D-Dalus, Pesawat Tanpa Sayap yang Mampu Terbang Secepat Jet

Firma asal Austria, Austrian Innovative Aeronautical Technology atau IAT21 menunjukkan pesawat inovasi terbaru buatannya dalam ajang Paris Air Show.

Pesawat yang dinamai D-Dalus itu menarik karena didesain tak memiliki sayap dan rotor, tetapi diklaim mampu terbang secepat jet dan tak banyak menimbulkan suara bising.

http://2.bp.blogspot.com/-O4DD1nuDFDM/TgDtLS5TfpI/AAAAAAAALyg/LtitJ5nqmLE/s320/ddalus1.png

Mesin D-Dalus menggunakan 4 turbin yang berputar berlawanan untuk propulsi, masing-masing mencapai 2.200 rpm. Tiap turbin memiliki sudut serangan yang berbeda yang menurut desainernya memungkinkan pendorong utama ditembakkan ke berbagai arah. Ini memungkinkan pesawat diluncurkan secara vertikal, melayang, serta berotasi ke segala arah, bahkan ke atas.

Dalam laman situsnya, IAT21 mengungkapkan bahwa pesawat ini memiliki beberapa teknologi baru yang telah dipatenkan. Beberapa di antaranya adalah bola bebas gesekan pada G force dan sistem yang menjaga propulsi sehingga berada pada kondisi equilibrium sehingga memungkinkan untuk memulihkan stabilitas secara cepat saat terbang.

Sejauh ini, D-Dalus masih berupa prototipe. Prototipe yang dikembangkan selama 3 tahun itu memiliki turbin sepanjang 1,5 meter dan bisa mengangkut muatan seberat 70 kilogram. D-Dalus telah menjalani tes awal dengan menggunakan mesin 120 bhp KTM dan uji terbang, tetapi hanya di laboratorium dekat Salzburg.

D-Dalus sebenarnya didesain untuk mendukung aktivitas pencarian dan penyelamatan, pemantauan bencana, dan pengintaian. Meski demikian, ada kemungkinkan untuk mengembangkannya menjadi pesawat pengangkut penumpang.

Saat ini, IAT21 tengah bekerja sama dengan Cranfiled University, Inggris, untuk mengembangkan pesawat dengan motor lebih kuat, lambung lebih besar, sistem kontrol yang lebih baik, serta mengupayakan sertifikat terbang.

http://2.bp.blogspot.com/-GB-qNL8tuKg/TgDuLELPt2I/AAAAAAAALyk/vpcKBknMa6c/s1600/d-dalus2.jpg


http://images.gizmag.com/gallery_lrg/d-dalus-revolutionary-uav-design-1.jpg


http://images.gizmag.com/hero/d-dalus-revolutionary-uav-design.jpg

Sumber :
kompas.com
Posted by radhite

14 comments:

RosellinoWhiteBlaze said...

keren!!
 

Awaluddin Amir said...

Mgkn spt ini cara krj pesawat UFO ya?

Anan l'Espada said...

ya memang seperti cara kerja ufo kalo ufo kan berotasi di 2 kutubnya berputar saling berlawanan arah tapi kalo ini kan rotornya nya yg bberputar

Ganjar Asline Jogja said...

mantabbbbb

gmn dengan negara kita???

Gumet GumGum said...

wahhh....
keren2,,

Gumet GumGum said...

iya bener gan..

Gumet GumGum said...

mungkin..

Syaiful Islam Idris said...

waw,,,,10 tahun mendatang,,,,mungkin sdh ada maskapai penerbangan yg pake INI,,,,,,mungkin yah

Ali Mubarok said...

 hebat hebat .......?

Ali Mubarok said...

hebat hebat............?

Ahli Matematic said...

CANGGIH..

Parlin said...

itu memang benar tidak

Andreas Setiawan said...

Hebat bener...

baron said...

memang putra - PECUNDANG jadilah spt  ini

Post a Comment