Apa Kabar Dunia

Risiko Lubang Hitam Kian Menakutkan

Lubang hitam mampu menelan berbagai benda angkasa. Semakin banyak yang ia telan, semakin besar daya hisapnya. Namun risikonya tidak hanya itu.

Lubang hitam merupakan wilayah luar angkasa yang dapat menelan gas, debu, bintang, planet, maupun benda angkasa lain yang ada dalam suatu galaksi. Gaya tarik gravitasinya sangat kuat. Sebuah planet yang melintas di sekitarnya tidak akan selamat dari hisapan lubang itu.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1617722.jpg

Banyak astronom khawatir aktivitasnya yang semakin liar akan mampu menelan planet Bumi. Lantas apa yang membuat sebuah lubang hitam mampu menyedot benda-benda angkasa di sekitarnya?

Sebenarnya ada teori yang menyebutkan, daya hisap sebuah lubang hitam bisa melemah lalu ia akan masuk ke fase tidur, berhenti memakan benda angkasa. Menurut George Helou, dari Spitzer Science Center NASA di Institut Teknologi California, lubang hitam di galaksi kita saat ini sedang dalam fase tidur itu.

Lubang hitam yang disebut Sagitarius A itu letaknya berada di tengah galaksi Bima Sakti. Scherbakov, astronom dari Pusat Astrofisika Harvard mengatakan, lubang hitam di galaksi Bima Sakti hanya memakan 0,01% bintang di sekelilingnya.

Namun selanjutnya peneliti juga menemukan fakta, lubang hitam senantiasa berevolusi, sehingga bisa jadi akan aktif lagi suatu hari nanti. Semakin banyak ia menelan bintang, semakin cepat pula proses evolusinya.

Menurut data yang didapat dari teleskop luar angkasa, selama beberapa tahun terakhir ini, semakin banyak lubang hitam menelan benda angkasa. Selain itu, dikatakan bahwa semakin banyak ia menghisap benda angkasa, semakin besar pula daya sedotnya. Ini dikarenakan peningkatan unsur ion di dalamnya.

Namun tidak hanya berevolusi, belakangan juga diketahui lubang-lubang hitam yang ada di berbagai galaksi juga saling bergabung. Berbagai benda angkasa yang masuk ke dalam lubang hitam mengandung banyak energi dalam jumlah besar.

Sehingga gabungan antarlubang hitam tentunya juga meningkatkan jumlah energi yang dimilikinya. Energi ini dapat mengendalikan alur keluar masuk gas dan debu ke luar lubang.

Tidak hanya debu dan gas, para astronom meyakini bahwa hisapan sebuah lubang hitam juga banyak melepaskan sinar-X dan gelombang radioaktif. Namun jumlah radiasi sinar X yang mereka amati belum dapat dijelaskan. Yang jelas, semuanya itu mempengaruhi perkembangan galaksi dimana tempat lubang hitam itu berada.

Memahami proses, cara kerja dan evolusi lubang hitam adalah penting untuk menjelaskan formasi galaksi bima sakti dan keutuhan bumi di masa depan. Mempelajari radiasi dan interaksi antargalaksi dapat membuat kita paham akan besarnya medan gravitasi, gaya magnet, dan proses radiasi lubang hitam.

“Kami telah mempelajari data dari teleskop ruang angkasa selama beberapa tahun terakhir, dan menemukan bahwa semakin cepat lubang hitam melahap material angkasa, maka semakin tinggi daya ionisasinya,” ujar David Ballantyne, asisten profesor fisika Georgia Institute of Technology.

Ahli fisika angkasa saat ini belum memiliki penjelasan yang cukup mengenai daya sedot lubang hitam dan bagaimana pertumbuhannya atau apa yang membuat lubang hitam tertentu berhenti berkembang. Tapi yang jelas, lubang hitam dan cakram di sekitarnya akan memengaruhi benda-benda langit.

“Penghisapan lubang hitam atas benda angkasa melepaskan banyak energi. Tidak hanya radiasi, tapi juga gas yang dilepaskan sampai jauh ke luar galaksi. Gas ini dapat mengubah susunan letak bintang, dan menghentikan perkembangan galaksi,” ujar Ballantyne.

“Daya hisap lubang hitam masih terus dipelajari. Ada yang berkembang dan ada juga yang mati. Mempelajari ini penting untuk mengetahui bentuk dan perubahan susunan galaksi kita,” tambah Ballantyne.

Lubang hitam memang menyedot benda angkasa. Bumi beresiko ditelan olehnya. Namun risikonya ternyata tidak hanya itu. Gas yang disemburkan dari dalamnya pun dapat membuat benda angkasa bergeser, dan bahkan mungkin bertabrakan.

Sumber :
inilah.com
Posted by radhite

25 comments:

Anescouting said...

waw...   

Rachmat Bekti said...

wow

Latifah Widhia said...

setiap denger kata lubang hitam kok aQ jd merinding ya???

hayateaya said...

Tidak ada tempat yang bisa lolos dari maut

toili said...

memang sudah saatnya kiamat tiba.

Yoga Aksesoris said...

sudah saatnya untuk minta ampun dan berdoa

Ivanbgoez said...

begitu besar kekuasaan allah,dan ini hanya stitik dari samudra kekuasaan allah..

bertaubatlah sebelum qta menemui ajal..

Indah MinHo said...

menakutkan

andraisaika said...

kita tunggu kabar selanjutnya

Hasemehaseme said...

ada gak yah penampakan lubang hitam di bumi?

Gumet GumGum said...

Black Hole..

Gumet GumGum said...

kalo ada mah bumi ini uda ga ada,
uda kehisep ama blackhole..

Aufa Bga said...

woy aku munanya apa hubungan black hole sama menjelajah waktu

Madridzoners said...

Muak aku kalo dikit-dikit nyebut allah. Mbok agak ilmiah dikit ngapa ???

SOK RELIGIUS !!!!

sukiisshia said...

 jadi  gimana gituu dengar kata " lubang hitam " ,, ngerii dah ..
GBU deh ,,

Nick_my_nick said...

Aku termasuk org yang kurang religius, tp begitu mendengar comment kamu yg mendiskreditkan sebuah agama tambah muak aku. Memang kamu ga bertuhankah blok,goblok? Agama tanpa Ilmu buta, ilmu tanpa agama adalah celaka. Semoga jawaban ini bisa menyadarkan kegoblokanmu terhadap ilmu dan agama. Aku yakin kmu salah satu dari segelintir manusia yg memalukan agama dan negara kamu. Nama aja Madridzoners, emang klo madrid jadi club hebat eropa kamu dapat apa..? bisa kaya dan hebat gitu...? Ngimpi.....!

Salam_men5 said...

Kok takut sama lubang hitam ? sadar dan taubat bung ! kita nongol dari lubang hitam (agak hitam dikitlah) dan pada waktunya tiba juga akan dimasukkan kelubang hitam.(liang lahat goblak!)

Hai said...

aminn..

kilay1975 said...

secara ilmiah atau bukan, ini adalh suatu bukti adanya sang pncipta yg maha besar dan maha segalanya...
sadarlah... kitapun adalah ciptaan-Nya..secara ilmiah atau bukan, ini adalh suatu bukti adanya sang pncipta yg maha besar dan maha segalanya...
sadarlah... kitapun adalah ciptaan-Nya..

Rizqi Akbar said...

 masih ada waktu bila kita berdoa dan tabah!

Rizqi Akbar said...

white hole
versi terbaru dari black hole

Anda_curioustorz said...

yeh,, ya enggak gtu. blackhole ada yg bilang di pusat galaksi. sedangkan matahari ada di 1/3 dari garis pinggir galaksi. masih lama breww,, blum lgi ada teory yg bisa ke fase tidur tuh blackhole,, bakalan lama.. yah, tapi wawlahu'alam. kita liat aja. :D

Prima said...

mungkin itu adalah jalan kiamat

Totti_goal10 said...

gw kurang tau agama ni ye.. gw jujur,, tp gw percaya klw Allah itu ada, gw percaya adanya akhir zaman, neraka surga,  iblis, jin , malaikat. smua kn udh ada di dalam al qur'an, yah walaupun sy kurang memahami isi al qur'an. w pikir w orang yg paling buta agama, eh tapi ternyata msh ada org yg lebih hina drpda gw.. yaitu lo yg bilang muak kalo dkit2 nyebut allah. subhanallah,, biar malaikat yg mencatat.... sory ye klw ada yg trsinggung...

oranghebat said...

jadi di tengah galaksi itu blackhole ya???????????)???)¿?

Post a Comment