Pesona Supermoon di Berbagai Belahan Dunia


"Lunar perigee" atau biasa disebut "Supermoon" adalah suatu fenomena alam di mana bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Peristiwa langka yang terjadi setiap 18 tahun sekali ini, membuat bulan menjadi tampak lebih gemuk dari biasanya.
"Lunar perigee" atau biasa disebut "Supermoon" adalah suatu fenomena alam di mana bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Peristiwa langka yang terjadi setiap 18 tahun sekali ini, membuat bulan menjadi tampak lebih gemuk dari biasanya.

Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu (19/3) pukul 19.10 GMT atau Minggu (20/3) pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi hanya sekitar 356.577 kilometer.

Berikut ini adalah kumpulan fenomena supermoon yang diabadikan dari berbagai dunia.

1. Amerika

 
Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas University of Florida, 
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)


 
Burung-burung beterbangan dengan latar belakang bulan setengah penuh di langit Alda, Nebraska, Amerika Serikat, Jumat (18/3)


 
Burung-burung beterbangan dengan latar belakang bulan setengah penuh di langit Alda, Nebraska, Amerika Serikat, Jumat (18/3)


 
Fenomena ‘supermoon’ terlihat di langit Brookfield, Wisconsin, 
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)


 
Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas Lincoln Memorial, Washington DC, 
Amerika Serikat, Sabtu (19/3)



2. Inggris

 
Sejumlah warga berdiri di dekat menara St Michael’s di bukit Glastonbury Tor 
di Inggris, Sabtu(19/3)


 
Sebuah pesawat terbang melintas saat fenomena ‘supermoon’ terlihat di langit Somerset, Inggris, Sabtu(19/3)


 
Fenomena ‘supermoon’ terlihat di atas pusat perbelanjaan Manchester’s Trafford, 
Inggris, Sabtu(19/3)



3. Rusia

 
Bulan setengah penuh terlihat di atas gereja St. Isaak di St.Petersburg, 
Rusia, Jumat(18/3)


 
Bulan setengah penuh terlihat di atas gereja St. Isaak di St.Petersburg, 
Rusia, Jumat(18/3)



4. Indonesia

 
Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari. 
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam


 
Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari. 
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam


 
Supermoon terlihat putih bersih di langit Jakarta, Minggu (20/3) dinihari. 
Sebelumnya peristiwa supermoon tidak terlihat karena tertutup awan hitam

Sumber :
rafamuadz.banten.web.id / foto.vivanews.com
Posted by radhite

18 comments:

Ekawh said...

tapi sayang nya tadi malem ga ada di jakarta selatan

Ekawh said...

padahal kemarin dah semangat banget liat supermoon.............nanti malem masih ada nggak ya

Ekawh said...

DAN JUGA kalian semua harus menghilangkan kebiasaan menggunakan kata "PERTAMAXXX"
karena klo di fikir fikir APA MANFAATNYA?? dan lebih baik lagi kita memberikan semangat atau motivasi bagi orang orang DAN ingat NGGA SEMUA YANG PERTAMA ITU BAIK

dan saya Ga Pernah IRI,SOK ALIM,SOK CERAMAH, Saya hanya memotivasi agar kebiasaan "PERTAMAXX" "KEDUAXX" Dst dapat hilang

Terimakasih
\(^⌣^) +Dan saya tidak pernah marah pada siapa pun+ (^⌣^)/

Clare said...

wah,cuma di jakarta doang aja yah ?
sayang donk klw gitu..:(

Wanda Pandu said...

18 tahun sekali..?! aduuhhh... sayang bgd, kmrn mendung..
tp foto2'a indah2 lho.. ckckck...

intan az said...

Wow... keren bgt

EverLas†ing said...

waaaaaaa, gk ak check hari minggu nya, cman liat yg hari sabtu (jam 12 padahal) T__T, kok munculnya beda ma predikisi @_@ sayang klo dilewatkan

M. Ridho Adidaya said...

aku cuma ngeliat hari sabtu doang ..

tapi kalo diliat dari indo ukurannya kayaknya sama aja, cuma beda terangnya aja ..

EverLas†ing said...

iya, ukuran tetep, tpi cahaya nya agak silau...

Helmiabdurrosyid said...

gambar yang pertama JOZZZZZZZZ..................
Mantab......

Luvzie said...

so beautifullll...
keren bgt tuh yg fotonya kaya pesawat membelah bulan..so cool..

icha_dunk said...

baguss,,,

rahasia said...

iya nih,di senegal-afrika juga begitu,kaga gede2 amat kaya yg foto di atas :/

Djuky_ahh said...

indonesia standar banget gambarnya payah....

Pandu Summerisme said...

Gede cuuy !

Itanabila10 said...

gue liat !!
memang kelihatan lebih besar
gue terkejut jg liatnya
gk sprti biasanya

Elrio said...

plg kren yg di amrik,,,,,

vreenzhya said...

paling keren yang d rusia...:)

Post a Comment