Peneliti Berhasil Ciptakan Otak Buatan Dalam Ukuran Mikro

Tim peneliti dari University of Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, mampu menciptakan otak buatan yang berfungsi baik. Otak buatan berukuran mikro ini bisa merekam memori dalam waktu 12 detik.

Otak buatan ini terdiri dari 40 hingga 60 sel saraf yang diambil dari hipokampus otak tikus. Peneliti mengembangkan organ ini dengan melekatkan lapisan protein dan cakram silikon, lalu menambahkan sel otak dari embrio tikus.


Lapisan protein menjadi medium bagi pertumbuhan sel otak yang berjalin satu sama lain menghasilkan jaringan saraf otak berbentuk cincin.

Usai menghubungkan sel-sel saraf, peneliti memeriksa respon organ dengan mengalirkan arus listrik. Hasilnya, kejutan arus listrik bisa memutari jaringan saraf dan bertahan selama 12 detik. Angka ini jauh melampaui harapan karena perkiraan semula menunjukkan pulsa listrik hanya bertahan selama seperempat detik.

Memori singkat pada sel saraf bekerja hampir mirip dengan memori panjang pada manusia dan binatang. Prinsip kerja memori adalah menyimpan rangsangan cukup lama pada jaringan saraf meski rangsangan tersebut sudah hilang.

"Berbeda dengan sel lainnya, sel saraf terhubung satu sama lain dan bergantung pada jaringan ini. Fungsi satu sel saraf bisa berbeda jika mereka membentuk jaringan," ujar Kepala Tim Penelitian dari Jurusan Rekayasa Biologi, University of Pittsburgh, Henry Zeringue, di laman kampusnya.

Penelitian Zeringue belum usai. Ia bersama rekan-rekannya akan terus mengembangkan otak buatan yang lebih besar dan rumit sehingga bisa mengungkap cara otak manusia mengirim sinyal dan menyimpan informasi dengan efektif. "Kami bisa menelusuri proses mengingat pada manusia."

Sumber :
tempointeraktif.com
Posted by radhite

15 comments:

zaky said...

pertama

Fahmi Radityamurti said...

Tetep skala kecil, gak akan bisa nyaingin otak manusia yang notabene paling canggih :)

Kodok4ebay said...

Artikel yang bagus

Thank You
get4best.com

Samuel Ady Sanjaya said...

otak manusia sudah disesain paling sempurna :)

Steven Setiawan said...

gimanapun otak manusia lebih canggih

mana bisa kalo otak komputernya lebih canggih dari otak manusianya

yoga dan tradisi said...

Gimanapun juga, ga akan bisa menyaingi otak manusia.....

Ridana putra said...

OTAK YG PALING BURUK ADALAH OTAKNYA PRESIDEN SBY.SEJAK DIPIMPIN OLEH PRESIDEN SBY INDONESIA JADI TERPURUK DAN TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN.DASAR PRESIDEN SBY BEROTAK BABI SAMPAH.PRESIDEN SBY ANJING KONTOOOOL

Anan l'Espada said...

kalaupun bisa menyaingi otak manusia, tapi hanya ada 1 yg tidak bisa disaingi yaitu perasaan...

Muhammadarifrizkiawan said...

kecil nye kueeeeeeeeeeeecil tapi bagusan otak manusia,tapi hati-hati nanti ada zombie looooooooo

Ferdy said...

hati2x dnk klo ngmg bos. ente kyk yg paling pinter sndr. padahal lbh g punya otak. bikin koment yg g mutu disini.

Anju said...

Good Experimen,, semua dimulai dari hal yang terkecil te3rlebih dahulu,, soo make everything is true with the science,,, but everything is comefrom our GOD

Rosmayati Dewi said...

hmmmm...

TonyoT said...

emang lu apaan?? kerja dimana ?? jadi apa ?? palingan lu cman penggangguran miskin yang goblok dan ngak punya Otak ....kalo ngomong tu mikir .. merakbal ente ..MadesU

Ana Muthia Alalah said...

kalaupun bisa menyaingi otak manusia, tapi hanya ada 1 yg tidak bisa disaingi yaitu perasaan

Anonymous said...

Ridana tai
Berhentilah berkomentar cabul

Post a Comment