Gajah Tak Pernah Lupa Kawan Lama

Gajah ternyata memiliki perilaku mirip manusia. Mereka sangat suka berteman dan berkelompok. Bahkan, gajah Asia pintar membuat jejaring pertemanan. Hebatnya, mereka tak pernah melupakan kawan lama.

http://1.bp.blogspot.com/-dHRnEeBYEDs/Tb0F75Tax9I/AAAAAAAAAA0/gb8tHi8liAM/s1600/elephant.jpg

Perilaku unik ini terungkap lewat sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Shermin de Silva dari University of Pennsylvania. "Meski rata-rata suka berteman, ada gajah yang memilih setia dengan beberapa teman saja," kata Silva seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut Silva, gajah bisa menemukan temannya meski terpisah oleh jarak yang jauh. Mereka bisa memanggil temannya atau menemukan kawan lamanya lewat aroma tubuh.

"Karena itu, meski sudah lama tak bertemu, ketika bertemu kawan lama mereka bisa akrab lagi," ujarnya.

http://static.howstuffworks.com/gif/elephant-memory-1.jpg

Silva menjelaskan penelitian yang dia lakukan melibatkan 100 gajah betina Asia. Gajah itu hidup di Taman Nasional Uda Walawe di Sri Lanka.

Silva meneliti perilaku mereka selama 20 bulan. Gajah Asia memiliki tubuh lebih kecil dibandingkan gajah Afrika. Selain tubuh, kuping mereka juga lebih kecil ketimbang gajah Afrika.

http://www.ket.org/trips/zoo/images/elephant.jpg

Penelitian ini menguatkan penelitian sebelumnya yang menyebutkan gajah hidup dalam kelompok-kelompok kecil. Biasanya gajah-gajah yang berkelompok adalah gajah betina, sedangkan si jantan memilih independen dan tak bergabung dalam kelompok manapun.

Sumber :
tempointeraktif.com
Posted by radhite

16 comments:

adodar said...

wow.. hebat !

Fahmi Radityamurti said...

Sesuai pepatah: Gajah tak pernah lupa ^^

Steven Setiawan said...

gajah yang bentuknya sama aja gk pernah lupa

coba kalo manusia... padahal wajahnya beda2 tapi tetep aja di lupain
katanya manusia makhluk paling pintar?
hafalin temen lama aja masa g bisa sih >,<
pdhl udah temenan dr lama masa di lupaingk mirip gajah, kalo gajah gk usah di liat wajahnya udah ketauan dari aromanya
lebih setia gajah berarti

Dzul said...

banyak teman donk........

Cans monazio said...

sebenatar lagi para gajah akan punya account facebook...untuk menjaring pertemanan...hahahaha

Pandu Fordiantoro ekoprawira said...

kok di samakan sama gajah???

.1. said...

kita boleh jadi makhluk yang paling sempurna

tapi mahluk hidup lain mungkin lebih mulia dari pada kita

coba said...

dalam film dokumenter katanya gajah juga bisa nangis klo ada temen yang mati dengan cara mengangkat sisa2 tulang gajah yg mati sambil teriak2. gajah emg hebat.

Miun said...

Pakai facebook juga nggak ya buat jejaring pertemannannya? hehehe

Clever Sakhura Haruno said...

beuh..  gw ajch msih agk phikuuunn

Arman Vidya Anggara said...

 ga ada mahluk hidup lain yang lebih mulia dari kita karena kita di ciptakan tuhan paling sempurna dari ciptaannya yang lain...

zaky said...

wah hebat

Ipan Sopandi said...

 Subhanallah

chy said...

waahhhh.... subhanallah y....

tapi,,tumben neh,,gk da komen dr si RIDANA PUTRA ntu???
bagus lah!!1

Doni M said...

mk marilah pacaran dan menikah dengan gajah....krn gajah lbh setia...manusia lbh bnyak seperti perangai buaya dan ular,,,,,menakutkan

Herlan Santoso said...

GUA MAU NIKAH MA GAJAH

Post a Comment