Apa Kabar Dunia

Al-Qur'an dan Sains: Akhir Alam Semesta

http://static.republika.co.id/uploads/images/headline/ilustrasi-_110721095351-676.jpg

Oleh: DR Abdul Basith Jamal & DR Daliya Shadiq Jamal

Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa benda-benda di jagad raya ini, pada mulanya satu, lalu tercerai-beraikan setelah terjadinya ledakan besar yang mengakibatkan keterpisahan antara satu benda dengan benda lainnya.

Sehingga membentuk gugusan benda-benda langit yang terdiri dari galaksi, bintang, planet, satelit dan lain sebagainya.

Namun tentunya keseluruhan benda langit ini tidak mungkin akan terus ada tanpa ada batasnya. Bahkan secara pasti, dapat ditegaskan bahwa seluruh apa yang ada di alam semesta ini akan berakhir.

Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui akhir alam raya ini. Dalam melakukan penelitian tersebut, mereka menggunakan hitungan energi yang mendorong alam raya ini agar secara terus-menerus mengalami penambahan.

Penggunaan energi ini dimaksudkan untuk menciptakan pemuaian alam secara terus-menerus dengan batasan. Ia tidak boleh melampaui kuantitas penambahan energi yang telah ditentukan, yang dapat mengakibatkan alam raya ini meledak.

Penelitan yang mereka lakukan, menghasilkan dugaan bahwa suatu saat energi yang terdapat di alam raya ini akan melampaui batas keseimbangannya yang menyebabkan kehancurannya.

Sebagaimana dulu, benda-benda yang ada di alam raya ini terbentuk setelah terjadinya ledakan besar, maka benda-benda ini juga akan hancur setelah terjadinya ledakan besar yang diakibatkan kekuatan energi yang melampaui batas kemampuannya.

Al-Qur'an telah menggambarkan akhir alam semesta ini yang menyerupai awal pembentukannya, sebagaimana yang terdapat pada surah Al-Anbiya ayat 104. Allah SWT berfirman:

"(yaitu) pada hari Kami gulung langit seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati. Sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya."

Pengungkapan dengan menggunakan kata 'Kami gulung langi', adalah cara pengungkapan yang sangat teliti sekali yang dimaksudkan untuk menggambarkan penyusutan alam semesta ini, karena energi yang terdapat di dalamnya telah melebihi batasan yang telah ditentukan.

Al-Qur'an di bagian lain ayatnya, mengungkapkan penciptaan kembali alam semesta setalah ia melewati batas energi yang ditentukan. Allah SWT dalam surah Ibrahim ayat 48 berfirman:

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit."

Sumber :
republika.co.id
Posted by radhite

54 comments:

Nadia_luvkyle said...

sungguh, yang ada di Al-qur'an itu benar adanya :)

Fiqih Gak Ngawuer said...

astaga, semoga jangan cepat berakhir dunia ini,,,,

Clever Sakhura Haruno said...

ya allah,aku siap kapan saja dunia ini berakhir...
tapi, jngn pishkan aku dengan dia..
dan hapuzkanlah dosa ku....amiiiiinnnn

Arsenalic Waras Selamanya said...

alquran memang benar adanya....tiada diragukan lagi kebenarannya...
bagus mas bro inponya..
tp kurng mendetail....jdinya nanggung beritanya....

Helmiabdurrosyid said...

subhanallah......

:matabelo

Rikocahanarki said...

saya siap jika dunia ini hancur,,,tapi ya allah jangan pisahkan aku dengan keluargaku ya allah,dan hupuslah semua dosa mereka...ammiieenn ya robal alamin
 

Fatiha said...

Saya setuju segala sesuatu di alam semesta ini akan berakhir....smg Alloh mengampun segala dosa dan kekhilafan ku ....*cuma isinya agak nanggung yah....:p

Salsabila2805 said...

memang i like it allah swt i love and nabi muhammad saw

Andescho said...

yang pastinya mari kita banyak-banyak berbuat kebaikan, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Anonymous said...

Apakah sudah ada buktinya bahwa alquran itu benar? Tunjukan di mana buktinya. Semua ini belum terjadi, knp pada bilang kalau alquran benar? Buktikan dulu baru bilang itu benar.

Boyfitzz said...

can u speak english bro

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) Langit.kutipan ayat ini berarti rehabilitasi bumi untuk persiapan hari kebangkitan dimana tidak ada tempat tinggi dan rendah juga dimana seluruh rahasia semesta di ungkapkan bersamaan dengan pengadilan illahi,itulah padang masyar.

Ainie_fisika08 said...

sesungguhnya segala ilmu yang ada di bumi, telah ada di dalam Al-Qur'an.

Muhikhsan89 said...

ya modah modahan bisa berahir aminnnn

Paras said...

kata kami itu apa maksudnya tuhan kan satu kan kok ada kata kami gitu,apa maksudnya itu  

Neng Puri said...

allahu akbar !

siapa aja boleh said...

al-quran itu isi dari perjanjian lama alkitab yang sudah ada sejak 2500 sm , sedang kan islam baru ada tahun 300an , dan menjiplak isi perjanjian lama kami

Arman Vidya Anggara said...

apa anda tidak pernah mendengar bawha islam penyempurna dua agama yahudi dan nasrani....
sebagai penyempurna maka alquran kitap yang lebih lengkap dari bibel/injiel taurat.. dan kalau anda bisa mengerti  dan jangan pernah menyudutkan agama orang lain... dan bagimu agamamu dan bagiku agamaku..

Yudha Pratama Putra said...

Maaf, bukannya mau berdebat masalah yg nyerempet SARA. Islam itu diturunkan sebagai penyempurna, karena wahyu2 yg sebelumnya sudah tidak murni lagi. Pada dasarnya Islam maupun Kristen itu bersumber dr ajaran yg sama, yaitu agama samawi. Dalam Islam, kami kami juga harus mengimani kitab yg diturunkan sebelum Al- Qur'an [kitab Taurat, Zabur, Injil]. Al-Qur'an dan Islam hanya sebagai penyempurna, karena di dalam perjalanannya, kitab2 terdahulu tersebut sudah tidak murni lagi, sudah diutak-atik oleh manusia. Urusan Anda lebih percaya agama yg mana, di dalam Al-Qur'an juga sudah disebutkan tidak ada paksaan dalam beragama. Lakum dinukum waliyadin. No offense. : )

Yudha Pratama Putra said...

Mengapa kalimat "Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir" selalu diulang2 berkali2 di dalam Al-Qur'an? Sudah pasti karena kalimat itu sangat2 penting hingga harus ditekankan berulang2 kali. Subhanallah.

Semakin kau mempelajari ilmu alam, maka kau akan tahu sebegitu dekatnya hubungan antara alam dan Tuhanmu. Karena hanya kaum yg "berpikir" lah yg mampu melihat "tanda-tanda" itu.

Revisi_as_built said...

 jgn bilang menjiplak isi perjanjian lama kami. karena itu juga menjiplak dari kitab nya yahudi. edisi terbaru pasti lebih sempurna dari edisi lama.

Rachmad Evolution said...

untuk yang menginginkan kebenaran,, tolong baca web ini dengan seksama..!!

http://ita081325537150.wordpress.com/2009/09/03/mana-yang-bisa-dipercaya-injil-atau-al-quran/

tolong dibaca sedetail2nya... luangkan waktu untuk membaca ini demi kebenaran dan masa depanmu kelak di akhirat...

yoga insomnia said...

Sudah ditakdirkan seperti yang tertera di Al Qur'an....

khairul said...

Bisa jadi Allah menciptakan alam lain seperti alam ini setelah kehancurannya.
Menunggu penciptaan alam yang baru, seluruh makhluk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Wallahu a'lam bissawab

bigpennist said...

ya tuhan.. aku masih indent cbr,,,,, masih agak lama turun... jangan cepat2 kiamat nya.... 

fadl said...

tulisan ga keren blas.

sf_fitriii said...

Al-Qur'an itu murni firman Allah,,tidak ada revisi didalam Al-Qur'an
benar bisebutkan bahwa Islam dan Al-Qur'an itu adalah penyempurna,,,
Ayat didalam Al-Qur'an tidak ada yang dibuat oleh manusia,jadi Al-Qur'an tidak untuk kepentingan golongan atau individu tertentu tetapi untuk semua manusia,,dan bagi yang mengimani dan mengamalkan maka surga pahalanya,,
Setiap individu memiliki keyakinan masing2,,,Lakum dinukum waliyadin
Resiko ditanggung masing2...

Revisi_as_built said...

baca yang bener dulu. pahami baru jawab.

Gwok_04 said...

maaf ini semua anda katakan karena tidak membaca kitab injil yang sebenarnya...atau THE ORIGINAL INJIL karena anda semua membaca kitab yang sudah di acak acak dan diotak atik oleh pemuka agama entah untuk kepentingan pribadi atau apakah???contoh ada dosa yang ditebus dengan uang, kasian orang miskin pasti banyak dosanya, masa ada pahala dan dosa bisa dibeli dengan uang,kalian yang sudah menjadi rahasia umum...sadarlah akan kerukunan umat beragama tolong carilah INJIL KALIAN YANG ORIGINAL

LoveHeart said...

Bisakah Anda menjamin/membuktikan bahwa kitab sebelumnya (khususnya Injil) telah di utak-atik dan dirubah isinya oleh manusia? Karena seperti hal-nya Al Quran (yg jika betul2 firman Tuhan) selalu dijaga keasliannya oleh Allah, maka jika Injil dan Al Quran berasal dari Tuhan dan agama yg sama, seharusnya Allah pun SANGGUP MENJAGA KEASLIAN KITAB INJIL.

Jika Anda percaya Injil telah dirubah, maka Anda tidak beriman kepada Allah karena Anda meragukan kemampuan Allah sendiri.

Status saya masih Islam sampai saat ini. Tetapi saya semakin meragukan Islam.

Pernyataan saya bukanlah SARA, melainkan hasrat murni atas konflik dalam diri saya.

Antitrust0274 said...

Dasar penginjil

LoveHeart said...

dijawab dulu, baru ngumpat. PAKAILAH HATI KALAU BICARA

Adi Aswaa said...

Kitab injil yang asli sebenarnya masih dijaga oleh Allah SWT, namun pada saat perang salib kitab tersebut telah disembunyikan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab karena mereka takut tidak akan dihormati lagi. Sebagaimana dalam sejarah, bahwa kelompok gereja pada jaman dulu sangat tinggi kedudukannya di masyarakat, bahkan juga dalam berpolitik.
Bahkan dulu ada rumor bahwa kitab suci Al-Qur'an pun pernah dirubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Buat apa juga kita saling memusuhi, padahal musuh semua agama adalah sama, yaitu Dajjal Al-Masih, yang digambarkan Rosululloh sebagai musuh yang licik dan akan menyesatkan seluruh ajaran agama.
Janganlah ragu dengan apa yang kamu yakini, sama saja Anda orang yang MURTAD.
Semoga dapat meluaskan wawasan Anda.

LoveHeart said...

terimakasih untuk balasannya.
yang jelas diskusi tidaklah untuk mencari musuh.

Wongsinting said...

biarlah mereka memilih keyakininan mereka masing2, semua para nabi dan rosul sesungguhnya mereka membawa agama samawi yang allah turunkan kemuka bumi, dan di sempurnakan oleh mahluk yang di muliakan di langit dan di bumi. dan di jadikan imam tuk semua nabi dan rosul dan seluruh mahluk seru sekalian alam, MUHAMMAD ROSULULLAH SAW yang membawa risalah AL QURAN dan HADITS. penyempurna dari taurat,jabur,dan injil. semoga ALLAH SWT memberi kan mereka hidayah yang meragukan islam rahmatan lilalamin, agar kembali kepada agama samawi yg hakikih... amin ya robbal alamin.

endah said...

 Halo teman! aku hanya ingin berdiskusi sedikit menjelaskan kenapa Al-Qur'an selalu dijaga. Dari Jaman Nabi Muhammad (Rasulullah) sampai sekarang, bacaan dan tulisan asli masih tetap dan tidak ada perubahan yaitu menggunakan bahasa Arab meskipun telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa, tetapi bahasa aslinya selalu disertakan, hal itu karena dilakukan untuk menjaga keaslian isi Al-Quran itu sendiri. Sementara kitab-kitab terdahulu, tulisan aslinya sudah tidak ada lagi, sementara orang-orang ahli kitab yang benar-benar hafal isi kitab terdahulu sudah tiada. Sementara ketika Rasulullah mendapatkan wahyu (Al-Quran) disamping dihafal sendiri juga diberikan sahabat-sahabatnya untuk membantu pengingatan di samping dihafal oleh sahabat-sahabat Rasulullah Al-Quran juga ditulis dikulit binatang. daun juga batu. Setelah Rasulullah meninggal, lalu dibuatlah mushaff ketika terjadi saat pemerintahan Abu Bakar (sahabat Rasulullah) yang memiliki gagasan tersebut adalah Umar Bin Khothob yang juga sahabat dekatnya Rusulullah dimana para sahabat yang benar-benar dijamin hafal Al-Quran, kemudian diutuslah Zaid Bin Said untuk memulai menulis Al-Quran. Hingga sampai saat ini Al-Quran tidak ada perubahan apalagi ada edisi REVISI. Sekarang tinggal bagaimana umat manusia memahami, mempelajari dan mengamalkan isi Al-Quran,adalah tergantung pada individu masing-masing. Karena hukum Islam tidak ada dosa yang TERTEBUS. Semua dosa ditanggung masing-masing individu selama hidup didunia dan dosa hanya Allah yang menentukan.
Nah sekarang yang menjadi pertanyaan saya, Kalau ada Kitab yang direvisi? bagaimana bisa kitab itu asli dari Allah? La kalau yang merefisi manusia biasa bukan utusan Allah bagaimana juga keaslian kitab itu sendiri? padahal dulu ajaran dari Kitab Taurat, Zabur dan Injil sebenarnya sama dengan Al-Quran, Dan karena ketamakan manusia demi kepentingan diri sendiri akhirnya banyak terjadinya penyimpangan isi kitab maka Allah menurunkan Al-Quran sebagai penyempurna dan penjelas dari kitab-kitab terdahulu. Jadi kesimpulannya sebenarnya kitab terdahulu adalah benar. Jika anda bukan seorang muslim cobalah untuk mempelajari dan membandingkan ajaran kitab anda dengan Al-Quran. Apa yang akan anda temukan? Barulah ambil kesimpulan.

Guest said...

bertobatlah, karena kerajaan tuhan sudah dekat, belum terlambat untuk pertobatanmu , salam kasih

guest said...

Kalian Hanya mengganti nama nabinya saja, ceritanya sama persis dengan injil, bukannya itu menjiplak ?dan berarti juga al-quran sudah di utak atik

Someone said...

Sadarilah, Di al-quran juru selamat itu isa al masih, atau tuhan Yesus sendiri, mengapa kalian tidak beriman kepadaNya ? karena dia lah penyelamat

Fiqih Gak Ngawuer said...

ada apa seh ini?


SAHUR...SAHUR....

Buble said...

 ????? siapa bilang umat islam beriman kepada isa? semua umat islam harus beriman kepada isa, karena dia adalah nabi. jadi bukan hanya isa aja, semua nabi. itu rukun iman. tapi masalah nya kan isa dalam islam sama isa dalam kristen beda orang kayak nya. isa alaihi salam adalah nabi yang bukan anak tuhan, lahir di bawah pohon kurma, saat di penyaliban dia ga mati, tapi diangkat ke langit, dan yang pasti dia bukan tuhan, cuma nabi. kalau isa al masih kan anak tuhan, lahir nya di kandang domba, pas di salib mati, trus jadi tuhan (padahal di ayat lain nya di injil dia ngaku cuma utusan, plin plan atau salah kaprah ya).  kalau bilang isa al masih penyelamat lucu aja. dia aja ga bisa nyelamatin dirinya dari tiang salib.  trus nabi itu penyelamat untuk kaum nya saja. isa cuma untuk kaum nya bani israel (dan para domba domba bodoh macam lo... ayo mbeeekkkkkkkkkkkkkkk)..

Revisi_as_built said...

 yang ngomong al quran di revisi siapa sih?

Dii said...

duh ngomongin agama... emang kalian udah perfect dan expert dalam menjalani agama kalian sendiri ? saya aja merasa belum,makanya ga mengomentari agama lain,apalagi di forum publik. saya muslim,tapi ga beminat untuk berdebat ttg agama sendiri dan agama orang karena saya sendiri merasa belum cukup ilmu untuk ngebahas even it agama saya, apalagi agama orang lain. RELIGION IS YOU AND YOUR GOD'S BUSSINESS. ngerti lah. ga da manusia mana pun yg begitu sempurna berkomentar ttg agama, kita manusia bukan nabi, kita punya pengetahuan yg terbatas soal itu

YG said...

manusia membutuhkan harapan agar semangat, semangat dibutuhkan untuk tetap hidup.

Agama bersifat personal jangan sok ngerti agama, kalau komentar nya tidak seperti orang beragama.

Thanks

no-name said...

pake logika aja deh..
masa isi injil dibuat berdasarkan keputusan bersama? begitu juga dengan tuhannya..
suara terbanyak, dialah yang menang.. ckckck..
pake ada perjanjian lama & baru lagi, yg bener aja donk..
domba..domba..

Delicious said...

maksudnya kata "kami" adalah Allah beserta malaikat2nya...

Herlan Santoso said...

SILAHKAN SEARCH  TENTANG BELIAU
" AHMED DEDDAT "
MAKA SAUDARA AKAN PAHAM MENGAPA ISLAM ADALAH AGAMA SEMPURNA

Oranghebat said...

Kitab injil yang asli masih ada,ukurannya sangat besar dan terletak dibawa gereja vatican . Tapi yang sekarang memang benar sudah diotak atik dan saya sebagai orang hebat tidak setuju injil yang asli disimpan di gereja vatican,harusnya di mekah atau enggak di masjid nabawi biar masih bisa dibaca sama orang islam

Oranghebat said...

Mending lah kita disina orang beragama meskipun berbeda beda,daripada stephen hawkins "SURGA ITU HANYA DONGENG"


Kata stephen hawkins ya bukan kata gue

arjuna said...

itu prtanda bahwa allah itu ngak sombong...

Aditya tyasnatama said...

pasti samopean banyak dosa

Q Think's said...

Kalo dlm al-qur'an menggunakan kata kami, berarti dalam proses/peristiwa tsb terlibat makluk lain spt  malaikat, jika menggunakan Aku, mka hanya Allah yang terlibat.
 

razeluxe said...

siapa aja boleh,, kmu gak tau ya dalam Al-Quran Q.S al-hijr(15) ayat 9 Allah berfirman bahwa : Sesungguhnya Kamilah yang yang menurunkan Al-Qur'an dan Kamilah yang memeliharanya.

jadi udah jelaskan,, gak kan da yang bisa ngerubah Al-Qur'an, karena seluruh umat islam pasti akan tau kalo yang di rubah itu bukan Al-Qur'an.

coba deh kamu baca tuh Q.S Al-hijr,, InsyaALLAH keraguan kamu bakalan hilang deh.....

razeluxe said...

buat Revisi as built,, gan coba kamu baca dulu Al-Qur'an dan artinya,, pasti kamu bakalan terpesona, bahwa dalam Al-Qur'an tu gak perlu adanya revisi, karena apa, karena hukuim Al-Qur'an itu udah dibuat ALLAH untuk seluruh zaman,, bahkan dulu saat Al-Quran diturunkan, hukum untuk zaman sekarang udah tertera di Al-Qur'an

mau bukti,, dulu pas Al-Qur'an diturunkan belum ada yang bertanya tentang ke aslianya,, tapi ALLAH udah tau bahwa nanti akan banyak orang yang ingin menjatuhkan umat islam dnegan berkata bahwa AL-QUR'AN itu udah di otak atik,, tapi ALLAH telah menjawab semua pertanyaan orang2 yg ingin menyesatkan umat islam berabad abad lalu saat AL-QUR'AN turun dengan berfirman di AL-QUR'AN Q.S Al-Hijr ayat 9 : Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al_qur'an dan Kamilah yang memeliharanya.

keren kan gan,,

Post a Comment