Desa Terapung di Danau Titicaca yang Menakjubkan

Bayangkan, bangun tidur dan kemudian melihat dunia mengapung melewati jendela kita, kira-kira bencana apa yang sedang terjadi?

Banjir bandang atau badai mimpi buruk sedang menerjang rumah kita? Atau ini hanya suatu hari yang biasa saja di ranjang rumput terapung di danau Titicaca.

http://4.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/SxHGPIHINNI/AAAAAAAAHNE/BOjIpYwwj80/s1600/005.jpg

Berlokasi di ketinggian 3812 meter di padang Peruvian, di sini terdapat 40 pulau-pulau terapung. Awalnya dibuat oleh orang-orang Uros dari Peru dari jaman Inca, pulau-pulau cantik ini digunakan untuk tempat pelarian dan berlindung dari peperangan yang tidak pernah berhenti di tanah airnya.

Cara suku Uros ini bisa benar-benar membuat mereka sulit dijangkau oleh agresor, dan karena dikerjakan dengan sangat baik oleh masyarakat mereka selama berabad-abad, sepertinya tidak ada alasan untuk berpindah ke tanah daratan.

http://4.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/SxHGNwlhuRI/AAAAAAAAHMs/ZdYHkU8U44Y/s1600/001.jpg


Dibuat dengan tangan yang penuh ketelitian, pedesaan terapung ini disusun dari lapisan-lapisan rumput ilalang tortora yang dijadikan satu dan diikatkan ke suatu struktur dasar terapung, seperti ponton.

Hasilnya adalah seperti rakit raksasa, dan hebatnya mampu menahan beban yang berat dan besar.

http://4.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/SxHGOPto3pI/AAAAAAAAHM0/1jaf-HsjsEo/s1600/002.jpg

Pulau-pulau ini sebenarnya cukup mutakhir dan bisa dipaksa dibebani tetapi juga harus diperbaiki secara berkala untuk memelihara kekuatannya.

Ketika ilalang-ilalang tua mulai terlepas dari struktur dasarnya, ilalang-ilalang baru menggantikannya di permukaannya.

Rumput-rumput ilalang ini diambil dengan hati-hati dari pinggiran danau Titicaca. Pulau-pulau ini ditambatkan di tempatnya dengan tali-tali yang diikatkan ke tiang-tiang kayu ke dasar danau.

http://1.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/SxHGOvRLJ5I/AAAAAAAAHM8/Tv5v_38ZhI0/s1600/003.jpg

Hanya sedikit dari pulau-pulau itu yang mau menerima pengunjung, yang bukan berarti hal yang tidak baik karena ada laporan yang menyebutkan tradisi hidup suku Uros ini berubah cepat karena bertambahnya interaksi mereka dengan para turis.

Para penghuni danau ini menganggap dirinya sebagai pelindung danau dan konon lebih dahulu dari peradaban Inca, dan menurut legenda dari generasi ke generasi, bahkan sudah ada sebelum matahari, bintang, dan bulan.

Tidak heran mereka khawatir akan direcoki oleh orang-orang yang ingin tahu banyak tentang mereka.

Sumber :
sourceflame.blogspot.com
Posted by radhite

22 comments:

Anonymous said...

pertamax XDpertamax XD

Auliarahmatsagala said...

keren.....kreatifitas ditunjang ketika berada dalam jepitan

Vicky Andriawan said...

subhanallah, orang dahulu begitu cerdasnya dalam membuat suatu alat untuk bertahan hidup.......

Arum_kusnindar said...

keren, ntar bangun bangun udah sampai lautan

muhammad yulius said...

boleh transmigrasi ke sono nggak?

Yndree Smile said...

waiiiitttssss.... kuereeen abissss.........

Ikmal Edi Nugraha said...

nice

irawan said...

enak bgt y tinggal d atas danau . . .

Darco Lado said...

hebat banged pertmaxxx gan

Pejoeang said...

hahaha! Keren, seneng banget ngeliatnya.
Kalo mau bedol desa gampang. Kepala desa tinggal bilang "Naikan layarnya!".

Vina said...

Keren banget.. :D

ucoen_azust said...

Kerenn gan...Kerenn gan...

Qosim_muhamad said...

ini perlu di contoh,bagai mana bisa melestarikan alam sekitar nya. I LIKE...

henrye aan said...

+1 deh...

Fajarkurnawan90 said...

kerensih tapi liat aja entar gue bikin terbang

Oranghebat said...

cerdas si cerdas tapi masa udah ada sebelum matahari dan bulan?

kalo ga ada matahari gimana bisa ada kehidupan
bumi aja mungkin belum ada

Adhani Rahmat said...

apiiiikkk

Anna revo leonora ley said...

Unik sekali....^.^

Miley said...

cool ...... psti tenang n damai disana .......... pengen hirup udara sger .... gk kyak d kota sumpekkkk

nak gontor said...

ini kaka ari bukan ???

Ernisartika27 said...

WAh keren kali buuk

Helmi_halmahera said...

weszzzzzzzzzzz enakk tuee.............. mandi t4 tuee

Post a Comment