Apa Kabar Dunia

10 Hal Menakjubkan yang Ada Pada Tubuh Manusia

1. Manusia dapat hidup walaupun kehilangan banyak organ dalam

http://4.bp.blogspot.com/_5ynVmWVkrgQ/S3PPYdxJBrI/AAAAAAAAAGE/gHkDuyrE2I0/s400/Jam+Piket+organ+tubuh+manusia.jpg

Mungkin banyak diantara kita yang berpikiran, jika kita kehilangan salah 1 organ internal, maka kita akan segera mati, walaupun hal ini berlaku untuk organ hati dan jantung, namun tidak berlaku bagi organ-organ internal lainnya.

Faktanya, walaupun kita kehilangan limpa, 1 ginjal, 1 paru-paru, 75% bagian hati, 80% bagian usus, dan organ lainnya yang terletak di daerah pinggul dan pangkal paha, kita semua masih dapat hidup.

Walaupun fungsi-fungsi organ yang ada tidak dapat berjalan dengan baik dan Anda tidak dapat hidup selama yang diinginkan, paling tidak, Anda masih dapat hidup tanpa organ-organ tersebut.



2. Kematian ratusan juta sel

http://roadtickle.com/img/nature/10-cool-facts-about-the-human-body/red-cells.jpg

Setiap menit, tubuh kita sekarat, ini adalah fakta. Setiap 60 detik berlalu, tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Ini merupakan jumlah sel yang sangat banyak.

Mungkin ada diantara kalian yang berpikir, jumlah sel yang mati sangatlah banyak, kenapa tubuh manusia tidak juga membusuk? Hal ini terjadi karena jumlah sel yang lahir lebih banyak daripada jumlah sel yang mati. Setiap hari, 10-50 triliun sel digantikan di dalam tubuh kita.



3. Rambutmu merupakan "superman" tubuhmu

http://roadtickle.com/img/nature/10-cool-facts-about-the-human-body/hair.jpg

Rambutmu merupakan "superman" tubuhmu, hal ini berarti bahwa rambut merupakan salah 1 bagian pada tubuh kita yang sulit dihancurkan.

Kerusakan rambut berjalan pada tingkat yang sangat lambat dan ini artinya rambut dapat bertahan lebih lama daripada bagian lain dari tubuh.

Faktanya, mumi yang telah dimakamkan ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut di kepalanya.

Perubahan iklim, kelembaban, suhu, atau akibat zat asam dan kimia, tidak dapat merusak rambut kita semua. Satu-satunya kelemahan utama dari rambut adalah api, karena struktur pembentuk rambut terdiri dari bahan karbon.



4. Waspadai kekuatan asam lambung


Perut juga merupakan salah 1 bagian terkuat dalam tubuh. Di dalam perut terdapat asam lambung yang sangat kuat, sehingga dapat melarutkan zat seng.

Kalian mungkin berpikir, dengan asam lambung yang begitu kuatnya, mungkin dapat membuat perut kita bolong, tetapi hal ini tidak terjadi karena lapisan di dalam perut kita dapat segera memperbaharui dirinya dengan begitu cepat untuk mencegah asam lambung merusak perut kita.

Jika bukan karena kapasitas memperbaharui dengan cepat ini, mungkin semua manusia memiliki perut yang bolong.



5. Paru-paru, tulang dan kuku


Berikut ini, adalah fakta dari ketiga hal di atas. Pertama, paru-paru kalian berisi pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Dalam paru-paru terdapat 300 juta kapiler, yang jika kita ambil semua kapiler tersebut, dan kita bentangkan dari ujung ke ujung, maka akan menghasilkan panjang sebesar 1500 mil.

Kedua, kalian dapat mematahkan tulang, tetapi sebenarnya tulang itu cukup kuat. Satu blok tulang sebesar korek api, dapat menahan berat sampai 9 ton.

Ketiga, kuku kalian terus berkembang secara konstan dan ketika kehilangan kuku tangan/kaki, akan membutuhkan waktu selama setengah tahun agar kuku tersebut dapat tumbuh dari pangkal ke ujung kuku



6. Kita selalu tumbuh setiap malam


Setiap malam, tubuh kalian tumbuh sedikit. Diperkirakan, tubuh tumbuh sekitar sepertiga inchi saat tertidur karena cakram tulang rawan tertekan oleh gravitasi ketika kalian duduk atau berdiri. Namun, ketika mulai bangun dan berjalan, tinggi badan akan menyusut ke tinggi semula.



7. Nature's filter


Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh. Yang menakjubkan disini adalah kapasitas filter dari ginjal. Setiap ginjal mengandung 1 juta filter. Hal ini berarti di dalam tubuh mengandung 2 juta filter, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urin 1,4 liter per hari.

Tanpa fungsi filter ini, racun akan menumpuk di dalam tubuh kita dan kita akan sering sakit dan dekat dengan kematian. Inilah sebabnya orang-orang yang mengalami gagal ginjal, perlu melakukan pencucian darah rutin.



8. Tubuh kita panas


Tubuh manusia adalah sebuah mesin produksi energi yang besar. Ketika melihat tubuh manusia menggunakan teknologi infra merah, yang terlihat adalah pancaran panas yang keluar dari tubuh manusia. Panas yang dihasilkan oleh tubuh, membantu manusia untuk tetap hidup.

Faktanya, tubuh manusia dapat menghasilkan panas hanya dalam waktu 30 menit, dimana hasilnya adalah panas tersebut dapat membuat setengah galon air mendidih.

Yang terlihat memang tidak seperti ketika memasak air hanya dalam waktu beberapa menit di atas kompor, namun ingatlah bahwa dengan panas tersebut dan tanpa melakukan apapun setiap hari, panas itu membuat kita tetap hidup hingga hari ini.



9. Kita adalah makhluk visual


Kita adalah makhluk visual karena sebagian informasi yang kita peroleh berasal dari indra penglihatan daripada indra lainnya.

Meskipun kelelawar dapat memproses sebagian besar informasi melalui telinganya, kita memproses lebih dari 90% informasi melalui mata kita, sedangkan 10% informasi lainnya diproses melalui indra sentuhan, rasa, bau, dan suara.



10. Melewati batas kecepatan


Tubuh manusia tidak dapat bergerak secepat binatang lain, cheetah contohnya, tetapi manusia bisa melebihi kecepatan 100 mil per jam dengan sesuatu, yaitu saat kita bersin.

Ketika kita bersin, kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan 100 mil per jam. Dan itu merupakan sesuatu hal yang harus dibanggakan.

Sebagai tambahan informasi, apabila bersin, jangan ditahan. Apabila tetap nekat menahan bersin, akibatnya adalah menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung, mimisan, pecah gendang telinga, gangguan pendengaran, vertigo (gejala sakit berupa sensasi berputar), dan retina yang terlepas atau mengalami emfisema.

Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Jadi kalau bersin jangan ditahan ya.

Sumber :
kaskus.us
Posted by radhite

14 comments:

Ikmal Edi Nugraha said...

wew ternyata manusia mahluk SUPER

Fiqih Gak Ngawuer said...

manusia = SUPERMAN

Jauharwibisono said...

tulang 1 korek api=9 ton
tulang paha kaki=?!@#$%^&*()_+=-{}][????/}

Neo Toshiya said...

wah, kecepatan bersin aja 100 mph.....
bisa dijadikan alat transportasi baru tuh.....
awk awk awk......

Neo Toshiya said...

tulang paha kaki enak buat sup.......

Fahmi Radityamurti said...

Yoi setuju banget sama fakta-fakta di atas. Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dengan kesempurnaannya :)

Andescho said...

weeehh.., mantap.. baru tau ane gan.. :D

Maulana Yaritsul Firdaus said...

allhamdulillah ane idup jadi manusia gan, ternyata manusia beda2 tipis ama superman ya? hehe

Syamsulfachry said...

jadi setiap manusia punya superman...g nyangka gue....

Gumet GumGum said...

ajiibb..

Agus Priyadi said...

apalagi kalau manusia bisa menggunakan panasnya untuk menekan grativasi bumi.. bisa bisa manusia bisa terbang tuch... :D

Rendyrifaf said...

hai brur qtha ruz b'syukur jdi mnusia.xhadt mnusia n2 makhluk smpurnha yoa xgxzz...........................?????????????????

Yogi_garniadie said...

Wah memang bener , kalo paru - paru nya hilang 1 masih bisa hidup ? terus saluran pernafasannya bagaimana ??

marvin_022 said...

alhamdulillah, , ,  , jika manusia mahluk yg ajieeeb
]

Post a Comment