Apa Kabar Dunia

Pohon-Pohon Paling Terkenal di Dunia

Pohon-pohon terkenal datang dan pergi. Pohon L’Arbre du Ténéré pernah menjadi pohon terkenal yang terisolasi di dunia karena menjadi tanda jalur karavan di gurun sahara sampai akhirnya tumbang akibat tertabrak truk oleh pengemudi yang sedang mabuk.

Kemudian pohon Anne Honest di Amsterdam juga tumbang akibat badai hebat yang melanda kawasan tersebut. Namun masih banyak pohon-pohon unik dan terkenal yang tersisa di bumi kita ini, mari kita simak bersama.

1. Pohon Boab Prison


Pohon Boab Prison adalah pohon yang memiliki ruangan didalamnya, pohon ini terletak di selatan kawasan Derby di kawasan tradisional bagian barat Australia.

Reputasi yang begitu terkenal didapat karena pada tahun 1890 digunakan untuk mengurung para kriminal suku asli Australia saat perjalanan menuju Derby sebelum dihukum. Dewasa ini, pohon ini dipagari agar terlindung dari tindakan perusakan.


2. Pohon Oak Mayor


Pohon Oak Mayor adalah pohon oak raksasa di jantung hutan Sherwood, Nottinghamshire, Inggris. Berdasarkan cerita rakyat setempat, pohon ini dijadikan tempat bersembunyi Robin Hood ketika dirinya dan kelompoknya ditangkap.

Pohon terkenal ini berusia sekitar 800 sampai 1000 tahun. Pada tahun 1790, Mayor Hayman Rooke, seorang pengamat barang antik terkenal, memasukkan pengamatannya tentang bibit pohon oak kuno di Sherman kedalam bukunya, sehingga pohon ini diberi nama Pohon Oak Mayor.


3. Tree of Life (Pohon Kehidupan)


Pohon Kehidupan yang berada di Bahrain ini merupakan pohon yang sangat penyendiri dan hidup ditengah-tengah gurun yang kering. Pohon ini diperkirakan berumur 400 sampai 500 tahun lamanya.

Akarnya yang panjang mungkin saja menemukan sumber air bawah tanah, namun tetap saja sangat ajaib melihat organisme hijau tumbuh di gurun yang luas dan kering. Penduduk lokal berpikir dulunya, kawasan pohon ini hidup adalah Taman Eden.


4. Pohon Socotra Dragon



Pohon ini juga dikenal dengan pohon darah naga karena mengeluarkan getah yang berwarna merah. Hidup di pulau Socotra yang terkenal karena keaslian dan keanekaragaman hayati mengantarkan pulau ini sebagai salah satu warisan budaya UNESCO yang ada di Yaman.

Bentuk pohon yang unik seperti payung-payung ini memiliki kelebihan tersendiri bagi pohon ini untuk bertahan karena hidup dikawasan yang bersuhu sangat panas sehingga mampu membantu mengurangi proses penguapan karena terlindung oleh dedaunannya yang rimbun.


5. Pohon General Sherman


Pohon General Sherman adalah pohon jenis Sequoia raksasa yang terletak di Hutan Rimbun Sequoia di kawasan rekreasi nasional terkenal di California. Pohon yang terkenal ini merupakan pohon-pohon yang memiliki ukuran paling besar di dunia.

Sebenarnya, jika dihitung dari volumenya, lima dari sepuluh pohon terbesar di planet kita ini terletak dikawasan hutan yang berada di California tersebut. Salah satu yang memiliki tinggi 11,1 meter merupakan Pohon General Sherman yang terbesar diantara yang lain. Proses tumbuhnya hungga besar seperti itu diperkirakan membutuhkan waktu sampai 2700 tahun lamanya.


6. Pohon Cedar Dewa


Pohon-pohon Cedar Dewa membentuk hutan kecil dikawasan utara Lebanon. Pepohonan ini merupakan tumbuhan yang mampu bertahan dari hutan kuno yang terdiri dari berbagai macam pohon Cedar di Lebanon yang pernah menghiasi kawasan ini pada jaman dahulu.

Pohon Cedar ini disebut di Alkitab sebanyak tujuh puluh kali. Orang Mesir kuno menggunakan getahnya dalam proses pe-mumi-an.


7. Pohon Arbol del Tule


Pohon Árbol del Tule, adalah pohon jenis Montezuma Cypress yang terletak di kota María del Tule di Oaxaca, Meksiko. Memiliki dahan yang paling besar diantara jenis pepohonan yang hidup di bumi.

Pohon ini begitu besar sehingga sempat diperkirakan terdiri dari beberapa pohon, namun setelah dites DNA membuktikan bahwa dahan tersebut berasal dari satu pohon saja. Proses pertumbuhan pohon ini diperkirakan 2000 - 3000 tahun lamanya.


8. Pohon Kapas


Pohon Kapas merupakan simbol bersejarah bagi Freetown, kota sibuk di Sierra Leone. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, Pohon Kapas menjadi simbol penting pada tahun 1792 ketika kelompok mantan Serikat Budak Afrika mendapatkan kemerdekaannya dengan bertempur melawan penjajah Inggris saat penduduk Amerika memperjuangkan hak serupa pada Inggris.


9. Jalan Pohon Baobab


Jalan Pohon Baobab merupakan kelompok pohon terkenal yang berbaris di jalanan berdebu yang menghubungkan Morondava dan Belon’i Tsiribihina di bagian barat Madagaskar.

Pemandangan yang unik ini mendatangkan berbagai turis dari seluruh dunia, sehingga mengantarkan jalan ini sebagai tempat paling banyak dikunjungi dikawasan ini.

Pohon Baobab yang tumbuh selama lebih dari 800 tahun ini tidak hanya tumbuh di kawasan terpencil namun juga dibeberapa hutan eksotis di Madagaskar.

Dengan berjalannya waktu, populasi bertambah, hutan-hutan di tebang untuk lahan pertanian sehingga menyebabkan hanya beberapa pohon Baobab yang tersisa.


10. Pohon Bodhi


Pohon ini begitu suci dan terkenal bagi umat Buddha, karena dibawah pohon ini, Siddharta Gautama mendapatkan pencerahan. Pohon Bodhi yang berarti Pohon Kebangkitan dan terletak di Bodhgaya, India.

Menurut umat Buddha, pohon Bodhi merupakan pusat dari alam semesta. Umat yang melakukan perjalanan suci ke Bodhgaya mengambil biji dan daun pohon Bodhi untuk dibawa pulang maupun disimpan di wihara. Sangat umum ketika kita memasuki areal wihara dan terdapat setidaknya satu pohon Bodhi dipekarangannya.

Sumber :
jadiberita.com
Posted by radhite

7 comments:

Fahmi Radityamurti said...

Nice post, ane suka yang Tree of Life :)

Faris_ventriloquism said...

good...
lihat juga yang disini www.xxvi93.blogspot.com

Latifah Widhia said...

bagus2 n aneh2 banget pohonnya...

Audian said...

yg no. 7 aji gile tuh gede bangett

Ainxmena said...

kok ga ada pohon asem ya ??

Deni Sofwatillah said...

nice..
keren yang Arbol del Tule...

Argie Koto said...

kalo pohon toge terbesar di dunia ada ga kk???

Post a Comment