Wow, Semut Ini Bisa "Menari" Dengan Satu Kaki

Meski kecil, semut dikenal dengan kehebatannya membentuk koloni dan bekerja memenuhi kebutuhannya. Namun, bagaimana dengan kemampuan menari semut? Dalam salah satu fotonya, Robertus Agung Sudiatmoko, fotografer asal Indonesia, menunjukkan bahwa semut pun bisa melakukan hal itu.

Dalam foto tarian semut itu, semut tampak mengangkat lima kakinya dan menopang tubuhnya hanya dengan satu kaki. Dengan kaki belakang yang diangkat tinggi, semut itu bisa bertahan dengan satu kaki selama 30 detik. Kalau saja ada ajang pencarian bakat serangga, semut ini mungkin akan memenanginya.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/05/17/0847206620X310.jpg

Robertus mengaku terkesan bisa mendapatkan foto itu. Ketika hendak memotret, ia hanya berharap bisa menampilkan foto semut yang terbaik. "Lalu tiba-tiba, ketika berharap foto terbaik, semut itu mengangkat kakinya dan menunjukkan pose breakdance. Saya sendiri tak pernah breakdance, tetapi tiba-tiba saya teringat itu," kata Robertus.

Robertus mengatakan, foto semut itu diambil saat ia hunting foto bersama grupnya, September lalu. Ia mengaku putus asa pada saat awal mengambil foto karena hujan dan harus menunggu sampai reda. Namun, setelah menunggu, dengan kamera Canon 40D dengan lensa 10 mm, ia mendapatkan foto mengagumkan itu.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/05/17/0848314620X310.jpg

Selain foto semut menari, Robertus juga memotret semut yang tengah berusaha memakan daun yang ukurannya 10 kali tingginya. Ada pula semut yang berada di permukaan tanah dengan cahaya matahari menyorotnya, membuat pose menyembah dengan dua kaki depan dilipat, seperti sedang berdoa.

Jenis semut yang dipotret Robertus adalah semut api. Coba saja mengganggunya dan Anda akan menyesal sebab semut ini bisa membuat serangan yang menyakitkan. Akan tetapi, di luar itu, Robertus berkomentar, semut sangat menarik, independen, dan pada saat yang sama pintar dalam membentuk kelompok.

Sumber :
sains.kompas.com
Posted by radhite

11 comments:

hani said...

 pertamax

Awaluddin Amir said...

Kok foto yg 'semut menari' agak janggal ya? Pembagian beratnya kurang sempurna, mgkn pengambilan fotonya terbalik alias semutnya menggantung. Maaf jika saya salah..

Hermawan Ari Aji said...

Semua makhluk memiliki keunikan tersendiri

Faris Indra said...

ada tanahnya tu gan :p

Kang Baz said...

Ya, SEANDAINYA objek di foto itu adalah manusia memang akan terlihat janggal ...

Tapi semut bukanlah manusia....
Berat badan dan titik keseimbangan semut berbeda dengan manusia. Maka tidak aneh bila semut bisa melakukan gerakan2 yg terlihat janggal dimata seorang manusia.

Sakura Clever said...

WAH..   HEBAT YA TUH SEMUT.,,.,.,.,.,.........

Sakura Clever said...

IYA BTUL...   KUCING GW AJA BISA NGEONG. HE....,,,HE.,.,.HE,....HE,,,...

Al Battar said...

coba kalo semut bisangomong......pasti ada penjelasan logisnya

Ahli Matematic said...

semut hbtttt........

Gumet GumGum said...

Lucu semutnya,, :DD

Widha_w said...

lah..ade w aj bza nangis..

Post a Comment