Apa Kabar Dunia

Presiden Teladan dan Termiskin di Dunia


Berikut adalah gambaran Ahmadinejad yang belum tentu orang ketahui, dan mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam menjalani kehidupan.
Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya.

Wartawan:
“Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?” 

Jawabnya:
"Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya, Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran."


 
Mahmoud Ahmadinejad
Presiden Iran saat ini.

Berikut adalah gambaran Ahmadinejad yang belum tentu orang ketahui, dan mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam menjalani kehidupan.

1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada mesjid-mesjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.



3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menteri nya untuk datang kepadanya dan menteri-menteri tersebut akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri-menteri nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri nya tersebut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimiliki seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

8. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yang selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.


9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menteri nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menteri nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara-upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yang diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk Amerika.


12. Sepanjang sholat, Anda dapat melihat bahwa ia tidak harus duduk di baris paling muka.


13. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa


14. Baru-baru ini dia baru saja mempunyai hajatan besar yaitu menikahkan putranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh. Berikut dokumentasi pernikahan Putra Seorang Presiden





Sumber :
mbakmaya.com
Posted by radhite

100 comments:

Kifatul said...

LUAR BIASA...
ini yang baru namanya "PEMIMPIN"..

ADe said...

SUBHANALLAH...
Kapan ya kita punya Pemimpin kaya gtu..!!

suntama said...

subhanallah... inspirasi...

Osama said...

Coba ja ia mau mimpin negeri kita ya..

Sintha Che said...

di sini bs bgni g y orngnya????

akhiikum said...

WAHAI PARA PEJABAT PEMERINTAH YANG KATANYA BERPENDIDIKAN, BISAKAH KALIAN BELAJAR DARI AHMADINEJAD??? GAK PERLU HAMBUR2KAN UANG KELUAR NEGERI UTK MEMPELAJARI CARA MEMBUAT UNDANG2 YANG UJUNG2NYA TIDDDDDAK MENSEJAHTERAKAN RAKYAT. CUKUP TELECONFERENCE DENGAN AHMADINEJAD DAN KALIAN DUDUK YANG RAPI MENDENGAR NASEHAT2 DAN PELAJARANNYA.
MAU KAN NDUUUUUUUUUUUK...????
JANGAN ABISIN UANG NEGARA LAGI YA...?

dien said...

Seandainya negara tercinta kita memiliki presiden yang bersahaja dan sederhana seperti itu, alangkah indahnya...

Padiarisandi said...

memang luar biasa. insyaallah indonesia akan memiliki pemimpin yang melayani masyarakat seperti pemimpin iran. amin

Robizamzam said...

USUL GAN, GIMANA KALO ARTIKEL NE RAME-RAME KITA KIRIM KE SITUS2 / PUSAT INFONYA PEMERINTAH. KALI AJA TU PEJABAT BELUM BIASA NGETIK http://www.apakabardunia.com/2009/02/presiden-teladan-dan-termiskin-di-dunia.html
^_^

Rudianang said...

Pak Press...contohlah Ahmadinejad... selain tegas..., berani..., dan mensejahterakan rakyatnya... jangan gaji gak naik udah curhat.... :D

Echafachrurreza said...

amin..

Fithri Nawwa said...

Subhanallooh.............
Bersahaja sekali.... ^_^....

Insyaalloh.... pasti ada penerus'y.... dan pengikit'y...
termasuk d negara kita... ^_^ amiin...^_^

Rahmad Rizky Dwisaputra said...

satu kata untuk presiden ahmad dinejad. SUBHANALLAH. . . !!

noname said...

alangkah indahnya jika Indonesia bisa dipimpin oleh pemimpin seperti itu...

secara, orang Indonesia suka demo dan saingan politik yang banyak memakai cara licik.
mempunyai presiden seperti itu, kemungkinan besar, baru sebulan menjabat pasti sudah banyak yang memaksa untuk diturunkan atauy lengser dari jabatannya...

wahai orang-orang Indonesia, jangan hanya menyalahkan presiden dengan alasan ini itu, tapi pertama-tama kalian harus bercermin pada diri kalian sendiri. apa kalian sudah begitu baik?sudah begitu sempurna?
yang paling dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah presiden yang TEGAS, sangat TEGAS.

Ie-sA said...

Skarang kta liat aj presiden kta skrang .... Membuat pesta tunangan anaknya aj smape serame it .... pda saat Masyarakat Indosesia sdang kesusahan presiden kta senang2 kliling dunia ... Imah meuni sgede bagong isi na ngan sakaluarga .... Mobil klo mau lewat jlan, smua jlan d tutup, Gk ad pdulinya dngan Rakyat .... Klo shalat D Shaf pling dpan ... Gk ad sopan santunnya ma yg lbih Tua .... D mna kebijaksanaan Presiden kta ...? Apa kta bangga mempunyai presiden sperti skarang in ...? SADAR ...!!!!

alone said...

Luar biasa presiden ini..
belajarlah banyak dari dia..

Asu_united said...

Ayo pemimpin indonesia...
masak orang SYI'AH LAKNATULLOH aja bisa kayak gitu tapi kalian gak bisa...
emangnya gak pernah baca Al Qur'an ya???
Ckckckckckck....

gugel said...

kalo gw jadi rakyat nya, gw pilih terus tuh presiden..

Hamba Allah said...

Dasar Asu lo tu yg laknatulloh

mans dhori said...

hebat pak ahmad

Ucheu fitrinnissa said...

subhanallah! ,ternyata masih ada seorang pemimpin yang memiliki kepribadian mulia, seperti pada masa umar bin khattab.

gus bom said...

AHMADINEJAD david iran yang akan mengalahkan gholiat amerika,ALLAHU AKBAR...

vreenzhya said...

COBA INDONESIA KAYA GITU...
MIMPI KALI YEEEEEEEEEE.....

stay_cool said...

Rakyat Iran memang mayoritas syiah, namun presiden Ahmadinejad bukan syiah. Silakan baca2 biografi beliau terlebih dahulu.

Nannov Corleone said...

The great leader

Rribbon said...

hebat!

Oney Onnie Oni said...

BELIAU ADALAH PRESIDEN YANG PATUT DICONTOH OLEH PRESIDEN DI NEGARA MANAPUN... KETELADANANYA YANG AMAT SANGAT ITU MEMBUKA MATA SAYA DAN SONTAK MEMBUAT SAYA BERKATA..."TERNYATA MASIH ADA PRESIDEN YANG SEBENAR-BENARYA PRESIDEN"...!

Gumet GumGum said...

ini baru pemimpin yang bijaksana.. :)

Rhick said...

coba  tuh orang presiden INDONESIA
 

Hardiansah Ws said...

Insya Alloh indonesia akan mempunyai pemimpin seperti presiden Iran jika kita bercermin dri dia dan mengaplikasikannya pd diri kta

Sam Same92 said...

ahmadinejad jadi presiden indonesia aja,,,,,,

Didin Zack said...

izin share,,,menginspirasi sekali,,,,,,,,kesedrahaannyaaaaa.... :(

Andi Muhammad Ichlasul said...

ini baru namax "PRESIDEN SEJATI" mengerti apa yg dirasakan oleh rakyatx....

GOOD LUCK buat "Mahmoud Ahmadinejad"....

M Robin57 said...

subhanaLLAH,,,, ANDAI PEMIMPIN KITA KAYAK GITU,,pasti bangsa kita sejahterah,,smg generasi brktnya bisa mengambil suri tauladan presiden iran ,,Amiin

Dewi said...

Kapan y Indoensia bs dpt Pemimpin kaya beliau??hhmmmmm,,,masih terus berharap :)

Dikimuslim92 said...

alhmduliah ada pemimpin yang mampu seperti ini dengan swegala kesederhanaanya

Madrid said...

bapak qau yang asu tu............enak2 di pantat qau aja blng syiah laknatulloh.....
dimana otak qau Asu_united....
kontolll ama qau

Anonymous said...

''pelayan'' rakyat yg sesungguhnya, patut d tiru

Dani Kusmayadi said...

luar biasa, ia menjalankan ajaran islam dg sebaik2ny...

Anonymous said...

mari kita bersama2 berdoa smg negri tercinta qt ini mndapatkan seorang pemimpin sprti beliau. amin amin allahumma amin

Harris_wirayasa@yahoo.co.id said...

ada, hee...! nyarinya di emperan..

Ipungpuryono said...

aku doakan suatu saat negara kita ada pemimpin kaya beliau amin...

Rahmat Mansyur said...

gw ampe netesin air mata lihat cerita ini, fasilitas perusahaan gw aja jauh lebih mewah dibanding fasilitas yg dinikmati beliau, Subhanallah.

Thiea said...

Perfect...I like it....gimana yah reaksi para pejabat tinggi n pemimpin negri in setelah baca artikel ni..klo g malu yah kebangetan .bisanya korupsi n membangun hal-hal yg gk penting. Tuh,,, liat bnyak sekolahan yg btuh dana renovasi.g ada rasa impati sama sekali yah am rakyat kecil....

Nuripamungkas said...

 Saya sangat kagum dengan beliau..subhanaallah.mudh2an Allah selalu melindunginya

Unknown said...

Subbhanallah... Saya sangat sangat kagum dengan beliau...
Andaikan presiden Indonesia seperti itu, pasti nya tdak ada kemiskinan di negara ini...
GANTIKAN PRESIDEN INDONESIA DENGAN PRESIDEN YANG SEPERTI BELIAU...

septiyani said...

masyaallah begitu qona'ah beliau, tapi sayangnya dia adalah pengikut syi'ah. mudah2an Allah memberinya hidayah dengan kembali kepada ahlussunnah....

Muhammad Daimund's Junior said...

subhannallah.....sungguh bijaknya beliau...semoga para presiden di dunia ini menirunya..Insyaallah makmur....aminnn.

Asmara_putry said...

beginilah sifat pemimpin yang benar memberi conth yg baik pda rkyat.a.............

Dhalbhantsatyr said...

kapan ya kita punya presiden sprt itu

Ximenes_domingos said...

Kapan Pemimpin kita seperti beliau.     
itu yang bilang belajar untuk menjadi miskin

mas hari said...

Bagi yang punya teman pejabat di www.facebook.com silakan kirim di dinding mereka, agar menjadi inspirasi.

reyva said...

subhanallah

pengen deh ponyaa presiden kayak gtu

MOGA AJA SUATU SAAT NEGARA INDONESIA DAPET PRESIDEN YG KAYAK GITU
amien,,

rivi said...

subhanallah, betapa mulia hatinya... insyaallah Indonesia juga bisa punya pemimpin spt ini..

Anggi Neutronstar said...

that was so simple
mr.presiden simple

Arie_41 said...

nanti kalau saya bisa jadi PRESIDEN :D
ammmmmmmmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn ....

Aydi_muhammad said...

indonesia se pemimpinnya tak bisa kyak gtu,,,,

Diding said...

Saluuut buat Beliau..Pantas untuk di idolakan...

Arisyuni Hartono said...

kalau manusia hidup konsisten dg meneladani tokoh2 yg jg konsisten meneladani sumber teladan kebaikan : rosul Allah Muhammad saww...   seperti Imam Ali kw.  adakah manusia yg lebih baik dr beliau dalam meneladani nabi Muhammada saww...???      nah,  Akhmadinejaad   mengaku pengikut/ syiah Ali....   adalah contoh nyata jaman ini  yg berhasil mengaktualkan keteladanan Khalifah  (ke 4)  masa lalu pd kenyataan kita masa kini...      perbaikilah maindset kita tentang madzab syiah...   krn terbukti kita pun mengakui keteladanan buah ajaran syiah pd sosok presiden Iran ini......

Fandy Afandy said...

luar biasa 3x

Putry_maulyzz said...

sungguh luar biasa . . . . . . . . . . . 
jarang menemukan pemimpin yang seperti itu, sejuta jempol Deh . . 

Denny said...

Ahmadinejad  Harusnya Dinaturalisasi aja jadi Presiden Indonesia.......

Jakaplawira said...

 smoga Alloh memberikan petunjuk kepada  saudara,,,,

Firdauzokem said...

harta bukan segalanya...salut

Diet Sehat said...

Masa sih, siapa tahu harta ada dibelakang?

Devarsha said...

Semoga beliau selalu dalam lindungan Allah SWT.. Amin

Jati Jiwandono Hardjodjoewono said...

teladan bagi semua pemimpin di dunia

Ra Agustya Adha said...

awesome buat beliau..
miris ngeliat indonesia yg semakin terpuruk , ditambah dg para pejabat dan presiden yang tamak dan rakus akan harta. hambur2kan uang dan... hanya bisa ngmong doank. tp masyarakat ttp miskin..


salut utk presiden iran ini...semoga Allah memberikan surga yang paling tinggi utk beliau kelak, amin....

Randy Setyawan said...

Merinding aku bacanya ...
Kalau di Indonesia kayak gini, mungkin kita ga bakalan punya pemimpin. Karena ga ada yang nyalonin diri :D

Husnul Aqib said...

semoga kelak di Indonesia akan ada PEMIMPIN yang LEBIH MISKIN, namun LEBIH KAYA HATI daripada Orang itu,
sumpah mau nangis ane bacanya...

rev said...

Cm orang brengsek yg nggak setuju sama keteladanan Pemimpin ini :)

hannyamelia said...

ya,,moga Allah meRahmati PEMIMPIN" yg mementingkan Rakyat nya
amin,

hannyamelia said...

ya Allah moga englkau melimpahkn Rahmat bserta HidayahMU pd PEMiMPIN" yg kayahati
seprti baliau,,,
smg ada penerus tuk generasi brikut nya
amin....

freez said...

subhanallah....
Pak ahmad masih punya anak yg single lagi gak... Hehehe...

Spurnomo said...

tokoh inspiratif buat seluruh umat muslim dan lainnya,terutama pamimpin 

Spurnomo14 said...

implementasi karakter idialis yang tepat

Ibnu Kholil said...

Inilah pemimpin besar bukan pemimpin yang hanya perut dan mulut besar, semoga selalu dilindungi Allah SWT. Yang menyedihkan adalah presiden kita, gaji sudah kelewat tinggi  masih mengeluh mengemis-ngemis minta dinaikkan sedang kerjanya gak ada yang beres

Firdauzokem said...

Kapan Indonesia, punya presiden termiskin di dunia ?

Bus_anas said...

Mahmoud Ahmad Dinejad, inspirasi sang khalifah Umar Bin Abdul Aziz

Fer_nadzier said...

simpan komentar,saran dan harapan kita u/ para pemimpin/pejabat negara ni, karn mungkn tak da wktu bg mreka u/ mendgr.membca, memperhtikn harapan,saran, dan komentr rakyat2'y apalagi untuk bercermin pd pemimpin2 seperti halnya Presiden yg aRIF yakn Ahmad Dinejad, krna "KESIBUKAN MENGURUSI NEGARA" tlh ckup menguras wktu, tenaga, dan fkirAN merka. dan bagi kita yg mash Allah berikan ksemptan u/ dpt mengtahui sbagian kcl dr ksh inspiratf Ahmad Dinejad ini, dapt mengmbl ibrah dan mempersiapkn diri u/ mengaplikasikn ap yg di conthkan olh Ahmad dinejad ini. AMIN

Putriarinz_nee said...

subhanalloh,pemimpin yg meneladani Rasulullah... smoga di Indonesia akan ada pemimpin yg sperti itu...

novie said...

ya allah luar biasa
knp gak presiden di indonesia gak bisa kyk gitu
:( :(

Adigunawahono said...

SUBHANALLAH,..
Pemimpin yg amat menyadari arti sebuah amanah,.
 

Guest said...

...Ini bukan inspirasi, tetapi ini contoh yang yang harus dilakukan oleh pemimpin sebgai pelayan bukan minta dilayan, tdk keluh kesah, bahkan ga ambil gaji... pemimpin negeri yg pemimpinnya bukan cari citra ... karena citra dah masuk botol,...kaya dengan harta negara tp tidak semena mena dengan harta yg diamanahkan...... berat lah coy.... untuk Indonesia ....  baru tingkat ketua partai dah lagaknya macam dunia ini dia yg buat...... berharap bolehkan ???  tapi bisa gak yaaa .....  

Jarot Aji said...

contoh pemimpin yang menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan, sehingga beliau bisa menjalankan setiap amanah yang diberikan padanya

FiqihGakNgawuer said...

doakan aku ya, kalau besar nanti aku pengen jadi Presiden, wa layani masyarakat seperti di atas, amin ya robbal alamin

Shinhara27 said...

wooooaaah...

e - 1 said...

Tanyakan pd mereka, Ibrahim itu yahudi ato nasrani ? Tanyakan pd mereka, Muhammad itu syiah ato sunni ? Jgn mau diadu domba dg penyebutan GOLONGAN. Pandanglah org yang sholat itu Sbg saudaramu. Jadilah UMAT YG SATU. Krn Allah sudah menamakan kamu sejak dulu: kaum MUSLIM. Marhaban ya Ramadan. Kembalilah kpd Al Quran. Krn Allah lah yg sebaik 2 menceritakan.

e - 1 said...

Tanyakan pd mereka, Ibrahim itu yahudi ato nasrani ? Tanyakan pd mereka, Muhammad itu syiah ato sunni ? Jgn mau diadu domba dg penyebutan GOLONGAN. Pandanglah org yang sholat itu Sbg saudaramu. Jadilah UMAT YG SATU. Krn Allah sudah menamakan kamu sejak dulu: kaum MUSLIM. Marhaban ya Ramadan. Kembalilah kpd Al Quran. Krn Allah lah yg sebaik 2 menceritakan.

e - 1 said...

Tanyakan pd mereka, Ibrahim itu yahudi ato nasrani ? Tanyakan pd mereka, Muhammad itu syiah ato sunni ? Jgn mau diadu domba dg penyebutan GOLONGAN. Pandanglah org yang sholat itu Sbg saudaramu. Jadilah UMAT YG SATU. Krn Allah sudah menamakan kamu sejak dulu: kaum MUSLIM. Marhaban ya Ramadan. Kembalilah kpd Al Quran. Krn Allah lah yg sebaik 2 menceritakan.

e - 1 said...

Tanyakan pd mereka, Ibrahim itu yahudi ato nasrani ? Tanyakan pd mereka, Muhammad itu syiah ato sunni ? Jgn mau diadu domba dg penyebutan GOLONGAN. Pandanglah org yang sholat itu Sbg saudaramu. Jadilah UMAT YG SATU. Krn Allah sudah menamakan kamu sejak dulu: kaum MUSLIM. Marhaban ya Ramadan. Kembalilah kpd Al Quran. Krn Allah lah yg sebaik 2 menceritakan.

e - 1 said...

Tanyakan pd mereka, Ibrahim itu yahudi ato nasrani ? Tanyakan pd mereka, Muhammad itu syiah ato sunni ? Jgn mau diadu domba dg penyebutan GOLONGAN. Pandanglah org yang sholat itu Sbg saudaramu. Jadilah UMAT YG SATU. Krn Allah sudah menamakan kamu sejak dulu: kaum MUSLIM. Marhaban ya Ramadan. Kembalilah kpd Al Quran. Krn Allah lah yg sebaik 2 menceritakan.

Anonymous said...

Semoga indonesia bukan menjadi negara Pemimpi. Yang ingin presidannya kaya beliau. Krn selama beberapa kali ganti presiden hanya ngomong doang maslah kemakmuran rakyat. Yang kita dengar. Hal ini bkn slh presidennya, tapi salah rakyatnya. KENAPA KITA PILIH, blh dibilang sekarang ini rakyat Kita msh blm menemukan figur seperti beliau.semoga disuatu waktu yang akn datang akan ada, walaupun sekarang indonesia negara koruptor 5 besar di dunia. Dan moga2 aja bkn MIMPI.
Good bless buat pa Najed, semoga keridhoan allah menjadikamu penghuni sebaik2 surganya amiin

Anonymous said...

Salah tuh yg bener spt pd masa kalifah ali.

Anonymous said...

Cek aja sendiri, baru nuduh.

Anonymous said...

Belajar baca mbakyu jgn cuma katanya syiah begini sunni begitu. Jk ingin tahu pohon itu baik lihat dan cek buahnya. Ibarat buah ( ahmadinejad) mk iran yg syiah itu pohonnya.

Anonymous said...

Ini jg blm baca sejarah. Spt kalifah ali bung.

Anonymous said...

Ini jg blm baca sejarah. Beliau asli iran syiah. Lihat tuh gambar nya pas shalat berkarpet hijau, duduk thasayud nya shalat syiah imamah . Sy ada fotonya shalat sbg makmum shalat di mesjid teheran.

Anonymous said...

Wah wah komentarmu bener2 asu .

Anonymous said...

Betul

Post a Comment