Apa Kabar Dunia

Cryonic, Mayat Dibekukan Agar Bisa Dibangkitkan Lagi

Cryonic merupakan teknik pembekuan mayat agar selnya tidak rusak, sehingga bisa dibangkitkan lagi suatu saat nanti. Penemunya adalah Robert Ettinger, yang baru-baru ini meninggal dunia dan menjadi pasien ke-106 yang memanfaatkan teknologi ini.

http://www.immortalhumans.com/wp-content/uploads/Cryonic_Head_small.jpg
Ilustrasi

Jenazah Robert yang meninggal di usia 92 tahun pada Sabtu (23/7/2011) langsung diproses beberapa menit setelah dinyatakan meninggal, dengan diberi lapisan es. Selanjutnya, jaringan tubuhnya diisi dengan senyawa tertentu lalu dibekukan dengan nitrogen cair.

Setelah itu, jenazah Robert dimasukkan dalam peti khusus yang dinamakan cryostat untuk menjaganya agar tetap berada di bawah titik beku. Pada kondisi demikian, diharapkan sel-selnya tidak rusak sehingga jika teknologinya sudah memungkinkan mayatnya bisa dibangkitkan lagi.

http://www.boingboing.net/images/pic-03-plattblog_alcor.jpg

Robert Ettinger adalah ilmuwan Amerika yang juga seorang veteran Perang Dunia II menemukan teknologi pembekuan mayat ini. Pada tahun 1976, ia mendirikan yayasan bernama Cronic Instistute. Dari yang semula anggotanya bisa dihitung dengan jari, pada tahun 2000 sudah mencapai 900 orang.

Tidak semua anggota ingin mengawetkan mayatnya sendiri jika kelak meninggal dunia, sebagian hanya ingin mengawetkan DNA (deoxyribo nucleic acid) atau organ tertentu. Bahkan ada yang hanya ingin mengawetkan binatang peliharaannya, terutama anjing dan kucing.

Hingga kini, Cryonic Instutite tercatat sudah membekukan 64 mayat binatang peliharaan termasuk anjing, kucing, burung dan hamster. Sementara untuk jenazah manusia, Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut.

http://www.nurulquran.com/noor/Presentations/cryonic/cryonics_2.jpg

Jenazah pertama yang dibekukan dengan teknik ini adalah Ibu kandung Robert Ettinger, Rhea Ettinger yang meninggal tahun 1977. Jenazah kedua adalah istrinya sendiri Elaine, sedangkan istri keduanya yakni Mae Ettinger menjadi pasien ke-34 yang mayatnya dibekukan dengan cryonic.

Selain Cryonic Institute, ilmuwan yang tinggal di Detroit ini juga mendirikan Immortalist Society yakni sebuah organisasi untuk para ilmuwan yang mendalami cryonic dan teknik lain untuk memanjangkan umur setelah kematian.

Robert sendiri sebelum meninggal telah berpesan agar tidak ada upacara pemakaman untuk dirinya karena yakin suatu saat nanti akan hidup lagi.

"Robert sangat menginspirasi gerakan cryonic. Ribuan orang di seluruh dunia mencarinya dan pasti sedih mendengar kematiannya, tapi semoga suatu saat nanti dia akan kembali lagi," ungkap David, anak Robert seperti dikutip dari Detnews.

http://assets.nydailynews.com/img/2011/07/26/alg_robert_ettinger.jpg
Robert Ettinger

Teknik cryonic adalah dengan cara sirkulasi darah dan pernapasan secara artifisial yang dikembalikan dan serangkaian obat yang diberikan untuk melindungi otak dari kekurangan oksigen.

Pendinginan cepat juga dimulai, yang selanjutnya melindungi otak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan otak tetap hidup selama mungkin dalam prosedur.

Sumber :
detikhealth.com
Posted by radhite

81 comments:

upiya said...

Pertamax gan . Keren ya

sobur said...

manusia yang tidak mau menerima kodrat Tuhan.

Upiya Riley said...

pertamax gan

Andifauzanfauzan said...

wahwhawah

Fahmi Radityamurti said...

Meninggal dan diawetkan dengan harapan bisa hidup kembali setelah ada teknologinya? Hampir mustahil sih ~~

Putu Sanpala said...

jadi zombie tuh...
:D

Oranghebat said...

hanya orang gila yang mau mayatnya jadi bahan percobaan kaya gitu

Anonymous said...

Jangan bilang yg ini mustahil, kita sebagai manusia tidak ada yg tahu. Dulu waktu manusia ingin membuat pesawat terbang, manusia lain bilang mustahil tapi kenyataannya sekarang kita bisa terbang dengan pesawat

ASDF said...

GILA AJ....

MELAWAN HUKUM TUHAN.

ZevaDaiva said...

klo berhasil, manusia jadi tambah banyak donk!!! lah yg mati idup lage!!! zzzz ad2 aj, hidup ini!!!

MurasakiVanIris said...

wah...wah....itu mah namany melawan hukum alam...

Dzul said...

trus klo hidup keluarnya gmana? klo gak ad yang bantuin?????????????? aneh"

Isya said...

cryonic institute ada website ato nomor yang bs d hubunginya ga ya?? mau terus ikutin perkembangan jaman nih.

Samuel Ady Sanjaya said...

tidak mengurangi kepadatan penduduk dong?

Gatok hasan said...

Aneh banget jadi manusia tak akan pernah mati donk...>>>>  Tambah gile nie zaman sekarang

nn said...

klo yg udah tua ngapain d idupin lagi mang bisa apa??? lagian masa dah jd mayat, bisa di hidupkan lagi... arwahnya aja dah tau k mana

Kang Baz said...

Bahkan SANGAT mustahil...

Dipikirin terus sampai matahari terbit dari barat pun, tidak akan mungkin ada teknologi yg bisa membawa ruh orang yg sudah mati dari alam kubur kembali ke alam dunia, sebagaimana tidak mungkinnya kita masuk kembali ke dalam rahim ibu kita....Wallahu a'lam.

Kang Baz said...

Pemikiran orang GILA!! Meskipun jasadnya tetap awet sampai ribuan atau bahkan jutaan tahun, tapi selama ruh nya tidak bisa kembali ke dunia maka tetap saja dia akan M.A.T.I....

Dan mau dipikirin terus sampai matahari terbit dari barat pun, tidak akan mungkin makhluk yg sombong dan lemah seperti manusia akan mampu menciptakan sebuah teknologi yg bisa membawa ruh orang yg sudah mati dari alam kubur kembali ke alam dunia, sebagaimana tidak mungkinnya kita masuk kembali ke dalam rahim ibu kita...

Okelah (saya sih tetap berpendapat tidak mungkin) tapi ANGGAP saja ditemukan teknologi seperti itu, maka akan muncul pertanyaan baru: "Bagaimana caranya membujuk para malaikat supaya dia mengizinkan kita tuk membawa ruh orang mati tsb kembali ke alam dunia??" Padahal malaikat ini taatnya HANYA kepada Allah Ta'ala...

Berani tarung sama malaikat??

Jadi kesimpulannya tetap saja: TIDAK MUNGKIN...
Wallahu a'lam bish-shawab...^__^

RosellinoWhiteBlaze said...

perbuatan sia-sia n buang2 uang!!kryonik itu mahal,pengawetan sih mungkin,tp pembangkitan??diawetkan n dtaruh di lemari es buat apa??kan mending diawetkan n ditaruh di tempat kaca biar bisa skalian bisa diliat2.

masyola said...

itu bwt orang islam bang, tapi tdk smua orang tuh beragama.

masyola said...

mungkin2 aja, tapi klo pun bisa, blom tentu ada yg mau ngidupin tuh orang kan

Andescho said...

Buang-buang dana aja.., buat penelitian kok yg aneh..pasti akibat kelebihan pintar tu ampe mau lawan hukum alam..

--------------------------------
Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut. klw emang bisa menghudipkan orang mati kenapa mayat yg pertama kali di bekuin ga di hidupin lagi padahal penelitiannya udah dari tahun 1976..?

kondom bekas said...

ada kehidupan pasti ada kematian...
anggapan tuh orang mah, ada kehidupan tp g ad kematian... wkwkwk

.1. said...

ya namanya juga manusia, kalo bisa ya hidupnya lama, iya nggak?? gue sih nggak mau munafik ya, gue mau dong bisa hidup lama, tapi ya caranya nggak gini juga..

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

Lebih tepatnya tiak semua orang beragama islam.

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

 Ngayal aja ilmuan mana bisa membangkitkan orang mati.Manusia yg bia membangkitkan org mati hanya nabi Isa AS itupun dengan izin allah.Teknologi tidak akan pernah menyaingi mukzizat,jadi mari tunggu kelahiran kita yg sebenarnya di Akhirat.

Lokki Armagedon said...

jangan menghina mimpi orang lain gan, kan dia berjuang keras untuk bisa bikin tempat penyimpanan itu

DOdol said...

NGGA MUNGKIN... X_X

eny ajah said...

ilmuwan yg aneh...?????

Puput Fatimah said...

hanya orang bodoh yang mau digituiin, mana mungkin orng yang uda mati idup lagi -..-"

muhammad husni nur said...

daripada menilik dari segi keimanan yang emang udah ga terbantahkan n kadang bikin kita ngrasa paling bener, ga da salahnya menggali dri segi ilmu pengetahuan, toh ilmu pngtahuan jg ga dlarang sm agama...gw sh cma pngen tau aja dfinisi kmatian scra ilmiah bwt tu propesor, ape nyawa lo tetep ad di badan wktu lo ud mati?kaya batre di maenan bocah yang tnggal di ceklekin saklar ON/OFFnye?klo ga, yg bisa bikin lo idup apa'n dong?bukn cma jasmani aja kan?cara ngbalikin tu nyawa gimana n d'mana jg prop???ap ga mungkin jg klo jasad ol yg ud kga ad nyawanya di isi ame kuntilanak?(ky klo ksurupan gtu/indonesia bgt...) setan bisa jd manusia jg dong hahah

Rie_bme said...

di ibaratkan tuch teknologi bisa ngasih nyawa lagi ke mahluk yang uda mati donk ! ! ! !...sangat mustahil klo ada yang seperti itu... dah kaya tuhan ajj tuch teknologi...

The Pink WidRy said...

Ckckckck,, Bener2 dAh meLAwan kEhenDak Tuhan,,,
kLo Tuhan Berkenen kiTa maTi, ga boLeh ngLawan! dosa,,,

Joko_Lelono said...

Ini bukan melawan hukum Tuhan atau hukum alam,tapi mencoba menjadi Tuhan!!!ilmu tanpa didasari agama,semua akan sia-sia...

gak percaya said...

belum orang yang menggunakan teknologi tersebut dan hidup lalu di wawancarai

Orang bodoh said...

hmm,,bukan gak mgkin jg sih...contoh manusia prasejarah dulu gak pernah kepikiran bisa komunikasi sama manusia lain yang jarak'y jauh bgt dr tmpt dy berada,,toh skrg udh d temuin teknologi telpon/handphone...mgkin aja d taun 2050 nanti teknologi pembangkit raga ini bisa direalisasikan...CUMAN mgkin cuma jasad'y aja yg bisa gerak...tanpa ada'y perasaan atau akal,,ya semacam mayat hidup gt lah...

Adhie_steven said...

hi Ngeri

Arga gabriell said...

orang yg mti....ya mti mw di bekukn jasadnya tpi g bkal hidup lagi 

baron said...

sah - sah saja semua idenya,kt hrs "menghargai metodenya" bukan untuk memperpanjang umur,tapi bisa diterapakan untuk memungkinkan  explorasi manusia ke luar angkasa nantinya,...( mungkin seperti film fiksi ilmiah) kalau kita berfikir NEGATIF terus KAPAN MAJUNYA,  "DUNIA INI BISA MAJU peradabannya KARENA ADA ORANG YG BISA BERFIKIR LEBIH  dari orang biasa.     

Phay said...

mungkin aja bisa nantinya...
tapi ruh nya gak mungkin bisa kembali ke raganya...
jadi yang akan masuk nantinya tuh pasti ruh penasaran kayak kuntilanak..genderuwo...setan .. jin ifrit
hiiiiiiiiiiiiii.........

Dimas Suryadi Prashetyo said...

masih inget ama sodara"nya gk yah...!!!
 

Damar91 said...

Paham ateisme itu tidak ada. Pembuktian tentang adanya tuhan telah dilakukan Einstein kepaad dosennya sewaktu einstein menjadi mahasiswa/masih sekolah. Kesimpulannya Tuhan itu ada dan telah terbukti.
Seandainya tuhan itu ada maka segala ketentuannya pun ada dan pasti berlaku. Hanya saja memang konsep ketuhanan pada masing2 agama itu berbeda.

Yang perlu pembaca tau, Tuhan didefinisikan sebagai Zat yang menciptakan kita semua dan alam semesta lengkap dengan seisinya(termasuk ruh). Sebagai mahluk ciptaan tuhan, pengetahuan kita terbatas. Sekalipun tau caranya membekukan mayat. Tetap Tuhanlah sumber dari segala sumber ilmu.

Ruh adalah sesuatu yeng tidak bisa didefinisikan materi dan asal muasalnya. Kita hanya tau bahwa ruh itu ada. Buktinya ada mahluk hidup.

Jadi, walopun manusia sudah menemukan teknologi pengawetan mayat, bahkan membuat jasad manusia buatan. Tak mungkin akan bisa hidup tanpa ruh.

Kesimpulannya: Jika manusia ingin membangkitkan lagi mahluk hidup, itu tak mungkin tanpa meneliti zat yang namaya ruh! Tentu saja hanya Tuhan yang tau ilmunya. Sementara kita sebagai manusia tak kan pernah melebihi kekuatan tuhan.

Felix Prima Ardy said...

penakut

Wiwekautama said...

kan kaga semua bisa menggunakan teknologi ini gan. karena biayanya mahal

Fiqih Gak Ngawuer said...

eeee, koq q ketinggalan berita yg ini seh!!

Herlan Santoso said...

SATU KATA
KONYOL !!!!

iDoodie said...

agak melawan hukum alam, tapi agak kurang masuk akal... :? jd bingung sendiri nih... wkwkwkwk

G3or93 said...

Usaha ini patut di hargai, walaupun kedengarannya hampi tidak mungkin.
Inilah perkembangan tekhnologi, dan apabila kelak bisa kembali hidup, itu tetap atas izin dari yang Maha Kuasa,

Ahli Matematic said...

hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.............

Hanifa_Dila said...

GembLungg

ㅤㅤ ㅤㅤ said...

rohnya pake ap??? batere alkaline???

yudi said...

bukan gila....dah nak mati orang tu..melilu..

Haris_kerendanpaten said...

buat sesuka hatimu, tapi ingat bahwa kamu akan mati.......

abdee said...

eedaaaaaaannnnnnnnnnn...
ko' ngalawan kekuasaan e allah...utek e erooor..

otekno said...

anda2 saja.jasadnya yg awet,tp nyawanya mo beli kmn?

Sss said...

zombi dong....

Zachary gordon said...

kayak aang\avatar aja pake dibekukan segala
wkwkwk

Itsukialvin said...

 I think its really impossible !
nyawa kan ga bsa balik lgi,

Nailatul mila zahwa said...

masa sih.......kan arwah nya udah di ambil sama malaikat.....di bekukan kok jadi hdup lagi??...aku gk  percaya????...

orang mati itu kan ada di tangan allah.dan oleh malaikat orang itu di cabut nyawanya...karena umurnya..sudah tidak panjang lagi.

Septi Nuraeni said...

mereka hanya orang2 yg tdk mengerti agama.

Eli said...

alahualam....! tp menurut sy,tdk mgkn..andakan mgkn bumi ini tak akan mampu menopang manusia yg bejibun bykx utk kembali hidup lg..yg ada mereka akan menjadi ZOMBI..apa pencernaannya mampu,sdgkan binatang aja qt bekukan bsok yg ada jd bangkai..so,imposible

jojo said...

ckckckckckckck....
punya tuhan ga siii?

Christian said...

sejak kapan Einstein punya Tuhan???
zzzzz.....menjelang kematian nyaa...Einstein tetap pada Atheis nya...

dan melepas Yahudinya...
ckckc

Dipo Oktama said...

tu org klo diidupin jdi cyborg kli......

Dipo Oktama said...

mank nyawa`a jual dmna? pesing koneng?

Didi said...

heheh disini ngomongin tentang agama semua :D

Fadhlan said...

sangat mustahil...

yg menentukan hidup dan mati itu hnya Allah S.W.T bukan ilmuwan yg gila ini...

bner gg gan.?

Fajarvikri2692 said...

lebih baik 1 orang muda yang hidup untuk menentukan arah pandang nya di bandingkan 10 orang tua yang hanya menunggu kedatangan nya..
maksudnya ngapain juga udah tua di awetin di idupin lagi. pertanyaan nya roh nya dari mana???. apakah roh dapat di beli???. atau dapat membagi roh???.
manusia semakin pinter semakin gag punya pikiran menurut gua. atau mungkin tuh orang pengen ngoleksi mayat kali ya saking gag punya temen nya..
bikin emosi ih nih artikel....

Itsukialvin said...

Ipodnya bagus, hehe

CALON TUHANNYA ATHEIS said...

Jenazah pertama yang dibekukan dengan teknik ini adalah Ibu kandung Robert Ettinger, Rhea Ettinger yang meninggal tahun 1977.
lah...ini jenazah pertama dari tahun 1977 belon idup juga ampe sekarang,begene neh kalo cuma mengandalkan LOGIKA doang,mikir panjang tapi ga pernah nyampe,bhbhbhbhbhbhbhbh...muncrat dah...

Xxxx said...

yah tidak boleh begitu donk..tiap2 orang kan ada pendapatnya..buat mereka tidak ada yang namanya ruh, roh, jiwa, ato sebagainya...

sah2 saja orang berpendapat..

sisi positifnya..mereka bisa tuch buat teknologi gitu..lu orang bisa?

open minded said...

buang dana? duit juga bukan duit lu...

namanya teknologi, ilmu, penelitian, semua butuh waktu..

indonesia sudah merdeka dari tahun 1945, napa sekarang masi saja tertinggal dari singapura yang lebih lambat merdeka ? karena pemikirannya kyk lu nich bro..

open minded said...

dulu orang berpikir bagaimana bisa terbang, pesawat tercipta..bahkan lebih jauh..orang sudah bisa kluar angkasa...

semua itu ngak pakai LOGIKA apa bisa ?

lu orang bisa baca blog and ngepost ini, internet, komputer, laptop...karena mujizat ? berdoa trus tiba2 muncul ?

semua ini karena LOGIKA..

Tangankanan56 said...

.cuma dadzal yang bisa bangkitin orang mati,,,,,,,     berarti dia mungkin mnunggu untuk di bgnkitkan oleh dadzal.... smbil berendem di es..  hhahahha

reaper said...

udah gimana dia aja dah toh yang ngerasain dia juga
kalo berhasil ya syukur kalo engga ya mo gimana lagi...
yang penting usaha aja ga da salahnya
soal maya pertama yang di awetkan ibunya sendiri mungkin karena saking sayang nya dia sama ibunya...

ken said...

gw juga pernah berfikir kek gitu ( ngebekuin manusia nanti di cairin lagi ) terinspirasi dari film scooby doo yg episode manusia goa wkwkkwkw..

Olif said...

pake minyak tanah kle..
:D
klo udah mati ya mati aj. ksian..pst t'siksa bgt dy dsn.

razeluxe said...

wew cool banget tuh (dingin bukan keren bro)
wkwkwk.....

Fahadbamajburfahad said...

 mustahil banget

Restu Veryan Wijaya said...

kalau mati ya mati ajaaaaa.......

Anonymous said...

Gampang,.
nyuruh orochimaru pake Jutsu edo tensei'y aja.

Post a Comment