7 Maksud Tersembunyi di Balik Kebiasaan Manis Kucing Anda

Yang selama ini kita percaya : Kucing mempunyai beragam cara untuk berkomunikasi dengan sesama kucing dan manusia, salah satunya adalah dengan mengeong.


1. Mengeong

http://meme.zenfs.com/u/b55a8fac5650f52e091ef1b058851ff91878f4f8.jpeg

Suara kucing ini sangat khas saat dia ingin bermain, saat dia lapar, ataupun hanya menyatakan rasa terima kasihnya pada kita.

Faktanya : Kucing beradaptasi dan berevolusi, tidak seperti keluarganya di alam liar, kucing rumah mengembangkan kemampuan khusus untuk meniru suara bayi manusia.

Penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa suara mengeong kucing mempunyai frekuensi yang sangat mirip dengan suara tangis bayi.

Hal ini tentu membuat kita bergegas untuk menuruti permintaan si kucing. Kebetulan saja? Tidak, ini adalah mekanisme adaptasi dan evolusi tingkah laku kucing agar bisa bertahan hidup menjadi peliharaan kita.



2. Mengubur kotoran mereka

http://iblogpets.com/wp-content/uploads/litter-box.jpg

Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah hewan yang bersih. Tiap kali buang air besar, dia selalu akan menguburnya. Hal ini tentu sangat membantu si pemilik.

Faktanya : Insting 'kebersihan' ini tidak timbul begitu saja. Kucing adalah predator dengan ukuran tanggung, yang artinya dia masih punya banyak musuh yang jauh lebih besar darinya di alam bebas. Bagaimana dia mengatasinya?

Dia mengatasinya dengan 'menyelundup' ke daerah kekuasaan predator lain ataupun kucing lain yang lebih dominan. Kucing yang tidak dominan tidak ingin keberadaannya diketahui karena itu berarti perkelahian yang sulit mereka menangkan?

Bagaimana ketika kucing anda ternyata tidak mengubur kotorannya? Berarti kucing anda merasa dia adalah predator paling dominan di lingkungannya sehingga dia tidak perlu menyembunyikan kotorannya, malah justru menandai wilayahnya.



3. Menggosokkan tubuhnya dengan manja


Yang selama ini anda percaya: Inilah cara kucing bermanja-manja dengan pemiliknya, juga untuk mengucapkan rasa terimakasih.

Faktanya : Seperti mamalia lain, kucing mempunyai kelenjar penghasil feromon pada kulitnya, kelenjar ini banyak terdapat di dekat ekor, sisi samping tubuh, dan leher dekat muka.

Feromon ini digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama kucing mengenai berbagai hal, misalnya batas wilayah, kepemilikan dan jenis kelamin kucing tersebut.

Dengan menggosokan tubuhnya ke anda, kucing anda mengklaim anda dengan label 'Milik si manis, jangan sentuh'.



4. Mendesis

https://lh4.googleusercontent.com/-mTr4uJfL-ko/TYR0F2oQUtI/AAAAAAAAAHE/ulCL9vmQe-w/s320/kucing+marah.jpg

Yang selama ini anda percaya : Kucing pada dasarnya menghindari perkelahian. Bila berselisih dengan sesama kucing mereka akan lebih banyak saling memberi peringatan dengan mendesis dan menarik telinganya ke belakang.

Hal ini juga berlaku ketika mereka tidak dalam mood yang baik untuk bermain dengan anda, mereka akan mendesis untuk memberi peringatan pada anda bahwa mereka tidak dalam mood yang baik.

Faktanya : Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing merupakan predator dengan ukuran tanggung dan mereka sebisa mungkin menghindari pertarungan dengan hewan yang lebih besar. Bagaimana caranya?

Di sinilah hebatnya kemampuan adaptasi kucing, mereka akan meniru binatang yang sangat ditakuti, bahkan oleh predator yang lebih besar yaitu ULAR.

Dengan mendesis dan menarik telinganya ke belakang serta membungkukkan badannya, kucing akan terlihat seperti ular berbisa yang sedang mendesis. Hewan yang lebih besar tersebut seringkali justru menjadi takut dan membatalkan niatnya untuk menyerang si kucing



5. Mandi ala kucing


Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah hewan yang peduli akan kebersihan. Dia akan selalu menjaga tubuhnya tetap bersih dengan menjilatinya.

Faktanya : Kucing menjilati tubuhnya untuk menghilangkan bau lain, termasuk bau anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing mempunyai kelenjar yang menghasilkan feromon untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Bila terdapat bau lain, maka komunikasi ini tidak akan maksimal, untuk itu kucing menjilati bulunya. Dia menyingkirkan bau lain yang melekat di tubuhnya (termasuk bau anda) dan menstimulasi kelenjarnya untuk kembali menghasilkan feromon. Jadi jangan heran bila kucing anda selalu menjilati tubuhnya setelah anda peluk.



6. Memberi kado hasil buruan


Yang selama ini kita percaya : Kucing adalah pemburu alami, maka jangan heran bila dia akan membawakan anda burung atau tikus hasil buruan mereka. Ini adalah 'persembahan' kepada ketua kelompok, seperti pada kelompok kucing yang lebih besar, yaitu singa.

Faktanya : Kucing berbeda dengan singa. Singa merupakan hewan yang hidup berkelompok sedangkan kucing cenderung tinggal sendiri.

Kucing mengajarkan pada anggota keluarganya yang lain bagaimana cara berburu melalui berbagai tahap, tahapan yang paling pertama adalah membawakan binatang hasil buruan ke anak mereka untuk 'dibuat mainan', baru kemudian induk kucing akan berlanjut ke tahapan berikut dengan mengajarinya berburu.

Anda 'dikado' hasil burunannya? Sisi baiknya, anda dianggap bagian dari keluarganya. 



7. Ritual Kucing Kawin


Yang selama ini kita percaya : Kucing betina tidaklah mudah untuk dikawini. Perlu proses merayu yang lama hingga berjam-jam hingga sang kucing jantan bisa mengawini sang betina.

Faktanya : Kucing betina memang tidak langsung menerima jantan yang mengajaknya kawin. Apakah karena harga diri? Atau karena ingin dirayu dulu?

Ternyata tidak, saat ada jantan yang mengajak betina untuk kawin, sang betina akan mengeong keras memanggil semua pejantan lain untuk berkompetisi.

Yang menang akan mendapatkan hak istimewa untuk kawin dengannya. Hal ini merupakan naluri wajar karena sang kucing betina hanya menginginkan sperma terbaik dari kucing jantan paling kuat yang masuk ke rahimnya.

Sumber :
kaskus.us
Posted by radhite

40 comments:

Norika Dewi said...

nomer 6, cocok banget tuh sama kebiasaan kucing gue =="

Elanmessi said...

pantesan banyak kucing liar pada kerumah saya,mau kawin toh sama si catherine (kucing saya)...

Ahmadfany said...

yang ke 7 kurang tetap, kucing mengeong keras untuk memberi tanda pada jantan yang mengajak kawin tentang komitmennya bisa menjaga betina ketika mengandung, kalau jantannya takut maka jantannya gagal, maka betina mencari jantan yang lain,,,

.1. said...

wahaha

baru tauI lav yuu!! *peluk peluk kucing, kemudia di cakar

Randy Ciliwung said...

mang'y enak.. maksa kale peluk'y....

.1. said...

sekedar info

kucing saya nggak pernah nyakar kalo dipeluk ^^

irawan said...

kucing saya malah kg bisa mengongong ! knp y ?

Kang Baz said...

Hmmmm...coba lihat dibagian perutnya ada resleting/kancing atau nggak....
Kalau ada, berarti itu anjing yg pakai kostum kucing. Kalau nggak ada, berarti itu anjing yg operasi plastik jadi kucing.

Ikmal Edi Nugraha said...

imut bener...

Darco Lado said...

Ak ga tertarik kucing, suka tertarik anjing sangat mantaappp... LOL

Janwary Lestvill said...

Baru tau gua tentang tingkah laku alamiah kucing. Tapi cukup disayangkan, sista gua ngelarang melihara nih binatang imut. :(

Reno Dwi Pangga said...

Nomor 6 mantap....


Good..good..good...

Anonymous said...

sayang... Gue gak bisa pelihara kucing, d kluarga gue ad yg asma

Defadaniah said...

no.1 fotonya keren & lucu!!

Alice Blackstar said...

lucu XD

rina said...

ku gak setuju... gak ada riwayatnya kucing jantan bisa mengawasi kucing betina selama hamil, malah kalau keluar anak laki2 kemungkinan akan di makan oleh si ayah kucing, dan yg dipikirkan si jantan hanya kawin semata. Oleh karena itu kucingbetina jika bertemu dgn si jantan dia akan melindungi sekuat tenaga...
Selain itu, peristiwa seperti itu sdh ku amati dr 10 kucing yg ku punya d rumah. Si jantan yg kekar dia akan di pilih oleh betina, sdngkn si jantan yg lemah tentunya dia akan lari dan mnyerah krn bersaing dgn sijantan lainnya. gtu... : )

Oyoy_anggi said...

brarti kamu dianggap kucing mu bagian dr anggota kluarganya..heheheheheh

Dore said...

nomor 1 sampai nomor 6 memang kebiasaan kucing saya, tapi ada yang lebih menyebalkan dengan nomor 3, kucingku bahkan mau mengencingi pemiliknya sebagai tanda "ini loh majikanku, jangan diganggu", sungguh terlalu!!!

Mbicool_rocks182 said...

lu mah mending di kencingin,,,nah gw di berakin ma nh kucing ..mana pala wa lgi di berakin nya,,dia bilang "ini toilet wa" wakakak...

Jimmybanxat said...

makan tu tai...!!!

dede said...

untuk poin 7 untuk saat sekarang ini sudah kurang cocok...karena saya liatt sekarang kucing sudah pada jadi jablay..ketularan dengan manusia...(mungkin karena kemampuan adaptasi yang luar biasa seperti point 1)

Mbicoolrocks said...

 enak tau tai..u dah pernah nyobain?mau ga loe??

Muh Khaerul said...

 bahaya na itu comberang. nanti berak bi abhyabhy

Muh Khaerul said...

nomor lima na suka kucing ku

Coolfebri77 said...

kucing gw sering bner bawa hasil buruannya ke kamar gw,hehehe trnyta itu mksdnya..mksi mas bro skarang gw jd tw maksudnya

Steven xalim capunk said...

Aq g pny kucing.... Gmn dunk....
Hehe....

septiyani said...

wew....kucing betina sampe begitu ya ingin diperebutkan....

Sekolah Musik said...

heheh ini artikel bagus banget. Jadi tahu tabiat kucing.... thank you

muhamad albi nursobah said...

lah jadi we asa pengen miara kucing.. hahaha

aflaha said...

pengen melihara kucing, tapi dilarang ibuuuuuuuuu.
wuahahahahahhahahahahahahahahahhahaahahaha (nangis atau ketawa???)

Cl0r0fL4s said...

kucing ku koq mw ku ksih mkan, ku pluk, ku gndong pi koq gx mw ku mndiin pke air ya , , ,
:)

Anda_curioustorz said...

haha.. la gue motor yang dikencingin... mentang2 motor gw item mungkin sama kaya kulit gue..! __ __ 

kokoronekate said...

itu kucing nya lucu yahh,,, 

queenbee said...

no 7 baguusss
pantes d rumah gw sering bgt ada kucing dari mana tau..

padahal yg betina pun bkn pny gw. tp pnya tetangga yg udah pindah
tp tu kucing selalu ada d rumah gw bahkan dari tetangga gw belom pindah
knp yaa???
ada yg tau??

derifa said...

kucingnya penganut suks bebas kali, wakakakak....

Keljrlkajrlka said...

jadi inget kucing yang gw pelihara di warnet
tiap kali gw pulang naek motor selalu di kejar
sangking dari kecil dirawat ama manusia, klo ada mobil lewat di selalu gk mau minggi =.=
swt , kadang" malah dia lenggak lenggok atau duduk di tengah jalan
malah pernah kucing gw coba dorong pintu buat masuk warnet, lucunya dia loncat keatas ganggang pintu terus gelantungan WKWKKWKW gk bisa buka gk bisa turun

jadi kangen =3=//curhat

Dealovangga said...

kucing gw ya jenis cewe, perutnya gede tapi ngga hamil, dan aneh perutnya tuh -_- kasihan

Anonymous said...

kucing gw kalo ee' gak pernah di tutup biar ee' dmn juga••. dominan sih dominan x ya
tp badan muka kaki
semua nya bonyok2 , sobek2 , jd kaya preman gtu klakuan an nya ••
anjing aja di kejar•••
ehhh sekali nya tikus lewat malah didiemin aja gtu
hahaha

Anonymous said...

Kucing gw tiap tidur, pasti tebangun n' mengeong ke gw, trus datangin gw gt, kenapa yah, atau jangan2 dia liat sesuatu hiiiiiiyyyyy

Ira Kulbi said...

Hahaha kebelet kali it mpus nya :|

Post a Comment