Arkeolog Menemukan Jaringan Otak Tertua di Dunia yang Masih Terawetkan Dengan Baik

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1368082.jpg

Arkeolog mengklaim temukan otak tertua di dunia milik pria yang dikorbankan untuk upacara ritual di Zaman Besi, Inggris. Yang menarik, otak itu masih menyimpan jaringan.
Arkeolog mengklaim temukan otak tertua di dunia milik pria yang dikorbankan untuk upacara ritual di Zaman Besi, Inggris. Yang menarik, otak itu masih menyimpan jaringan.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1368082.jpg

Ilmuwan yang menemukan tengkorak di sebuah lubang berlumpur saat melakukan penggalian di sekitar kawasan University of York, Heslington, Inggris, mengaku terkejut mendapati jaringan otak masih tersimpan di tengkorak itu.

Tes membuktikan otak itu milik seorang pria yang hidup di zaman besi dan tewas dengan cara mengerikan, 2.500 tahun lalu. Namun ilmuwan bingung bagaimana bisa jaringan otak yang biasanya membusuk selama beberapa tahun berhasil bertahan dalam jangka waktu yang begitu lama.

"Keberadaan otak yang terkubur begitu lama sangatlah aneh dan jarang terjadi," kata Sonia O'Connor, ahli arkeologi di University of Bradford.

"Otak itu menjadi objek yang sangat menarik karena diawetkan dengan baik. Ini menjadi otak tertua yang pernah tercatat sepanjang sejarah di Inggris dan menjadi salah satu otak tertua di dunia," kata O'Connor.

Ahli menyebutkan otak itu diperkirakan milik pria berusia 26-45 yang meninggal dengan cara digantung kemudian kepalanya dipenggal dan dikubur terpisah dengan tubuhnya.

Ilmuwan kini menyelidiki bagaimana protein dan lipid yang ditemukan di otak itu masih tersimpan dan bagaiamana pria itu mati kemudian dikuburkan.

“Ini adalah penyelidikan yang paling lengkap untuk benar-benar mengerti bagaimana otak bisa bertahan ribuan tahun, sedangkan jaringan lunak lainnya telah membusuk," ujar O'Connor lagi.

Sumber :
teknologi.inilah.com
Posted by radhite

14 comments:

Angelum Veritas said...

hmmmm...???

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

sedikit rahasia bahwa sebenar nya meski tubuh kita hancur tetapi masih ada bagian yg tersisa berupa tulang,kuku,rambut dan gigi dan setiap sisa makhluk hidup memiliki jutaan genome genome pembawa sifat dengan begini berarti manusia bisa di cetak ulang asalkan seluruh genome genome tersebut terkumpul.(INILAH CARA SANG PENCIPTA MEMBANGKITAKAN MANUSIA / TERBALIKNYA HUKUM ALAM)

iki armstrong said...

wew pinter kali ya orang'a

Luvzie said...

seriusan???
Subhanalloh..baru tau aku..

Hinata-chan said...

wow i just say "WOW!"

Nyoman Fossil said...

tidak ada yang tidak mungkin bila tuhan mengkehendakinya.......
swaha........!!!

Syaukad said...

wow orangnya memang pintar

Muhammad Dzulfiqar Al-Farizi said...

begitulah menurut allah lebih mudah membangkitan manusia dari pada menciptakan manusia karena tinggal mengulang prosesnya (seperti sebuah rekaman gelas pecah yg diputar ulang).Dan ingat bersikap buruk di dunia lahir cacat di akhirat!!!!

yommamen-yommagirl said...

yeksssss....
phy gmbr otak.a ngejijikin...

Ulah_aja said...

Nothing impossible

bayu UNO wardhana said...

itu yang disebut otak kotor, dekil gitu otaknya

WeQ said...

otak ny menggelikan

SBRT_TG.PANDAN said...

enak tuh klo di rebus..

Adhani Rahmat said...

benar-benar keajaiban ALLAH..........................

Post a Comment