Benarkah Bangsa Maya Tak Ramalkan Kiamat 2012?

Apakah Anda termasuk orang yang khawatir akhir zaman akan tiba pada Desember 2012? Tenang saja, sejumlah pakar kebudayaan Maya menyatakan bahwa ramalan itu tidak ada.

Para pakar ini ingin meluruskan anggapan dan keyakinan bahwa bangsa Maya kuno telah meramalkan dunia akan kiamat pada akhir tahun depan.

http://image.tempointeraktif.com/?id=75958&width=475

Kalendar Maya hanya menandai akhir siklus 5.126 tahun sekitar 12 Desember 2012, yang akan membawa kembalinya Bolon Yokte, dewa Maya yang diasosiasikan dengan perang dan penciptaan.

Seniman sekaligus penulis, Jose Arguelles, adalah orang yang pertama kali melontarkan gagasan kiamat berdasarkan kalendar Maya. Namun pertemuan para pakar di kota Maya kuno di Meksiko Selatan menyatakan kalendar itu hanyalah pertanda berakhirnya satu periode penciptaan dan awal periode yang lain.

"Kami harus menjelaskan soal itu. Tak ada ramalan tentang 2012," kata Erik Velasquez, seorang pakar etsa di National Autonomous University of Mexico (UNAM). "Itu penafsiran yang keliru."

Institut Sejarah Antropologi Nasional di Meksiko telah mencoba memadamkan maraknya para peramal yang memprediksi datangnya kiamat berdasarkan penanggalan Maya. "Pemikiran orang Barat telah memutarbalikkan pandangan dunia tentang peradaban kuno seperti bangsa Maya," kata institut tersebut.

Dalam penanggalan Maya, penghitungan kalender panjang dimulai pada 3.114 SM dan dibagi ke dalam periode 394 tahunan yang disebut Baktun. Bangsa Maya menganggap 13 sebagai angka keramat dan Baktun ke-13 berakhir tahun depan.

Sven Gronemeyer, peneliti kode Maya dari La Trobe University di Australia, yang mencoba mengungkap makna penanggalan itu, menganggap apa yang disebut sebagai hari terakhir merefleksikan sebuah transisi dari satu era ke era berikutnya, yaitu kembalinya Bolon Yokte.

"Karena Bolon Yokte sudah pernah hadir pada hari penciptaan, tampaknya wajar saja bagi bangsa Maya bila Bolon Yokte akan datang lagi," ujarnya.

Institut itu menyatakan, dari sekitar 15.000 naskah glyphic resmi yang ditemukan di berbagai daerah yang sebelumnya merupakan kerajaan Maya, hanya dua yang menyinggung soal 2012.

"Bangsa Maya tidak memikirkan masalah kemanusiaan, pemanasan global, atau memprediksi kutub akan berfusi menjadi satu," kata Alfonso Ladena, dosen dari Complutense University of Madrid. "Kitalah yang memproyeksikan kekhawatiran kita pada mereka."

Sumber :
tempo.co
Posted by radhite

38 comments:

Teguh Bara said...

semoga pertamax..
maafkan yang anti-pertamax

Teguh Bara said...

ehehehehe

nyantaiaja said...

yaah, brrti g jadi ya?!
wah, lw gt, g jadi packing dah,,,,,,,,

Anonymous said...

Bego yg percaya

lionel lesmana said...

tak jadi kiamat

alone busted said...

 mau kiamat or ngak nantinya juga kita semua pasti mati kan?
jalanin aja hidup, sambil inget" dosa juga pastinya..

Danu Dirjo said...

apakah Bolon Yokte itu Dajjal?
Naudzubillah

Fahmi Radityamurti said...

Semua kembali ke orangnya, besok atau bahkan detik ini pun bisa juga dijemput ajal

IGIN SUHENDRA said...

gk da yg harus dipercaya.... kita hanya harus percaya sama Allah SWT... kiamat itu pasti ada, kpn terjadi?? tdk seorng pun tau...hanya Allah SWT yg tahu dan yang berkehendak...

Luvzie said...

kiamatnya ditunda....hehehe...

Anha Pratiwi said...

gak ada yg tau kiamat kapan datang kecuali ALLAH SWT.para rasulnya saa gak tahu kapa akhir zaman

Y**U** said...

Awas aja sampe Desember 2012 nggak kiamat,,, pasti malu banget itu.....hahahaha......

Ikmal Edi Nugraha said...

wah kabar baik ,soalnya banyak orang sok tahu tentang kapan hari kiamat akan tiba.yang tahu hari kiamat itu cuma Allah ...............

Kebotakan pada Pria said...

Ah, ini sih banyak scamnya. Mana ada sih yang bisa ramal kiamat? ada ada saja....

Roestujugapotra said...

kiamat tuh yg tau cma  allah SWT kalo lo2 pade percaya ama ramalan dah syirik tuh.............

Takiyagunawan said...

eeeeeeeeeee bangse maye ape melepm, nden arak dengan taon piran yak kiamat. marak dengan penter bae....  
lamonm yak ngeramal, ramalan dikm juluk piram yak mate, aok.....

Zapoetra_cute said...

ngantuk ah mikirin kiamat,, meendingan mikirin dosa , benerin jalan hidup,,and TOBAT woyyyyy

Zahriefirdy said...

setuju gue klo lo percaya berarti loe syrik

Cl0r0flas said...

KIAMAT !!!
hbat ya da org yg bsa ngrmal kiamat . . .
hbat bngt, klo dya bsa ngrmal kiamat knpa ku gx tkut ya ma rmlan tu . . .
yg ku prcya hnya ALLOH yg tw kiamat n skrng bnrin ja tu jlan hdup . . .

037114 said...

no coment

Itsukialvin said...

ga ada itu!!
tapi yg namanya KI AMAT kan pasti dteng,
baiknya kta smua siep" aje

Arum Kristiasih said...

banyak tawakal,tingkatkan iman....

Sofyan Ian said...

KIAMAT.....? AH...!!! MITOS......!!!!!    tak kan ada hari kiamat...karena alam semesta akan meregenerasi ke bentuk nya yg lain.... tidak ada kehancuran total di muka bumi ini...dulu kitab suci pernah menceritakan prahara besar misalnya ;banjir...,gempa bumi...dll  tapi ternyata alam semesta ini masih tetap eksis sampai kini...justru pada zaman terbentuk nya alam semesta banyak sekali bencana alam yg dahsyat..! dan sekarang di zaman (abad) ini alam semesta tdk lg terjadi bencana yg sangat dahsyat..hanya di salah satu wilayah saja namun dampak nya tdk terlalu besar bagi kehidupan manusia di permukaan bumi yg lain dan itu juga membuktikan pada saya utk selalu mengerti bahwa alam semesta selalu berkembang dan menantang utk terus di gali 'rahasia' di balik kejadian tsb...hukum alam harus terus di gali dan dipelajari...!!!

Janma Pare said...

Aku dan www.kngcatering.com udah berjaya pada saat itu (12-12-2012)

Janma Pare said...

aku dan www.kngcatering.com udah berjaya pada saat itu (12-12-2012)

Janma Pare said...

pastinya aku udah berjaya bersama KNG Catering pada saat itu

Sariw66 said...

Ketahuan orang barat ternyata ahmat takut kiamat habisnya kan banyak negara berkembang yang belum nyaur utang, terbukti lam ciptaan Alloh tak kuasa mereka sibak.

Denny Vanhouten said...

kiamat cuman ALLAH SWT yang nentuin .

jangan ngedahuluin kehendak ALLAH deh

safrio__soekamti said...

saya jadi kasihan sama produser film "2012" ..
gak jadi kiamat ...

Exo_ix said...

9-9-1999 katanya kiamat?
10-10-2010 kiamat jg?
11-11-2011 kiamat lg?
12-12-2012 lagi-lagi kiamat?
ntar pasti 13-13-2013 ada kiamat lanjutan lag.. 

Thehiro78 said...

aku cinta kiamat.

Ki Amat said...

apaan sih nyebut nyebut nama gue??? gak banget deh..

goen said...

kiamat pasti datang, tapi tak satu manusiapun yang tahu bila waktu itu kan tiba... apalagi saat ini berpedoman kepada kalender Masehi yang pasti belum tentu benar seperti apa yang digariskan Tuhan YME, krn dalam kalender Masehi sendiri banyak ketidak sesuaian, misalnya Oktober seharusnya bulan ke delapan (saat ini bulan ke sepuluh), Desember seharusnya bulan kesepuluh (saat ini bulan keduabelas) padahal seharusnya bulan keduabelas adalah Februari dimana pada bulan itu merupakan sisa hari dalam 1 tahun sehingga tidak penuh 30 hari dalam satu bulannya...
 

Dekatiwi said...

Ga bener itu Kiamat 2012!!kiamat tu kan yang menentuka itu Allah YME,

Dyana de'beumont said...

apa pun yg trjdi.......
Allahualam...............

ABDULLAH said...

siapa yang bilang kiamat mitos???? coba antum baca al-quran antum baca artinya resapi artinya!!!! antum bilang bumi akan baik-baik aja????? jangan ngelawak deh!!! kalau antum orang islam antum harus meyakini akan terjadinya kiamat! meskipun mungkin sekarang, besok, atau beribu-ribu tahun kemudian...ok.......tanda-tandanya udah jelas koq....and pesan ane jangan sembarangan ngomong!!! inget kiamat gak kiamat ente.ane,and semua makhluk hidup bakalan meninggal and antum fikirin bagaima nasib antum setelah itu dalam al-quran disebutkan"kullu nafsinn dzaiqotul mautt" and tafakuru sa"atan khoirulaka min ibadati sittina sanah" berfikir sejenak lebih baik dari pada ibadah 60 thun

DitAnindyah_KU said...

Ampun dah gueh! Masa sih, di jaman yg udah segini canggihnya, udah segini modern-nya.., masih aja ada yg bilang kiamat itu terjadinya di tgl 12.12.2012.. Hadooh! Ga banget! Yang bilang kalo kiamat tahun ini bener terjadi, itu pasti orang yang musyrik!! Menyekutukan Allah Swt. Coba deh, elu elu pade pikirin dosa elu! Masih numpuk kan? Makanya jangan mau kiamat cepet2 terjadi! Lagian aneh juga ya, Orang kan ga mau cepet2 mati, eh ini kok malah ngomongin kiamat! Berarti elu pade mau cepet mati, tanpa memperbaiki kesalahan elu elu pade. Tapi, ya balik lagi ke diri masing2 ya.. Kalo emang percaya, ga papa. Kalo ga percaya juga lebih bagus..

celli said...

aduh seneng bgt y tgl lhr gw byk org pd ngomongin....enak bikin acara apa y??hahaha
KIAMAT HANYA ALLAH YG TAU

Post a Comment