Erliyana said...

hehehe,,,,setuju bgt tuh...

Pandjie Painheart said...

pesen yang rasa melon gan..

Diana Kartika said...

cinta memang penuh dengan rasa yang tidak bisa di ungkapkan tetapi hanya bisa di rasakan setiap orang ! ! ! ! :) :) :)

masadepan? said...

iya tu ku stju bnget klo pas gi jtuh cnta bnyak hrmon yg kluar trmsuk kntut . . .

Rere said...

cinta suci luar biasa, fitrah bagi manusia, kasih sayang dari Sang Pencipta :)

Smaulanashk13 said...

jtuhhhhhhhhhh cinta lgi dan lagi,,,

hahhahaha...

Abed Saragih said...

Karena cinta itu adalah hal segalanya :)

Post a Comment