6 Alarm Tubuh Anda Perlu Tidur

Tidur sama pentingnya seperti makanan untuk kelangsungan hidup. Akan tetapi, yang lebih sering terjadi kita mengorbankan waktu tidur demi menyelesaikan pekerjaan atau bermain daripada melewati waktu makan.


Menurut Dr Mary Susan Esther, Presiden American Academy of Sleep Medicine, kekurangan tidur yang kronik (berlangsung lebih dari tiga minggu) akan berdampak pada kesehatan.

Bukan hanya kelelahan dan kurang konsentrasi, tetapi juga tekanan darah tinggi, depresi, gangguan hormon, menurunnya sistem imun, serta gangguan memori.

Jadi, sudahkah Anda memiliki durasi dan kualitas tidur yang baik? Coba cek apakah Anda memiliki tanda-tanda kekurangan tidur berikut ini:


1. Tidak lapar saat makan siang

Kurang tidur akan membuat tubuh secara konstan ingin selalu makan atau justru merasa perut selalu kenyang. Hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu jam biologis yang berpengaruh pada rasa lapar dan kenyang. Ini sebabnya mengapa ada orang-orang yang jadi gemuk atau kurus selama periode kurang tidur.


2. Kurang konsenstrasi

Perhatikan apakah hari ini Anda membuka tiga situs berbeda dalam waktu 5 menit atau berganti-ganti bacaan. Kurang tidur memang membuat kita kesulitan melakukan fokus.


3. Pelupa

Otak memerlukan waktu tidur untuk menyegarkan dan memperbarui diri. Tanpa hal itu, gangguan memori jangka pendek pasti terjadi.


4. "Enggak nyambung"

Tidak bisa mengikuti diskusi karena otak seakan "mampet" merupakan hal yang sering dialami penderita insomnia kronis.


5. Malas

Bila akhir-akhir ini Anda merasa malas saat meeting atau duduk di belakang meja, barangkali penyebabnya bukan karena bosan pada pekerjaan, tetapi karena Anda kurang tidur.


6. Tak enak badan

Sistem kekebalan tubuh diperbaiki dan menjadi kuat kembali saat kita tertidur. Karena itu, mereka yang hobi begadang biasanya lebih mudah terserang flu atau masuk angin. Perkuat sistem imun dengan cara sederhana, tidur 7-8 jam setiap malam.

Sumber :
sourceflame.blogspot.com
Posted by radhite

19 comments:

ReseT said...

we' PERTAMAX+

Anggipriameidy said...

 ke 2

Dzul said...

tak ke telu wae
info bagus

irawan . . . said...

marilah kita tidur . . .

Kusumabudi_wirabhumi said...

mendingan kita tidur daripada belajar berhitung kayak komentator2 di atas tu loh...? ( 1-3 ) gak mutu babar blas..!!

Fahmi Radityamurti said...

Tidur minimal 6 jam, kalo gak mau lifespan berkurang

icha said...

waaahhh saya banget itu wkwkwkwk
apalagi dikejar deadline nyelesain TA, passss banget 

RIDANA PUTRA said...

KALAU PRESIDEN SBY TERLALU BANYAK TIDUR, LIAT AJA BADANNYA BESAR SEPERTI SAPI MALAS. SELAIN BADANNYA BESAR SEPERTI SAPI SAMPAH, OTAKNYA PRESIDEN SBY GOBLOK BIN TOLOL SEPERTI BABI TENGIK. SALAM UNTUK PRESIDEN SBY ASUUUU SAMPAAAAH

Darco Lado said...

Oh baru taw THX atas info. pertamaxxx gan

REMMOARDIAN said...

SUSAH TIDUR GMNA DONK?
 

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

tumben gak ngaku ngaku (Ridana Putra dari PT Santos Kriemer Sidoarjo gak jelas itu)

Radita Chriscangdra said...

setuju... makanya aq bilang apa.... tidur sama surtaling pailng uenak wis... lha wis jam setengah sebelas malem .... besog klo ditanya karna kurang tidur bisa jawab " sa mara sa toki" ...jangan bandel KoNak....

Ahli Matematic said...

ayo tidur..!!

Nyaknyuk_sindycate said...

saya setuju dengan anda ridana putra....presiden itu hanya bisa ngomong2 thok...gak ada kejelasan apa2,,,tapi alangkah baiknya buat ridana putra, untuk tidak comment seperti ini disini, karena ini bukan web untuk mengumpat, tetapi untuk mencari info2 terbaru dari belahan dunia lain...terima kasih...

kimel said...

nice info,..disini bukan forum org intelek seperti anda tuan ridana putra,...anda cocoknya diterminal,..huehuehuehue..

ZahraLysa ^^ said...

tepuk tangan untuk orang gak waras yg bisa ngoceh sendiri

Andescho said...

bodoh

green eagle said...

minum obat tidur...
tpi hti2 g bisa bangun...
wkekekekekekek

nra20 said...

Ijin copas yaaa . . .

Post a Comment