Apa Kabar Dunia

Fakta Dalam Biografi Steve Jobs

Kisah soal mendiang pendiri Apple masih asik diperbincangkan. Maklum, Almarhum benar-benar inspirator bagi banyak orang. Walhasil, buku biografi tentang Steve Jobs ikut jadi bahan pergunjingan publik.

sumber : im.wk.io

Ada beberapa fakta menarik tertulis dalam buku yang disusun berdasarkan wawancara Walter Isaacson, penulisnya, dengan Jobs dan orang-orang dekatnya. Berikut diantaranya:

1. Dari mana nama Apple berasal?
Executek, Matrix, sampai Personal Computers Inc adalah nama-nama yang sempat dipertimbangkan Steve Jobs dan Steve Wozniak untuk perusahaan teknologi yang akan mereka dirikan. Jobs mengutarakan nama Apple setelah kembali dari sebuah pertanian buah apel dan akhirnya nama itu yang dipakai. "Nama ini terdengar asyik, bersemangat dan tidak mengintimidasi," sebut Jobs.

2. Bill Clinton minta nasehat Jobs terkait skandal Monica Lewinski
Skandal perselingkuhan Bill Clinton dengan Monica Lewinski sempat menghebohkan Amerika Serikat di dekade 1990-an. Clinton yang kebingungan ternyata sempat minta nasehat Jobs. "Aku tidak tahu Anda telah melakukan perselingkuhan itu, namun jika memang benar, Anda harus memberitahukan hal itu ke (warga) negara ini," demikian nasehat Jobs pada Clinton yang menjabat presiden AS kala itu.

3. Mengapa Jobs hampir selalu memakai sweater hitam?
Penampilan Jobs identik dengan sweater hitam. Ini berawal kala Jobs berkunjung ke pabrik Sony di Jepang dan menjumpai karyawan di sana berseragam. Ia menyukainya dan sempat berpikir agar karyawan Apple pun berseragam. Meski hal itu tak jadi terlaksana, Jobs memutuskan membuat pakaian khas untuk diri sendiri. Jadilah ia selalu memakai sweater hitam yang didesain oleh desainer asal Jepang bernama Issey Miyake.

4. Jobs kecewa dengan Barack Obama
Jobs adalah pendukung presiden Barack Obama. Namun ia kecewa dengan beberapa kebijakan Obama dan pada saat keduanya bertemu, Jobs memperkirakann Obama hanya akan menjabat selama 1 periode saja. Jobs berargumentasi pemerintah seharusnya lebih bersahabat dengan kalangan pebisnis dan mereformasi pendidikan.

5. Jobs awalnya menolak operasi kanker
Jobs pada awalnya menolak sebuah operasi kanker yang berpotensi menyelamatkan nyawanya. Rupanya Jobs tidak suka tubuhnya diutak atik. "Dia sungguh tidak siap untuk 'membuka' tubuhnya," kata istri Jobs, Laurene Powell.

6. Jobs sempat menolak ide aplikasi untuk perangkat Apple
Layanan aplikasi termasuk faktor kunci kesuksesan Apple. Namun siapa sangka pada awalnya Jobs tidak suka dengan ide pihak ketiga bisa membuat aplikasi untuk perangkat Apple karena berbagai alasan seperti kemungkinan serangan virus. Namun akhirnya, Jobs berhasil diyakinkan untuk mengizinkan aplikasi di perangkat Apple.

7. Jobs merasa depresi saat peluncuran iPad generasi pertama
Berbagai kritik sempat menerjang Apple pada saat peluncuran iPad meski akhirnya gadget ini sukses keras. Perangkat ini dipandang kekurangan fitur. "'Aku sepertinya mendapat depresi hari ini," kata Jobs pada Isaacson, malam hari sesudah Jobs memperkenalkan iPad.

8. Jobs murka pada Google
"Aku akan menghabiskan nafas terakhirku jika memang perlu dan aku akan menghabiskan seluruh uang Apple sebesar USD 40 miliar di bank, untuk memperbaiki kesalahan ini. Aku akan menghancurkan Android karena ini adalah produk curian," kata Jobs mengenai Android. Ia tidak terima Google mencuri ide-ide iPhone di Android.

sumber: klikunic
Posted by patah

10 comments:

Ikmal Edi Nugraha said...

menarik juga yah kisah hidup nya

uchiha itachi said...

KEDUAX,,,,,

Luqman_glazier said...

artikelnya bagus sekali

Dore said...

orang hebat..

Yoga Pose said...

Sangat seorang yang inspirational.....

Android user said...

Sialnya Dia mau menghancurkan Android
Walau sang inspirator, tetapi sifatnya tetap membencikan

Randy Squad21 said...

Mampir Gan Ke BLOG saya ..
http://randykruger.blogspot.com/
http://randykruger.blogspot.com/
http://randykruger.blogspot.com/
http://randykruger.blogspot.com/

Patrick JoRdan Lieberth said...

yah coba aja loe ciptain sesuatu truz ide loe d curi orang .apa nga kesel loe ???

Tekno said...

menarik sekali

aflaha said...

betul sekali

Post a Comment