Senyawa Pembunuh Virus HIV Ditemukan

Zhilei Chen, asisten profesor di A&M University di Texas yang berkolaborasi dengan Scripps Research Institute, menghasilkan penelitian besar dengan menemukan senyawa PD 404,182 yang bisa membunuh virus HIV, penyebab AIDS.

Penemuannya dipublikasikan di jurnal American Society of Microbiology bulan ini. "Ini adalah senyawa kecil bersifat virusidal, artinya punya kemampuan membunuh virus, dalam hal ini adalah HIV. Pada dasarnya, virus ini bekerja dengan membuka virus," kata Chen seperti dikutip Medical Xpress.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/25/1748502620X310.jpg

"Kami menemukan ketika HIV kontak dengan senyawa ini, virus itu rusak dan kehilangan material genetik. Dalam hal ini, virus 'terlarut' dan RNA-nya (material genetik HIV) terpapar. Karena RNA tak stabil, sekali terpapar akan hilang dengan cepat dan virus tak bisa menginfeksi," tambah Chen.

Hal yang lebih mengejutkan, senyawa ini bekerja langsung menyerang bagian dalam virus, bukan protein pada bagian dinding kapsulnya. Ini kabar bagus sebab dengan demikian, virus sulit untuk berevolusi mengembangkan resistensi.

Penemuan bahwa senyawa ini bisa membunuh virus HIV sebenarnya tak sengaja. Mulanya, Chen hendak menguji keefektifan PD 404,182 untuk melawan virus Hepatitis C. Tapi setelah mencobanya pada HIV, ternyata senyawa itu bekerja lebih efektif.

Dengan penemuan ini, Chen yakin bahwa senyawa tersebut bisa dikembangkan untuk upaya preventif, misalnya dalam bentuk gel vagina yang berguna mencegah infeksi HIV lewat hubungan seksual. Chen membuktikan bahwa ketika kontak dengan cairan vagina, senyawa ini akan tetap efektif.

Karena menyerang bagian dalam kapsul virus, bukan membrannya, Chen juga yakin senyawa ini aman dipakai manusia.

Mayoritas senyawa virusidal bekerja pada membran luar kapsul virus yang karakteristiknya hampir serupa dengan membran sel manusia sehingga bisa merusak.

Sumber :
kompas.com
Posted by radhite

47 comments:

Hyoo said...

Waw!
Is it real for sure? :O

Siisit Maesaroh said...

semoga bisa mengobati HIV, tapi bukan untuk menghalalkan seks bebas.

Fahmi Radityamurti said...

Ada link jurnalnya nggak? Boleh tuh buat bahan skripsi ane =w=b

artis papan atas said...

saya tidak tahu ini kabar baik atau kabar tidak baik...????????????

Masyola Gusta said...

namanya penyembuh penyakit pasti kabar baik

Laciel Akhasa said...

berarti hanya bisa d gunakan wanita...

artis papan atas said...

adakah yg mengerti dgn apa yg kumaksud..????

Egie said...

Kabar baik ada harapan menyembuhkan pengidap hiv, kbr buruk ada harapan seks bebas merajalela.

Setiawan21 said...

tergantung siapa yg menggunakan.....klo maksudnya baik...hasilnya pasti baik....tp klo maksudnya buruk .....hasilnya juga buruk.....begitulah manusia.....

brandal_cyber said...

ya, kalau menurut saya emng kabar baik....
tp, di sisi lain pasti da segi buruknya juga...

Laciel Akhasa said...

ada baik dan buruknya...
allah memang adil ya...

ghuf ron said...

sekali dayung tiga pulau terlampaui

ghuf ron said...

kebaikan yng di jadikan kesempatan untuk maksiat, lebih ke sekali dayung dua pulau terlampaui

Fajrul1996 said...

jadi bisa di bilang obat AIDS ?

rina said...

aku ngerti kooook, pasti mikirnya kalo virus HIV bisa d sembuhkanan, maka akan bnyk org bebas berbuat maksiat karna dianggepnya virus ini dapat disembuhkan, dan tdk membuat org2 mnjd jera, tapi kalo ingat firman Allah bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, hal ini tdk bisa dipungkiri. Yaah kita hanya bisa menghela nafas, Hanya  Allah yg mampu berkehendak.

rina said...

yaiyalah, HIV kan hanya nama virusnya

Geztu Sasori said...

Wah Journalnya dimana tuh....bagus buat referensi PKM,,,,,,

karena ini benar2 berita yang sangat menggembirakan virus HIV bisa dimusnahkan,,,
wlpun nantinya akan muncul virus baru yang lebih mematikan dari HIV dan tingkat kematiannya akan meningkat drastis karena Penyakit baru tersebut yang bisa membunuh orang dalam hitungan detik, menit bahkan jam.

GeZtu said...

Wah Journalnya dimana tuh....bagus buat referensi PKM,,,,,,

karena ini benar2 berita yang sangat menggembirakan virus HIV bisa dimusnahkan,,,
wlpun nantinya akan muncul virus baru yang lebih mematikan dari HIV dan tingkat kematiannya akan meningkat drastis karena Penyakit baru tersebut yang bisa membunuh orang dalam hitungan detik, menit bahkan jam.

Anonymous said...

Mantap gan, untk ngobatin krban HIV nular aja, jgn sex bebas

irawan said...

Wah Journalnya dimana tuh....bagus buat referensi PKM,,,,,,

karena ini benar2 berita yang sangat menggembirakan virus HIV bisa dimusnahkan,,,
wlpun nantinya akan muncul virus baru yang lebih mematikan dari HIV dan tingkat kematiannya akan meningkat drastis karena Penyakit baru tersebut yang bisa membunuh orang dalam hitungan detik, menit bahkan jam.

Sundeng_corey said...

dan dgan dtemukan tu obt membuat org lbh leluasa dgan free sex..sharusna qt mkir ngpa Allah SWT nyiptain tu virus byar org2 pda mkir knp free sex g dbolehin...

Mengatasi rambut rontok said...

Hebat.... dalam jangka waktu yang tidak lama, akan sudah pasti ada obatnya untuk HIV. Teknologi pasti bisa mengatasi dan menemukan hal ini.....

Dede dichario said...

semoga kabar baik ini dapat menolong semua saudara2 kita yang sekarang telah terserang virus jahat HIV....

Dede dichario said...

mngkin TYME mau mengampuni itu

Anonymous said...

jangan ngobatin orang yg emang sengaja ngelakuin, salah sendiri itu mah..

Ikmal Edi Nugraha said...

wah wah wahhh jangan dibikin mumet lah kaloo ada obatnya bagus tapi kalo masalah sex bebas itu sih pada diri kita masing" aja ....

Sdgfs said...

seneng donk bagi orang gila sex

maceboy said...

kalo sudah kena HIV atau ada saudara yg terkena penyakit itu, baru deh nggak ngomong yg bukan2...kemajuan terbesar kl hal ini bukan hoax...ngeseks bukan perbuatan maksiat...manusiawi bangetttt

nurul ghaida tsani wiratami said...

 semoga ada manfaatnya dan jauh dari kemudharatan.. :)

Niea_yusuf said...

alhamdulillah yaa..

Kakange Adiku said...

memangnya penyakit menular sexsual cuma HIV doang, masih banyak juga kali....

anti free sex said...

ya iyalah pastinya ..tuh kayak orang dibawah gwe mungkin lagi jingkrak-jingkrak kegirangan dia...hahahahahaha...iya kan maceboy

Mynameis Ozot said...

ini sangat baik, karena virus HIV bukan hanya menyerang mereka yang melakukan sex bebas :)

NT4 said...

Jangan bilang kalau ditemukannya obat HIV kita langsung bilang orang yang suka seks bebas bisa 'lega hati' karena penyakit menular seks gak hanya HIV aja, dan HIV itu menyerang siapa saja, bahkan orang yang tidak melakukan seks bebas. Bepikir positif aja, dengan demikian Insyaallah orang yang terkena HIV bisa sembuh, sedangkan orang yang suka melakukan seks bebas, biarlah Allah yang menentukan 'sakitnya' di alam kubur :)

Itsukialvin said...

whoooaaah
Ni kabar baik dan buruk ni...

pelancongapakabardunia said...

bukannya tokek bisa nyembuhin HIV ya??Mungkin Mitos..

Mungkin para dokter harus menanyakan pasiennya untuk menggunakan obat ini..takutnya disalah gunakan.

Buaygunung said...

yah... gak bisa disalahn juga.... toh Allah juga yg mengijinkan untuk senyawa ini ditemukan.....

Buaygunung said...

mungkin bukan obat, tapi pencegah........

'Rahmat Khan Akbar Sikumbang- said...

 Penyakit AIDS bukan hanya disebabkan hubungan seksual, tapi dari penyalahgunaan jarum bekas atau ketidaksengajaan dalam transfusi darah, jadi penemuan ini sangat penting, karena orang2 yang terkena AIDS masih memiliki kesempatan untuk hidup

Xiipaiisugianto said...

yaaaaaa,,,,,,
bagus juga,,!!!
tapi juga kurang baik,,,!!!
allah selalu memperhatikan orang-orang yang selalu memperhatikannya........

Atmi24 said...

sungguh penemuan yang hebat

bonsai said...

good news ...:)

adin said...

share terus biar keluar di tv swasta biar secepatnya obatnya di kirim gratis ke penderita >>>jangan cuman sekedar berita>>>>>>>ayo bantu share kasian yg kena

Lhyttasupriyadi said...

semoga efektif obatnya efektif juga penggunaannya

Mansah said...

patut di acungi jempol , mudah2n penemuan ini bermanfaat bagi manusia ke depanya

Witra Kadino said...

It's amazing
 

ivon said...

banyak juga orang yang tidak melakukan sex bebas dan narkoba terkena hiv, mereka ibu2 rt yang setia terhadap suami dan anak2 yang tak bersalah. jadi tidak semua dgn hiv itu kotor. semoga tuhan memberikan pencerahan untuk menolong mereka.

Post a Comment