Mengapa Kita Butuh Mimpi Dalam Tidur?

Orang mengatakan waktu dapat menyembuhkan semua luka. Itu ternyata ada benarnya. Riset terbaru dari University of California, Berkeley, mengindikasikan bahwa lamanya waktu bermimpi ketika tidur dapat mengatasi penderitaan yang menyakitkan.

http://image.tempointeraktif.com/?id=63871&width=475

Peneliti UC Berkeley menemukan bahwa, selama fase mimpi dalam tidur, atau tidur rapid eye movement (REM), yaitu ketika bola mata bergerak cepat saat tidur, zat kimia stres dipadamkan dan otak memproses pengalaman emosional dan mengikis memori yang menyakitkan.

Temuan ini menawarkan sebuah penjelasan yang menarik soal mengapa orang yang menderita kelainan stres pasca-kejadian traumatis, seperti veteran perang, menemui kesulitan untuk pulih dari pengalaman yang membuatnya tertekan dan berulang kali dihantui mimpi buruk. Penelitian ini juga menawarkan jawaban mengapa kita bermimpi.

"Tahap mimpi tidur, berdasarkan komposisi neurokimianya yang unik, memberikan semacam terapi sepanjang malam, sejenis balsam menenangkan yang membuang semua hal yang tajam dari pengalaman emosional pada hari sebelumnya," kata Matthew Walker, dosen psikologi dan neuroscience di universitas itu yang terlibat dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology.

Bagi penderita stres pasca-peristiwa traumatis, terapi malam ini mungkin tidak bekerja secara efektif. "Sehingga ketika kilas balik, misalnya dipicu oleh ban mobil meletus, mereka mengalami kembali seluruh pengalaman mengerikan itu karena emosinya tidak disingkirkan dari memori dengan benar selama tidur," kata Walker.

Hasil studi ini menawarkan berbagai informasi tentang fungsi emosional tidur REM, yang biasanya mencakup 20 persen dari waktu tidur seorang manusia sehat.

Studi otak sebelumnya mengindikasikan bahwa pola tidur sehat itu tidak berjalan sebagaimana mestinya pada orang yang menderita kelainan seperti trauma dan depresi.

Sumber :
tempo.co
Posted by radhite

30 comments:

sukague.com said...

supaya tidurnya enak :P

Fahmi Radityamurti said...

Ini termasuk mimpi indah dan mimpi buruk?

Fajrul1996 said...

kalau mimpinya cuman warna  putih

aq alfianto@smksake said...

kalo mimpi truz kget n lngsung bngun itu gra2 apa ya?

adoelpiero said...

Pernah kecelakaan motor trus kpala gw pecah,,,
Sampe skrg ga pernah mimpi lg :-( :-(

Oranghebat said...

Cuman warna putih ga bisa disebut mimpi

Atin_cute said...

klo mimpi yg indah seh seneng tp klo mimpi di kejar orang gila or setan bikin capek n ktakutan.

Adityatyasnatama said...

mungkin mati
sudah di surga

1234 said...

coba deh pasti kamu engga bakalan mimpiin seseorang yg kamu belom pernah ketemu langsung.


contoh: kamu ngarepin banget mimpiin artis itu sampe setiap detik kamu pikirin, tapi kamu belom pernah ketemu sama dia sekalipun n pastinya kamu engga bakalan mimpiin dia. setuju?

Gmax Ginx said...

setubuh....eh setuju

chance1 said...

ga juga ah :P
gue sering mimpi ketemu artis luar padahal blm pernah ketemu hahahaha

Rampertopasaribu said...

klo mimpi basah gmana ??
::ngeres::

Laciel Akhasa said...

mimpi gw item mulu...

Kevinmp89 said...

lah wkkw

Ikmal Edi Nugraha said...

wah berarti mimpi adalah obat batin....

togel said...

beli 00 pasti dapet..

i'm alone said...

 gw pernah kok ketemu JB, padahal gw ga ngefans sama dia, eh ,malah di mimpi gw nonton konsernya..apa coba??

Nashrull said...

ya keduanya termasuk
asal mimpi 

nurul ghaida tsani wiratami said...

tapi mimpi itu masih misteri//..:/

Anonymous said...

Aku kok jarang mimpi, gimana ya?

Anonymous said...

Katanya kalo mimpi berarti qta gak sholat isya',..?? Atau sholat isya'nya gmana gtu,.. Betul?

Niea_yusuf said...

yah..mudah2n kl mimpi masuk surga bsa jd kenyataan..aaamiin yaa allah..

DarmaOne said...

paling enak kalo tidur bisa sampai mimpi (bukan mimpi buruk lho), tidur bentar, bangun2 udah lebih seger, walaupun cuman beberapa menit

Clever Sakhura Haruno said...

ooo

pusing said...

mimpi...........................dapat nomor pa nggak ya

ocang curut said...

gue barusan mimpi dapat cewek banyak..............tak diduga dapat mimpi yg paling langka

Dian Budiarti said...

Aamiin ya Allah

Anonymous said...

Sbenernxa mimpi itu dtng krna ssuatu yg qta pkirkcn s't qta blom tdur. .msalkcn qta pngen bgt ikut tmen k'suatu acra,tp qta d'larang ma ortu. .
So. .ntu bisa k'bwa dlam mimpi. .

Jecky_zein said...

mdh2an mlam ini bsa bermimpi dengan indah,biar smua penat bisa hilang..

Lintang Qirana said...

bobo h...wkwk

Post a Comment