Apa Kabar Dunia

Jangan Anggap Sepele Air yang Masuk Telinga Saat Berenang

http://images.detik.com/content/2011/03/19/763/renang-ts-dlm.jpg

Masuknya air ke dalam telinga sering terjadi saat orang sedang berenang. Kebanyakan orang akan menganggapnya sepele, padahal bila dibiarkan hal ini bisa menyebabkan risiko infeksi.
Masuknya air ke dalam telinga sering terjadi saat orang sedang berenang. Kebanyakan orang akan menganggapnya sepele, padahal bila dibiarkan hal ini bisa menyebabkan risiko infeksi.

Air yang masuk ke telinga dan tidak dibersihkan bisa menyebabkan masalah. Jika saluran telinga basah, maka perlindungan pada saluran telinga akan hilang dan berisiko mengalami infeksi.

 http://images.detik.com/content/2011/03/19/763/renang-ts-dlm.jpg

Telinga mengandung zat lilin yang berfungsi untuk menjaga kelembaban agar bakteri baik dapat berkembangbiak pada lapisan kulit di telinga. Selain itu, lapisan lilin ini juga berfungsi sebagai pelindung terhadap serangga atau benda asing yang masuk, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (19/3/2011).

Air dan lapisan lilin ini tidak bisa bercampur. Ketika orang berenang, maka air akan masuk dan mencuci lapisan ini. Bila orang berenang untuk jangka waktu lama, maka air benar-benar bisa membersihkan lapisan ini dan membuat telinga tanpa pelindung.

Tanpa lapisan lilin ini, air dapat tetap berada di dalam saluran telinga dan membuat kulit menjadi lembab. Karena saluran telinga adalah ruang yang tertutup, air tidak menguap secara normal dan tetap berada pada saluran telinga yang lembab.

Bila air dibiarkan berlama-lama di dalam saluran telinga, hal ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi berbagai infeksi organisme, karena infeksi organisme seperti jamur dan bakteri sangat suka tempat hangat, gelap dan tempat-tempat yang basah.

Hal ini biasanya menyakitkan, terutama ketika Anda tarik bagian luar telinga. Ini juga bisa menyebabkan cairan kuning telinga menjadi busuk.


Lalu bagaimana mengeluarkan air dari telinga saat berenang?


http://4.bp.blogspot.com/_V9wazoCYHhU/TQddRz4HOTI/AAAAAAAAAgM/K0T4HusHQ_g/s320/images.jpeg

1. Gerakkan kepala

Gerakkan kepala dari satu sisi ke sisi lain dalam gerakan goyang ke arah bahu, kembalikan telinga ke posisi normal dan gerakkan kembali pada arah yang berlawanan. Masukkan jari ke telinga untuk membuat tekanan yang cukup untuk mengeluarkan air.



2. Keringkan dengan pengering rambut

Memiringkan kepala dan mengeringkannya dengan handuk kering juga bisa membantu air keluar. Hembusan pengering rambut yang disetel dengan panas yang rendah ke dalam telinga juga bisa membantu mengeringkan telinga. Tes pengering rambut pada kulit terlebih dahulu untuk memastikan panasnya tidak berlebihan.


3. Campuran larutan alkohol dan cuka

Menurut American Academy of Family Physicians, campuran larutan alkohol dan cuka putih juga membantu mengeringkan air yang tersiksa di saluran telinga.

Masukkan 3-5 tetes campuran larutan ini ke dalam telinga dengan kepala dimiringkan dan biarkan selama beberapa saat. Anda akan mendengarkan suara hampa di telinga yang berarti telinga mulai kering.

Sumber :
health.detik.com
Posted by radhite

12 comments:

Baz said...

Btul itu...^__^

Luvzie said...

baru tau soal zat lilin ditelinga..
nice info..

Cakepz_boys said...

FIRST !!!
TEMA WEB APA KABAR DUNIA ! KURANG ENAK DI PANDANG !!!
BAGUS YANG TEMA DULU ! ENAK DI PANDANG !

Ekawh said...

wih brguna bener nih tipsnya klo kita berenang Tapi kuman kuman dari kolam renang bisa masuk juga kan kedalam telinga dan menetap di situ

Blue said...

Kok gak ada "PERTAMAX!!!"?

Abang said...

sama aj First
klau lilin sama air gak bisa bersatu
kok bisa air membersihkan lapisan lilin

Toopay said...

kalo ane sih cara ngeluarin air di dalem telinga tuh [katanya] masukin lagi air (dikit aja) terus ikutin CARA KE-1

Rhagil said...

g logis,....yg ada +parah telinga d tetesi alkohol dan air Cuka yg mengandung zat asam,...
jgn kan msk telinga, alkohol dan air cuka apabila terkena d luka pd bagian tubuh akan terasa sgt menyakitkan apalagi d telinga, yg lembab,...bisa2 terjadi infeksi dan mengalami gangguan pendengaran,....

Ibrahim Muhamad Rip said...

waduh brarti richard sambera itu aga(maaf)budek ya.dia kan dulunya atlet renang.so pasti kemasukan air trus

Yantie_cyucyu said...

bukan. nya alkohol dpt sbgai pnetralisir baktri dan jmur?

R Sumariadi said...

memang alkohol untuk penetralisir tp klo d salah gunakan d masukkan telinga yg ada telinga bs terganggu dan bs mengakibatkan tuli, krna biasanya alkohol utk penetral bakteri2 luka tp yg sftnya d luar tbuuh bkan d dlm tbuh,..terlebih d dlm telinga keadaannya sgt lembab,...so sgt bhya jk alkohol masuk k dlm telinga,.......

Realdi Saputra said...

bagaimana jika gendang telinga sudah robek???

apakah bisa menutup kmbali???

dan boleh gak klo keadaan seperti itu kemasukan air??

Post a Comment