Apa Kabar Dunia

Bagaimanakah Proses Terjadinya Anak Kembar?


Kembar identik yang disebut juga sebagai kembar Monozygotik, yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Mempunyai gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan muka yang serupa.
Kembar Monozygotik (Identik)

Kembar identik yang disebut juga sebagai kembar Monozygotik, yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Mempunyai gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan muka yang serupa.


Proses terjadinya kembar identik yaitu karena pada masa pembuahan sebuah sel telur matang di buahi oleh sebuah sperma yang membantuk zygote, kemudian zygote ini akan membelah.

Jika pembelahan zygote ini terjadi saat awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan) maka setiap embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda, dan satu plasenta.

Tetapi bila pembelahan terjadi setelah 14 hari maka kemungkinan kembar akan terjadi join / menempel bersama pada bagian dari tubuhnya atau pembelahan yang tidak sempurna yang disebut sebagai kembar siam lebih tinggi.

Jadi kembar siam terjadi pada kembar monozygot. Dengan pemeriksaan USG (utrasonografi) dokter akan dapat menilai keadaan dari janin, jenis kelamin, kelainan maupun posisi dll.



Kembar Dizygotik

Kembar fraternal yang disebut juga sebagai kembar dizygotik, yaitu kembar yang berasal dari dua telur. Mereka biasanya tidak terlalu mirip atau seperti kakak adik saja.


Tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama dimana : 1/2 bagian dari kembar fraternal adalah anak laki - anak perempuan; 1/4 bagian adalah anak laki - anak laki dan ; 1/4 bagian lagi anak perempuan - anak perempuan.

Proses terjadinya kembar fraternal yaitu karena pada masa pembuahan terdapat dua buah sel telur matang yang masing- masing di buahi oleh sperma yang berbeda.

Karena berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda maka masing- masing mempunyai kantung ketuban dan plasenta sendiri. Jadi kembar fraternal, adalah terjadinya 2 proses pembuahan dalam satu kehamilan.

Kira-kira 2/3 bagian dari bayi kembar adalah kembar fraternal. Biasanya dokter akan dapat menyatakan kembar identik atau fraternal setelah proses kelahiran dengan menilai dari plasentanya.

Sumber :
infoibu.com
Posted by radhite

17 comments:

hariez said...

yang pertama

diaz said...

no. 2
gpp'Lah ^_^

icha_dunk said...

tapi gimana ya caranya, dapat anak kembar meski tidak ada keturunan hehehehe,,,

Firzyrowilson said...

kemajuan.. dpt ke 4

Luvzie said...

boleh jg punya anak kembar cewe cowo sekaligus..
biar sekali aja ngelahirinnya..:))

agz said...

,,klo sama ibu laen bpx bza kembar gax eo...????????

BROTHER said...

sip

Maz Adi said...

upin ipin nuwh... betul3x

Umi aza said...

temen ku ada loh yang anaknya kembar satu ketuban lain kantong kehamilan tetapi yg satu cowo yg satu cewe dah gitu wajahnya bisa beda (gampang bedainnya) contoh selain gendernya beda, yg satu mukanya bulat & yg satunya agak lonjong... koq bisa ya??? n tullisan diatas ga 100% bener tuh... :)

Umi aza said...

maaf satu placenta maksudna... hehehe

hayateaya = garuda said...

Mau benerin Umi
Kalo beda placenta = fraternal
1 placenta buat bersama - sama = identik

Artikel di atas benar loh

Dewi said...

Setau gue, dimana-mana perempuan itu cuma punya satu telur deh?
Kenapa bisa di bilang dua telur?
Yang namanya kembar kan karena membelahnya telur, tinggal gimana proses pembelahannya aja. Bisa jadi identik, beda, atau siam.

Aldi Cakil said...

lolo kw thu

Baadila said...

lolo kw tu

FUCKKKKKKK

Ateng said...

ayam bhe telur nya banyak

 anak nyo kembar semua............

gimana itu proses nya...????????????????????????????

Jujuk said...

kw thu buntu dag katek duet nak ngelaher ke tempat buk iyam nah murah cuma rp.200000

nah catet lha alamat nyo

komplek yuka deket lapangan????????????

 namo laki nyo sapran

Yuli said...

cuboo ke lagi klu bhe kembar toyol dan engkong yul

app dag engkong tasmin

 app dag engkong naser

Post a Comment