7 Keajaiban Janin Dalam Kandungan

http://4.bp.blogspot.com/-HR2Q2PNXatg/TV0caUTHq8I/AAAAAAAAEz0/ZoywxAY9t7s/s1600/bayi-dalam-rahim.jpg

Proses pembelajaran janin sudah dimulai sejak dalam kandungan, janin ikut belajar pada trimester kedua dan ketiga, seperti di dalam ruang Amphitheater yang lebih canggih dari kelas mana pun di dunia.
Proses pembelajaran janin sudah dimulai sejak dalam kandungan, janin ikut belajar pada trimester kedua dan ketiga, seperti di dalam ruang Amphitheater yang lebih canggih dari kelas mana pun di dunia.

Berikut keahlian-keahlian bayi yang sudah dimiliki sejak dalam kandungan, menurut Fred J. Schwartz, MD, ahli anestesi dari Piedmont Hospital in Atlanta, Georgia.

http://4.bp.blogspot.com/-HR2Q2PNXatg/TV0caUTHq8I/AAAAAAAAEz0/ZoywxAY9t7s/s1600/bayi-dalam-rahim.jpg


1. Menghisap Jempol

Wajar jika kebanyakan bayi suka mengisap jempol, karena ternyata kebiasaan ini sudah dimulai sejak dalam kandungan. Refleks isap ini membantu bayi saat akan menyusu, maka ibu tidak perlu lagi memaksakan untuk menyodorkan puting.

Keahlian mengisap jempol ini sudah mulai sejak minggu ke-19 karena otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik sehingga ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.


2. Berenang

Sejak bayi di dalam kandungan ia sudah terbiasa berada di dalam air selama 9 bulan, yaitu cairan ketuban. Bayi sedang senang-senangnya berenang di usia kehamilan 20 minggu.

Saat ini bayi sedang membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu, mungkin karena panjangnya baru separuh dari panjang lahir dan beratnya baru sekitar 340 gram sehingga ia masih punya banyak ruang untuk berenang.


3. Cegukan

Saat hamil, terkadang ibu merasakan gerakan continu di satu bagian perutnya. Bisa jadi saat itu janin sedang cegukan. Hal ini biasanya dirasakan sejak kandungan menginjak minggu ke-25.

Hal ini menandakan bahwa janin sedang berlatih pernapasan. Saat ini janin menghirup dan mengeluarkan air ketuban, ketika air ketuban yang tertelan terlalu banyak maka ia akan cegukan. Hal ini sesuatu yang wajar.


4. Mendengar

Banyak yang menyarankan ibu hamil sering-sering berkomunikasi dengan janin dalam kandungannya. Hal ini benar, karena meski masih di dalam kandungan, janin sudah dapat mendengar suara ibunya sendiri dan suara orang lain di sekitarnya.

Saat melakukan USG 4 dimensi, selain memeriksa kelengkapan organ tubuh, dokter juga akan meminta janin melakukan sesuatu dan melihat respon si janin.

Misalnya, ketika janin sedang menunduk, ketika dokter meminta ia menegakkan kepala, ternyata janin bisa mengikuti perintah.

Jadi sebaiknya ibu hamil berhati-hati dalam berkata-kata karena janin juga bisa mendengar jika ibunya sedang marah-marah. Hal ini terbukti dengan reaksi perut yang langsung mengencang.


5. Membedakan Terang dan Gelap

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi sejak dalam kandungan 27-28 minggu sudah bisa membuka matanya, sehingga sudah bisa membedakan antara gelap dan terang.

Bisa terlihat ketika dokter menempelkan senter di perut, ia bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim. Bahkan janin bisa mengedipkan mata jika menurutnya terlalu silau.


6. Mengekspresikan Diri

Sejak dalam kandungan janin ternyata sudah bisa mengekspresikan diri sesuai dengan yang sedang dirasakan ibunya. Jika ibu dalam keadaan bahagia, duduk santai sambil mendengarkan musik, maka janin juga akan merasakan getaran tersebut sehingga ia akan tersenyum.

Sebaliknya, jika ibu sedang stres, maka janin akan menyengitkan dahi. Lihat saja pada potret USG 4 dimensi bayi Anda.


7. Belajar Dua Bahasa

Ternyata, bayi di dalam kandungan bisa belajar memahami bahasa yang sering ia dengar, bahkan hingga dua bahasa sekaligus. Dan kemampuan ini terbawa hingga mereka lahir.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Psychological Science, bayi yang terbiasa mendengar dua bahasa selama dalam rahim ibunya kelak akan lebih mudah belajar dua bahasa.

Hal ini juga sesuai dengan hasil penelitian psikolog dari Universitas of British Columbia dan Organization for Economic Cooperation and Development di Perancis.

Sumber :
health.detik.com
Posted by radhite

21 comments:

rafi aja said...

waw nice

Reset said...

wah bru tw

Ongkidwicp said...

mkasih apa kabar dunia, jd tw aktifitas bayi dlm kndungan...
dan wach gak nyangka manusia dri bayi ja dach pintar.....

r12q1 said...

Subhanallah... ternyata begitu...

icha_dunk said...

subhanallah,,,
senangnya kalo kelak bisa punya baby dan menekuni hal2 yg dianjurkan diatas

hehehehehehe,,,

o.oa said...

waah..
hebat (gabisa berkata kata)

Hermawan Ari Aji said...

Subhanallah sejak dalam kandungan kita pun sudah mulai belajar hal-hal kecil, sesungguhnya jika kita tumbuh lebih dewasa marilah kita lebih belajar lagi, untuk lebih menyayangi Ibu, Ia lah orang yang mengandung kita, senang maupun duka hingga hampir bertukar nyawa untuk menunjukkan bahwa dunia itu sangat idah,, terima kasih Mama,, I LOVE YOU MOM,,,

dan

terima kasih Ya Allah Engkau telah memberikan kesempurnaan itu pada kami...

Ifadhatul said...

kaloo aku punya ankk,, kuajk ngomong terus sjk di janin pake bhs Indo, Inggris, ama Jepang! Jadi nnti lahir tnggl ngajarin alfabet sm karikatur ajaaa.. :P

Jerry Andriansyah said...

hahaah bner tuh..........
klo gw nanti pnya anak,gw bkal ngajarin kanji
hahahahah

M. Ridho Adidaya said...

wkwkwkwk
tapi skarang orang tua nya pande gak bahasa inggris sama jepang?
hwahahhahahaha

Ss_dewa_k said...

Subhanallah......

Arsenalic Waras Selamanya said...

subhanallaah....
maha sempurna allah dengan segala ciptaannya......
ternyata mang benar..
musik klasik dapat diperdengarkan kepada si janin untuk meningkatkan kemampuan otak.....
tapi sebenarnya musik klasik itu yang paling baik adalah lantunan ayat2 suci alquran......

puput said...

wow.....
wonderful

Agus Tri Cahyono said...

waaaouw good info nich....waah pantesan nunduk pas USG wong silau maaan

Cute_bhatax said...

Terpujilah Tuhan...

Sallyrachel79 said...

jd pgen USG 4D deh...^^" mahal yahhhhh tapi? ~.~

RezRafBil said...

subhanallah.....

Andriedo said...

ad g yach bayi yg lgi jget dlam kndungan...
hahahaha

Luvzie said...

hiks...lucu banget..
aku pengen punya bayiii...

Adhani Rahmat said...

wah,wah,wah aku dulu aktu masih dalam kandungan pasti juga kaya gitu yaa

Adhani Rahmat said...

 jngn di ajarin kanji ALLAH akan memberikan dosa yg sangat besar kepadamu

Post a Comment