Ditemukan, Referensi Kedua soal Kiamat 2012

Para ilmuwan di Meksiko kembali menemukan prasasti Suku Maya yang memperkuat ramalan akan terjadinya kiamat pada 2012.

Para ilmuwan pernah menemukan prasasti Suku Maya di situs Tortuguero di teluk Tabasco yang sempat menggegerkan dunia karena prasasti itu berisi ramalan terjadinya kiamat pada 2012.

http://reinep.files.wordpress.com/2011/11/2012_maya.jpg?w=472&h=377


Hari kiamat yang berdasarkan interpretasi beberapa kalangan tertera di prasasti itu terkait dengan Bolon Yokte, dewa misterius Suku Maya yang dihubungkan dengan perang dan penciptaan.

Selama ini, prasasti dari Tortuguero merupakan satu-satunya rujukan tentang kiamat 2012. Namun kini, National Institute of Antropology and History di Meksiko mengumumkan bahwa sebenarnya ada satu lagi prasasti yang diperkirakan merujuk pada kiamat 2012. Prasasti itu ditemukan beberapa tahun lalu di situs Comalcalco, sebelah barat Tabasco.

Tak seperti prasasti lainnya, Prasasti Comalcalco berbahan bata merah sehingga disebut Bata Comalcalco. Prasasti itu telah menjadi perbincangan di kalangan ilmuwan akhir-akhir ini.

Ada ilmuwan yang mengatakan bahwa teks pada prasasti itu merujuk hari kiamat pada tanggal 21 Desember 2012. Namun, ada pula yang mengatakan 23 Desember 2012. Masih belum jelas.

http://reinep.files.wordpress.com/2011/11/comalcalco-bricks-and-the-second-fragment.gif?w=153

David Stuart, pakar epigrafi Universitas Texas di Austin, mengatakan, prasasti itu memuat kalender lingkaran, kombinasi posisi hari dan bulan yang berulang tiap 52 tahun.

Tanggal yang tertera di prasasti terkait dengan akhir Baktun (periode tiap 394 tahun) ke-13. Angka 13 ialah angka keramat dalam pandangan Suku Maya.

Akhir Baktun ke-13, jika interpretasinya benar, akan jatuh pada 21 Desember 2012, yang boleh jadi merupakan akhir dunia. Namun, Stuart mengatakan bahwa interpretasi itu bisa saja salah. Tanggal yang dimaksud mungkin sudah terjadi pada masa lalu, merujuk kejadian besar di era klasik.

"Tidak ada alasan bahwa itu tidak bisa merujuk tanggal di masa lalu, mendeskripsikan peristiwa di masa klasik. Di samping itu, huruf ketiga pada prasasti sepertinya merujuk pada kata kerja huli, 'Dia datang'. Tak ada penanda masa depan, yang dalam pikiran saya, berarti bahwa tanggal di Comalcalco lebih berupa sejarah daripada masa depan," jelas Stuart.

Apakah benar akan ada kiamat pada 2012? Jawabnya, tak ada yang tahu. Tapi National Institute of Antropology and History telah lama menyatakan bahwa kiamat 2012 yang dikaitkan dengan Suku Maya adalah interpretasi yang kurang tepat.

Suku Maya memandang dunia sebagai sebuah siklus, berawal dan berakhir secara berkala, bukan seperti pandangan awam bahwa dunia nantinya akan benar-benar berakhir.

Sumber :
kompas.com
Posted by radhite

85 comments:

KGmatzu said...

Petromak !
Gada yg tau gan. Ane punya pendapat kalo memang nanti ada kejadian akhir 2012 nanti, aku rasa itu merupakan "pemurnian/pembersihan/regenerasi" yg dilakukan Tuhan u/ membersihkan bumi dari padatnya manusia2. Kalo kiamat mah mana ada yg tao.

vian99 said...

emg manusia bisa tau? Kpn kiamat akn datang....kiamat itu yang tau cuman allah...g ada yg laen :p

emilie hazuki cahyo fujiwara said...

kalau kiamat menurut candi borobudur itu gimana ya?

Karebet Inside said...

"Suku Maya memandang dunia sebagai sebuah siklus, berawal dan berakhir secara berkala, bukan seperti pandangan awam bahwa dunia nantinya akan benar-benar berakhir. " Setuju banget dengan kata2 terakhirnya.

PDJ said...

kita kembalikan saja pada iman dan kepercayaan kita masing

yulanda said...

semua itu hanya tuhan yang tau..

Dapitpita said...

ngantuk nungu kiamat hahahaha lucu ya.... emang tuhan yang bilang?

Syndicate-OS said...

kiamat itu cuma tuhan yang tau. . .
Ngga usah diramal2 !

Oranghebat said...

ahh kiamat 2012 cuman HOAX

Fahmi Radityamurti said...

Hanya Tuhan yang mengetahui persisnya

S.a.R said...

Hanya Allah yang tau, 
Yang penting siapkan Iman :')

ZevaDaiva said...

1 hal yg harus digaris bawahi dalam ramalan kiamat..

TAK AD SEORANG PUN YG MENGETAHUI HARI AKHIR....
lebih tepatnya, ramalan tentang hari kiamat = 100% tidak tepat

aq alfianto,@smksake said...

byoh ngngkit'' mslh kiamat kie.... Emg pda maw cpt'' kiamat ya....

Alungsomantri said...

 bodoh semua tuh yang bilang 2012 kiamat...kan ada tandanya kiamat..kalo ciri-ciri kiamat orang ga akan adzan lagi...tapi liat sekarang masih banyak yang adzan kok...orang yang nyebut 2012 kiamat tu...KAFIR..MUNAFIK..ORGIL....

RosellinoWhiteBlaze said...

tp 21-12-2012 it hari jum'at..

Geztu Sasori said...

Semuanya tergantung pada Kuasa ALLAH SWT....

Laciel Akhasa said...

suku maya meramalkan 2012 kiamat
kalo ahli perbintangan meramalkan 2012 puncak nya badai matahari yg efek nya sangat merusak teknologi bumi...hayo

Laciel Akhasa said...

suku maya meramalkan 2012 kiamat
kalo ahli perbintangan meramalkan 2012 puncak nya badai matahari yg efek nya sangat merusak teknologi bumi...hayo

arief said...

gw stju bgt ma vian99 ,
Kita emg g bkln tau kpn dtng tu kiamat,tp yg pasti ada dan g bkln lama...

rina said...

mendingan kita memperbaiki diri berlomba2 mencari kebaikan n pahala, dr pd pusing mencari kepastian kapan kiamat, menurut ku org seperti itu, org yg tdk percaya sama agamanya sendiri, was-was apa yg akan terjadi jika kiamat akhirnya datang.

Ir.Rezha said...

Akh Hanya Allah SWT yang tau...! Rosul juga gk tau...apa lagi kalian....tod...

1234 said...

MUNGKIN cuma ada bencana2 besar di beberapa negara/tempat.. tpi klo kiamat hmmm... aku cuma percaya 10% doang. tpi yaa ga tau juga sih, wawlohualam 

Cgit said...

 kalo emang datang hari kiamat, saya mau berada dibarisan orang terdepan yang melihat kejadian spektakuler yang hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup alam semesta...

Mengatasi rambut rontok said...

Tidak tahu yang akan kiamat. Itu kan cuma ramalan saja dan buat orang jadi khawatir....

.1. said...

mungkin kiamat yang di maksudkan suku Maya disini adalah bencana bencana besar yang akan terjadi pada tahun 2012 bertepatan dengan siklus aktifitas matahari ke-24

referensi: http://www.apakabardunia.com/2011/02/erupsi-dahsyat-bintik-matahari-mengarah.html

nggak tau juga sih..

Dede dichario said...

hari kiamat di tentukan oleh TYME, jadi kembali ke man dan keprcayaan saja... tiada kuasa yang melebihi kuasa Tuhan....

Anggipriameidy said...

tu smua cuma sebuah siklus perubahan bumi seperti masa lalu kayak adanya air bah yg terjadi di masa nabi nuh .....
itu untuk memperbaiki dunia ini ....

Istighfarlah said...

Semua orang menduga-duga dan meributkan kiamat, tapi tahukah anda kiamat yang sebenarnya?
Kiamat yang sebenarnya adalah pada saat matimu atau saat sakaratul mautmu, karena setelah itu yang kamu lihat adalah hal-hal yang berhubungan dengan akhirat sampai kamu dibangunkan kembali untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatanmu selama hidup di dunia.

Gun Wook said...

beribadahlah seakan engkau akan mati esok
dan bekerja keraslah seakan kau akan hidup selamanya.

Adit said...

jika kiamat terjadi 2012 pasti dari 2011 dah tak ada suara adzan lagi dan gak ada yg sholat lagi.yg penting ibadah terus saja agar masuk syurga

Aditya tyasnatama said...

yg mati saat kiamat pasti dosanya banyak
yg mati duluan pasti pahalanya banyak.kan kiamat dibuat untuk menyiksa orang yang tak taat agama.jika di syurga bisa liat kiamat atas izin Allah

Aditya tyasntama said...

pasti lah
yg pasti hari jumat

aurella said...

satu hal yang pasti KIAMAT ITU PASTI AKAN TERJADI, kapan terjadinya hanya ALLAH SWT yang tahu, dan kita hanya WAJIB meng-IMANninya saja 

Aku nack GONTOR said...

klo mau bilang mau kiamat, lihat dulu udah ada tanda2nya blom.....?????
nabi dan malaikat aja ngga tau apalagi manusia!?
yang tahu hanyalah Allah ubhanahu Wa Ta'alaa

M Abdul Ghani said...

kita tunggu aja! 

Heart_dyant said...

Kiamat Tuh Panjang Prosesnya, Bukan Setahun Atau 2 Tahun, Baca Tuh Hadits !

Ikmal Edi Nugraha said...

waduh nyeremin aja ......

Dededoank said...

kiamat itu ora iso di tebaki sing penting ojo lowe lowe,,,,,,,,,,,,,,, ngerti 

chuander said...

allah lah yang menciptakan lngit dan bumi..

jangan sesekali anda melampaui kekuasaannya
keep smile :)

Anomansikethekputih said...

Hanya Allah Dan Nabinya Yang Tau..

Ferry Adrian said...

woiiiiiiii gk usah sok - sok ngeramal deh. yang pasti kiamat itu terjadinya hari jum'at.

Ferry Adrian said...

woiii gila nabi juga gk tau kapan hari kiamat . belajar agama gk sih

Anonymous said...

Kebanyakan ILMUAN itu tak percaya Siapa yG menghidupkan dan siapa yG akan mengambil kehidupannya kelak.. Ya jadilah mkhluk yG paling sok2n sejagat yaitu ILMUAN.. coba agan2 ingetin kembali mana ada orang selain ILMUAN yg mengemparkan dunia... Makhluk satu ini hidupnya sudah diatur, di bumi hidupnya nikmat tapi dipandang orang. belum tentu dia yg merasakan sama seperti apa yg orang lain nilai terhadap dirinya.
SALAM

Muhammad Anza said...

santai saja lah,..repot amat kyaknya suka2 tuhan mau kiamat kapan,...

xClEiTo said...

this is not the end! only god! god know all! not human!!

i'm alone said...

 selow aja sih, selama kita jalanin hidup bener mah mau kiamat or mati kapan aja it's ok.
klo masih banyak dosa tuh, baru lu pada ributin kiamat kapan :p

Dariusjimmy said...

yang saya rasa pun seperti itu setiap yang bermula pasati ada akhirnya


mungkin besok atau beribu tahun la
jika memang harus menentukan waktunya saya tiadak menjamin itu tepat
yanga pasti Tuhan yang mengetahui dan menentukan

Ilha zarfhania said...

sedikit takut baca.a coz guru ngaji w juga pernah bilang "hati2 2012 akan ad bencana besar entah itu kiamat or bencana alam" sebelum akhir.a guru ngaji w menghembuskan nafas terakhir.a 4 tahun yg lalu,,,

but semua tu cuma allah yg tau ,,

Djiextray said...

cuma ramalan gan .... mending banyak beribadah aja.. mari bersama

Agam_vikarsah said...

kiamat itu tidak bisa ditebak kapan datangnya ..
mungkin kiamat bisa terjadi esok hari / 1 jam lagi  ..

umat manusia tak ada yang bisa menebak kapan kiamat akan datang ..
dan sebelum kiamat itu terjadi ,lebih banyak lah berbuat kebaikan dalam hidup ini ..

Lucky Novitawati Pamungkas said...

Ashadu Allaila haillallah,
Wa ashadu anna muhammada rosulullah...
Allahu akbarrr...

Farid said...

setiap hari emang dah da kiamat, tapi kiamat sugro...... sudah siapkah kita menghadapi kiamat kubro.....

Mino Miku said...

percuma juga nebak nebak ya

Buluk said...

http://www.youtube.com/watch?v=1EVE9YrHxt8

irawan said...

kenapa hari jum'at ?

Niea_yusuf said...

sekarang aj dunia dah ky kiamat tuh..pa lg prilaku manusiax..( tobaat deeh )..!

Yadi Daseng said...

mang bner nabi ajj yg lebih mulya ga tau kapan hari akhir umat manusia....
yang percaya pada ramalan adalah kafir....

Anda_curioustorz said...

manusia sendiri yang jadi indikasi "Kiamat Sudah Dekat!!"

aguero said...

waduh, kiamat lagi

M0gat Miqat said...

Sebenar nya bukan kiamat tetapi bencana alam yg terbesar sekali dlm sejarah tamadun manusia termasuk malaysia & indonesia juga kearah perang dunia teknologi tertinggi ciber dunia WW111. Siap Siaga dgn panji-panji hitam mu! Salam99 dari 'KEMEGA' blogspot (carian google)

Ipoelseason said...

hai kawan, sadarlah! kabar itu dihembuskan oleh para konsporator (Illuminati) yang sengaja membuat kita takut dan lemah sehingga merek bisa menghancurkan dan menaklukkan kita. tidak akan terjadi apapun  di tanggal itu (atas izin Allah). dan kalupun terjadi sesuatu yang mengerikan nantinya, kita harus tahu kemana kita harus menuding!

Liztiawan ronaldo said...

Ingat Kiamat hanya allah yang tau

Dedirohman80 said...

kalau Para ilmuwan Meksiko menemukan prasasti Suku Maya di situs Tortuguero di teluk Tabasco yang berisi ramalan terjadinya kiamat
pada 2012, itu belum tentu 100% ramalan tersebut benar.
kalau para ilmuan yakin bahwa tahun 2012 akan kiamat, BUKTINYA MANA.???? TANDA TANDANYA APA.?
yang tahu akan adanya kiamat itu cuma pencipta manusia sendiri.
manusia di dunia cuma numpang hidup. nanti juga bakalan balik lagi kepada penciptanya.

-_____- said...

dih males komentar -______- *lempar kancut*

Dedirohman80 said...

para ilmuan meksiko so tau

-_____- said...

*lempar kutang*

24kusnendar said...

Nabu Muhammad SAW aja yang sudah makrifat/kenal dengan Alloh tidak dikasih tahu kapan kiamat akan terjadi apalagi suku maya yang jelas Kekafirannya....

Cusnasaya said...

sip kiamat kan emang ada dua kubro / sughro,.., tinggal tunggu aja tanggal mainnya yang Maha Kuasa

Zuhairramadhana said...

kita harus percaya kepada yg maha kuasa yaitu allah

Ariswizz said...

ditanggapi positif aja.. dengan berita itu mudah2an semakin membuat kita lebih matang dlm menyambut kiamat.. amal yang banyak, amar ma'ruf nahi munkar..

nevermind said...

itu yang di katakan dalam Al-Qur'an, tapi hanya diterangkan hari nya saja dan belum tahu kapan terjadinya. kenapa? agar manusia tidak mengerjakan ibadah karena "ketakutan" nya saja atas datang nya hari akhir melainkan beribadah karna mengharapkan ridho dari Tuhan atau Allah S.W.T

Asrybionetral said...

ga ada ang tau kiamat itu kapan ... yang pastii kiamat jatuh pada hari JUM'AT ..

Asrybionetral said...

sep ... Siap kan aja iman kita ya ..

Asrybionetral said...

siapa kan Amal dan iman kita buat di hari akhir kelak, untuk menjadi orang yang lebih baik dari pada sebelumnya .. 

Krisna_612 said...

Kebetulan 21 Desember 2012 itu hari Jum'at

Imam Malik said...

Dulu juga pernah ada kan ramalan kiamat Bulan Mei 2003 ,, apakah itu terjadi ? apakah ada bencana besar ?? itu hanya ramalan orang orang musyrik ,, kafir ,, lebih baik kita serahkan saja diri kita kepada Allah SWT ,, semoga dosa kita semua di ringankan oleh Allah SWT ,, Dan Bertaubatlah seperti taubat nya Nabi Adam (Taubat Nasuha) . Dan Jangan mengulangi kesalahan ,, cobalah untuk menjadi orang saleh ,, sabar ,, takwa ,, karena KIAMAT pasti akan terjadi ,, tetapi tidak ada yang tau kapan itu terjadi ,, Mengingat akan kematian itu sudah sangat baik,, dan kita harus lebih meningkatkan iman kita ,, Jangankan Nabi Muhammad SAW ,, Malaikat saja yang di ciptakan dari cahaya ,, tidak tahu kapan terjadi nya kiamat ,, sebetulnya yang percaya kiamat 2012 itu sama saja orang yang dzhalim ,, entah percaya 10% atau 1% Itu sudah termasuk ORANG DZHALIM .. 


PERBANYAK DZIKIR , PERBANYAK BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT , PERBANYAK DO'A , DAN TINGKAT KAN SEMUA AMAL BAIK KITA ,, 

SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WALAILAHAILALLAH HUALLAHUAKBAR 

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

Rief_jrs said...

bego sih yg bilang kiamat 2012..Nabi Muhammad SAW ja kg tau kiamat terjadi tahun berapa..apa lagi kita sebagai umatnya..

gue aja yg cucunya kg tau..yg aku tau tuh ni-amat sama bi-amat yg tau kapan ki-amat datang..hehehe..

Qiumiu said...

hanya Allah SWT yg tau .
yg ada cuma tanda2nya

정수연 said...

betull

정수연 said...

Allah yang tau

Rezhacktheelf said...

 hahahhahaa...:D :D :D :D :D hnya bisa ketawa ajah......

Dodot50 said...

hanya ramalan....klo taw kpn kiamat...harusnya taw jga kpn suku maya akan hilang

Tod_loe said...

kalo tau kiaman kapan ..sebelum kiamat terpaksa perkosa dolo anak tetangga

aep90 said...

ini baru mendidik, dijelaskan bahwa itu akhir suatu siklus, bukan akhir dari dunia, akhir dunia mah gak bakal ada yg tau, bisa jadi esok ato lusa ato tahun depan ato seribu tahu lagi, nice artikel, gw suka..

Anonymous said...

Terlepas dr 2012 atau berapapun itu, intinya kita semua sepakat bahwa kiamat segera tiba, any time!!! Adalah wajar kalau byk manusia mau tau kpn tibanya kiamat itu... Tp yg utama masing2 kita makin dekat dgn TUHAN, lakukan yg TUHAN mau kita lakukan. Tidak usah ribut caci maki org lain. Ingat tidak kisah Nabi Nuh? Dulupun di maki di caci, di hina karena bahtera dan ramalannya soal hujan, dan banjir. Tidak ada yg percaya! Setelah hujan dan banjir itu melanda barulah mereka percaya. Jadi saudara saudari sekalian. Belajarlah! Sadarlah! Tidak penting harinya! Tidak penting bulannya!tidak penting jg tahunnya! Yg penting adalah! Kita pribadi sudah siap belom!

Post a Comment