Apa Kabar Dunia

Fakta Menarik, Berbagai Macam Warna yang Dihasilkan Api


Kalian semua pasti sudah paham tentang api, baik itu kegunaannya dalam hidup kita sehar-hari ataupun dari pelajaran yang kalian dapat. Tapi tahukah kalian, kenapa api itu bisa memiliki beberapa warna dan apakah perbedaan dari masing-masing warna api tersebut.
Kalian semua pasti sudah paham tentang api, baik itu kegunaannya dalam hidup kita sehar-hari ataupun dari pelajaran yang kalian dapat. Tapi tahukah kalian, kenapa api itu bisa memiliki beberapa warna dan apakah perbedaan dari masing-masing warna api tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai warna dan jenis api.


1. Api Merah


Api berwarna merah / kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius. Api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik-pabrik industri baja / material. Kalau pada matahari, api ini berada pada bagian paling luarnya, yaitu bagian yang paling dingin.


2. Api Biru


Api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai di dapur. Biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas. Rata-rata suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius. Api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna. Jadi tingkatan api biru diatas merah.


3. Api Putih



Ini merupakan api paling panas yang ada di bumi. Warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius. Api inilah yang berada di dalam inti matahari, dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari. Api ini paling banyak digunakan di pabrik-pabrik yang memproduksi material besi dan sejenisnya.


4. Api Hitam (Api Terpanas dari Neraka)

Tapi tahukah kalian bahwa api yang paling panas itu berwana Hitam, dan api hitam murni yang sesungguhnya ada di Neraka.

Ini bisa dibuktikan dari waktu Allah SWT yang memerintahkan malaikat mengambil api dari neraka buat kehidupan di bumi, Si Penjaga Neraka memberikan api dari neraka hanya seukuran semut, lalu didinginkan dahulu sampai 70 masa (sekitar 350 ribu tahun kalau di bumi), lalu perlahan api tersebut berubah warna dari HITAM > PUTIH > BIRU > MERAH

Api hitam itu bisa saja disimulasikan (disimulasikan ya, bukan dibuat aslinya). Kalau misalnya kita lihat nyala api lilin atau kompor bunsen dengan seksama, maka ada perbedaan spektrum warna di dalamnya.


Nah, kalian bisa lihat kan, kalau di bagian pangkal api ada bagian kecil yang warnanya nyaris transparan? Itulah yang disebut dengan api hitam. Karena definisi warna hitam pada spektrum warna cahaya adalah sebenarnya ketiadaan cahaya, jadi kelihatannya transparan.

Ini adalah bagian yang paling panas, sehingga kalau mau memanaskan reaksi kimia, tabung uji harus ditempatkan di bagian ini.


Nah gambar diatas ini adalah contoh untuk simulasi yang lebih jelas. Kalian bisa lihat kan, kalau apinya seolah menggantung di atas sumbu lilin? Nah, bagian transparan itulah yang disebut api hitam.



Simulasi Untuk Membuat Warna Api

Warna dari api juga bisa dibuat dengan pembakaran bahan kimia atau unsur golongan alkali / alkali tanah, contoh :

1. Red Strontium Chloride = api merah (pakai Stronsium)
2. Orange Calcium Chloride = api oranye (pakai Kalsium)
3. Yellow Sodium Chloride = api kuning (pakai Sodium)
4. Green Copper Sulfate = api hijau
5. Blue Copper Chloride = api biru
6. Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate = api ungu
7. White Magnesium Sulfate = api putih (pake Magnesium

Dan terakhir kalau semua bahan itu dicampur akan menghasilkan api warna warni.





Gambaran Tentang Panasnya Api Hitam di Neraka

Allah SWT berfirman (artinya): 
“Maka, Kami akan memperingatkan kamu dengan An Naar yang menyala-nyala.” (Al Lail : 14)

Bagaimana gambaran dahsyatnya api neraka yang telah Allah subhanahu wata’ala sediakan itu? Hal itu telah digambarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

“(Panasnya) api yang kalian (Bani Adam) nyalakan di dunia ini merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka Jahannam.

Para sahabat bertanya:
“Demi Allah, apakah itu sudah cukup wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam?”

Rasul bersabda:
“(Belum), sesungguhnya panasnya sebagian yang satu melebihi sebagian yang lainnya sebanyak enam puluh kali lipat.” (HR. Muslim no. 2843)

Api neraka itu juga melontarkan bunga-bunga api. Seberapa besar dan bagaimana warna bunga api tersebut?

Allah SWT telah gambarkan hal tersebut dalam surat Al Mursalat: 32-33 (artinya):
“Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. Seolah-olah seperti iringan unta yang kuning.”

Berkata Asy Syaikh As Sa’di dalam tafsir ayat ini:
“Sesungguhnya api neraka itu hitam mengerikan dan sangat panas.” (Lihat Taisirul Karimir Rahman)




Suhu Sebuah Bintang Dapat Diprediksi Dari Warnanya

Kita juga bisa mengetahui suhu bintang dari warnanya, contoh:

Matahari kita (Matahari adalah bintang) berwarna kuning, itu berarti antara merah dan biru, untuk BRG (Big Red Giant atau Raksasa Merah Besar) berwarna merah, berarti paling tidak panas. Untuk biru dan ungu (contohnya Sirius) berarti super panas.

Sumber :
kaskus.us
Posted by radhite

20 comments:

Surya Firmansyah said...

1st yeah SF 

Northeaven said...

 pertamax gk ya,..

feby said...

 astagfirullah ... semoga dengan ini kita dijauhkan dari api neraka .. :'(

Rafi 7-1 92 said...

 SI API BIRU TERNYATA PANAS JUGA YA BANYAK YG DEMEN NIH API
LEBIH DAHSYAT PULA API NERAKA MANA BAHAN BAKARNYA BATU DAN MANUSIA
YA ALLAH JAUHKANLAH KAMI DARI SIKSAMU
AMIN....

Anonymous said...

Ya elah... kirain mau ngasih ilmu pengetahuan murni, eh tau2nya nyambung2 ke islam...

Majid said...

Api yang selama ini kita anggap bisa menghanguskan segalanya,,
Allah masih memberikan kita kesempatan untuk melihat keindahan warnanya,,
subhannallah,,,,,

Kang Baz said...

Api neraka = HITAM...Sahih tuan.

Tersundut satu detik saja oleh api rokok yg warnanya merah redup aja kita udah ngerasa sakit dan ngeluhkan kulit kita yg melepuh karena panasnya. Gimana pula kalo terbakar selama-lamanya oleh api neraka yg warnanya hitam?? Na'udzubillahi min dzalik, jangankan selama2nya, satu detik pun kita akan sangaaaat menderita!

"Azab yang paling
ringan di neraka pada hari kiamat ialah dua butir bara api di kedua telapak
kakinya yang dapat merebus otak." (HR. Tirmidzi)

"Penghuni neraka
ialah orang yang buruk perilaku dan akhlaknya dan orang yang berjalan dengan
sombong, sombong terhadap orang lain, menumpuk harta kekayaan dan bersifat
kikir. Adapun penghuni surga ialah rakyat yang lemah, yang selalu dikalahkan."
(HR. Al Hakim dan Ahmad)

Wallahu a'lam bish-shawab...

Annahylni said...

Subhanallah...
Ternyata ada jg ya api hitam...
aku baru tau cma tiga

obat asam urat said...

wah banyak ragam juga nihh warna nya

Sableng said...

kalau api neraka mungkin panasnya da jutaan derajat y...itu kalau kena mungkin gak sakit lagi...da malah jadi abu duluan....ahahahaha

Kang Baz said...

Subhanallah, tuan ini memang sableng, neraka koq diketawain...
Apa tuan lupa bahwa di akhirat nanti kita nggak akan lagi mengalami kematian. Jadi bayangin aja kalo seandainya tuan masuk neraka...

Tuan akan mendidih tapi nggak mati...
Tuan akan terbakar sampai gosong tapi nggak mati...
Tuan akan hangus dan menjadi abu tapi nggak akan pernah mati...

Kemudian semua bagian tubuh tuan yg mendidih, terbakar, hangus, dan menjadi abu, oleh Allah Ta'ala akan dijadikan utuh kembali seperti sedia kala. Setelah utuh kembali lalu proses pembakaran akan dimulai dari awal lagi, teruuuuuuus berulang-ulang seperti itu...tapi tuan nggak akan mati2 meskipun tuan pingin.

Coba pikir, kalo orang nggak mati kira2 bisa ngerasain sakit apa nggak ya?

.....................................................................................................................................
Nb: Saya bukan menakut-nakuti, tetapi hanya sekedar menyampaikan dan mengingatkan kepada diri sendiri dan siapa saja yg baca. Dengan harapan kita semua akan terpacu tuk memperbanyak amal shalih dan menjauhi maksiat, supaya terhindar api nerakanya Allah Ta'ala...mumpung masih ada umur. (^__^)

Memang benar said...

 betul bro lo memang ngingetin pertamagz ganzz!!yg penting banyak amal sholat..

Nannov Corleone said...

Allah Maha Besar...

Itachi Uciha said...

Eh oh,  amaterasu ya? Mirip.

Hermawan Ari Aji said...

Ada juga Api Hitam..?? ku kira cuma 3

Naruto said...

amaterasu dong...ternyata dineraka ada sasuke... :D peace 0.0v

vreenzhya said...

smaga Allah melindungi kita..:)

Muh Faiz said...

makanya Nonton Naruto Donk..sama baca Al qur'an
Kan Di Naruto ada

Ahli Matematic said...

SAYA SUKA API KUNING & BIRU...
^_^

DK said...

kalau aku suka air...
haha

Post a Comment